Sponsors Link

4 Penyebab Polisi Di Pecat yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Polisi menjadi salah satu profesi yang paling diminati dan paling banyak diinginkan. Sebab secara pendapatan profesi ini dinilai mampu mendatangkam gaji yang relatif besar. Selain itu juga, polisi merupakan salah satu profesi yang cukup prestisius dan mendapat banyak perhatian di masyarakat sebagaimana cara masuk polisi tanpa biaya . Oleh karena itu, maka tidak heran jika kemudian ajang perekrutan masuk kepolisian selalu saja menarik perhatian dan minat masyarakat.

ads

Hal inilah yang kemudian membuat seleksi masuk kepolisian sangat ketat seperti syarat fisik masuk polisi .  Meskipun antusiasme masyarakat begitu besar namun dengan sistem seleksi yang ketat membuat tidak banyak peserta yang bisa lolos. Meskipun begitu setiap tahunnya seleksi masuk kepolisian selalu menyedot perhatian dan antusiasme yang besar dari masyarakat. Sehingga inilah yang menyebabkan banyak yang mempersiapkan jauh-jauh hari dalam mengikuti proses seleksi.

Namun, beberapa kasus kita sering mendengar beberapa aparat polisi yang kemudian dipecat secara tidak hormat. Tentunya hal ini sangat disayangkan, sebab banyak sekali di luar sana yang berharap dapat menjadi polisi sebagaimana syarat masuk tni angkatan laut . Namun, malah beberapa oknum polisi menyia-nyiakan  kesempatan ini dan berujung pada tindakan pemecatan. Tentunya tidak ada asap dan tak ada api, maka tak ada sebab jika tak ada akibat. Sebagaimana 4 Penyebab Polisi Di Pecat yang wajib di ketahui.

1. Melakukan Pelanggaran Asusila

Pelanggaran asusila merupakan kasus hukum yang kian marak dan banyak terjadi. Mayoritas korbannya tidak lain adalah kaum perempuan. Sebagai kaum lemah tentunya hal inilah yang kemudian membuat banyak kaum perempuan menjadi korban tindakan pelecehan seksual. Tindakan ini tentunya tidak hanya melanggar hukum tapi juga tidak sesuai dengan norma dan adat budaya ketimuran. Banyak kasus pelecehan seksual yang tidak terungkap sebab korban tidak berani melaporkannya atau juga bahkan banyak kasus asusila yang berakhir dengan hilangnya nyawa korbannya.

Beberapa oknum polisi memanfaatkan jabatan dan pangkat mereka untu merayu beberapa gadis. Lalu kemudian melakukan tindakan asusila. Tentunya hal ini selain beresiko terhadap pemecatan juga