Sponsors Link

Pihak yang Terlibat Dalam Perang Dunia 2

Sponsors Link

Pada hari yang istimewa ini, kita akan membahas kembali mengenai terjadinya perang dunia. Kita tidak akan membahas kembali mengenai perang dunia yang pertama, namun kita akan masuk lebih jauh pada perang dunia dua. Banyak sekali informasi yang dapat kita petik dari pecahnya perang dunia ini, yang mana ditemukan bahwa ada beberapa penyebab perang dunia 2 yang hampir serupa dengan penyebab perang dunia 1. Namun yang berbeda di sini adalah negara-negara yang ikut serta untuk memberikan peran dalam peristiwa ini.

ads

Dan darisana lah berbagai kejadian-kejadian penting yang tercatat dalam sejarah terjadi, mulai dari perang antara Amerika dan Jerman, sampai pada kejadian yang nyaris terlupakan yakni perang Asia Pasifik yang diawali dengan peristiwa yang mengawali perang dunia 2 di Asia Pasifik. Tentunya dalam sebuah peperangan, sebuah aliansi diperlukan untuk bisa mencapaik kemenangan dengan mudah. Masuk kedalam peperangan seorang diri merupakan hal yang sangat riskan, terlebih lagi yang dikorbankan disini adalah kedaulatan negara dan juga kehidupan rakyatnya.

Oleh karena itu, dalam peperangan yang melibatkan banyak sekali negara ini terdapat dua blok kuat yang saling mengeluarkan persenjataan canggih serta taktik jitunya untuk bisa mengalahkan blok lainnya. Negara yang terkandung dalam negara yang terlibat Perang Dunia 2 tersebut memberikan efek yang nyata pada berkorbarnya api peperangan, sehingga akhir atau penyelesaian dari perang dunia dua ini dapat diraih dengan usaha yang cukup lama. Dengan menyadari adanya sebab khusus Perang Dunia 2 di Eropa dan akibat Perang Dunia 2, semoga saja peristiwa yang serupa tidak akan terulang kembali di masa yang akan datang.

Untuk lebih memahami negara mana saja yang sempat melibatkan diri pada perang dunia 2, ada baiknya kita perlu memahami terlebih dahulu mengenai apa sebenarnya arti dari perang dunia 2 itu sendiri sebelum membahas mengenai pihak yang terlibat dalam perang dunia 2.

Perang Dunia 2

Membahas kembali mengenai perang dunia 2 yang sudah kita bahas informasi selengkapnya pada berbagai artikel seperti dampak positif Perang Dunia 2 serta jenis jenis Perang yang ada pada perang dunia 2. Perang dunia kedua ini hampir melibatkan seluruh negara yang ada di dunia. Namun tentunya ada beberapa yang enggan untuk bergabung pada blok tertentu dan memutuskan untuk menjadi pihak yang netral, seperti negara kita ini.

Perang dunia 2 ini mempertemukan banyak sekali kekuatan besar, mulai dari Jerman, Kekaisaran Jepang, Italia yang bertentangan dengan para anggota Big Four, yaitu AS, Tiongkok, Inggris, dan juga Uni Soviet. Kekuatan yang pertama tadi dinamakan Blok Sentral atau Poros, sedangkan sekumpulan kekuatan kedua tadi diberi nama Blok Sekutu. Meskipun memiliki pandangan yang berbeda, Blok Sentral mendapat dukungan dari gerakan sekutu-sekutu kecil. Bergabungnya negara-negara kecil tersebut menimbulkan berbagai dampak yang dirasakan oleh masyarakat dunia secara keseluruhan.

Contohnya, adalah kenaikan harga minyak yang dikonsolidasi oleh raja Afganistan. Naiknya harga membuat negara tersebut memiliki kekayaan yang bertambah. Selain itu, kejadian lainnya yang turut mengundang perhatian masyarakat adalah kenetralan suatu negara yang tidak dihormati dengan baik. Kita dapat mengambil contoh dari negara Belgia, yang pada awalnya memutuskan untuk menjadi negara yang netral. Namun, negara Jerman tidak menyukai keputusan tersebut dan kemudian berbalik menyerang negara Belgia dengan alasan merupakan serangkaian serangan kepada Blok Sekutu. Dengan semakin terpojoknya negara Belgia, akhirnya negara tersebut memutuskan untuk meminta bantuan dan bergabung pada Blok Sekutu.

Sponsors Link

Ada pula kejadian-kejadian lainnya yang terjadi selama berlangsungnya perang dunia kedua ini. Namun pada pembahasan kali ini, kita akan berfokus pada siapa saja pihak yang terlibat dalam perang dunia 2 ini. Kami telah membagi mereka kepada dua blok yang saling bersengketa ini.

Blok Sentral

Blok yang pertama ialah Blok Sentral yang dipimpin oleh Jerman. Jerman berhasil menyatukan kekuatannya dengan dua negara besar lainnya, yakni Italia dan Jepang dengan kekaisarannya.

Jepang

Seperti yang kita tahu, negara Jepang sempat terlibat dengan Amerika Serikat dalam sebuah peperangan besar di area Asia Pasifik. Kejadian tersebut dapat anda simak informasi selengkapnya pada latar belakang Perang Asia Pasifik dan akhirnya diakhiri oleh akhir Perang Asia Pasifik. Banyak yang berspekulasi bahwa perang dunia kedua ini sebenarnya dimulai ketika Jepang melakukan serangan pada negara Tiongkok.

Negara ini juga sempat mengalami pertikaian dengan kekuatan utama dari Blok Sekutu, yaitu Amerika Serikat dengan melakukan penyerangan terhadap salah satu pelabuhan vital disana, Pearl Harbor. Perang pun diakhiri dengan menyerahnya Jepang pada Amerika Serikat setelah mendapatkan serangan balik berupa penghancuran Hiroshima dan Nagasaki dengan bom atom.

Italia

Meskipun negara ini terlihat tenang-tenang saja, namun semuanya berubah semenjak kepemimpinan negara berada di tangan Musollini. Dengan perjanjain tiga negara yang dilakukan dengan Jerman dan Jepang, Italia memutuskan untuk masuk ke dalam Blok Sentral. Namun, karnea kekalahan yang terjadi secara terus menerus, Italia akhirnya memutuskan untuk menyerah dan masuk ke dalam Blok Sekutu.

Jerman

Merupakan kekuatan utama dari Blok Sentral. Penyerangan secara intens dilakukan oleh Jerman dengan melakukan penyerbuan negara-negara yang mendukung Blok Sekutu. Adolf tidak pernah berhenti untuk memerintahkan pasukannya melakukan serangan-serangan untuk menimbulkan rasa ketakutan dan teror terhadap para negara pendukung Sekutu. Namun perjuanganya berakhir ketika Uni Soviet melakukan serangan ke Berlin, dan memojokkan hitler beserta para jendralnya kedalam bunker persembunyiannya. Dengan mottonya lebih baik mati daripada menyerah, Adolf ditemukan meninggal dunia di dalam bunkernya bersama dengan pasangannya.

Jerma juga merupakan faktor penting pada Perang Dingin, yang pernah kita bahas sebelumnya pada bentuk-bentuk Perang Dingin, penyebab terjadinya Perang Dingin, dan juga akhir Perang Dingin.

Blok Sekutu

Sebuah kekuatan utama yang memimpin gerakan Blok Sekutu adalah Amerika Serikat yang kemudian mendapatkan dukungan dari beberapa negara besar.

Perancis

Perancis sempat mengalami kehancuran dengan dilaksanakannya serangan Blitzkrieg oleh Jerman yang kemudian berhasil membagi Perancis menjadi dua bagian, yaitu Utara yang dikuasai oleh Jerman, dan bagian Selatan yang dipimpin oleh Petain.

Sponsors Link

Inggris

Amerika Serikat juga mendapatkan dukungan dari Kerajaan Inggris, yang mempunyai urutan pangkat militer di Inggris.

Belanda

Belanda sempat mengukir sejarah kelam di Indonesia, terutama pada proses agresi militer Belanda 1. Namun Belanda juga mengalami kejadian yang serupa dengan Belgia, dimana pada awalnya memutuskan untuk netral. Kemudian Jerman menginvasi Belanda dengan melakukan pemboman besar-besaran pada wilayah Middelburg dan Rotterdam. Pada akhirnya Belanda bergabung dengan Sekutu dengan menyumbang pasukan angkatan bersenjata mereka yang tersisa.

Kanada

Negara tetangga AS ini juga turut menyumbangkan dukungan dengan memberikan dukungan SDM dan persenjataan.

Amerika Serikat

Kekuatan utama dari Blok Sekutu, yang berhasil menaklukkan Jepang pada peristiwa Hiroshima dan Nagasaki, dan memukul mundur negara Jerman pada peperangan di negara Perancis.

Penjelasan serta daftar negara sebagai pihak yang terlibat dalam perang dunia 2 menutup perjumpaan kita pada kali ini. Kita bisa melihat bahwa kekuatan yang dimiliki oleh dua negara besar yaitu Amerika Serikat dan Jerman bertambah semakin besar seiring dengan banyaknya negara yang mengikuti mereka.

Kita bisa melihat di sini bahwa Amerika mendapat dukungan kuat dari beberapa negara Eropa, termasuk negara yang berada di dekatnya, Kanada. Dan hasil dari kerja sama yang baik dari negara-negara tersebut terbukti bisa menghentikan perang yang sangat kelam tersebut.

, ,
Post Date: Tuesday 12th, June 2018 / 03:00 Oleh :
Kategori : Internasional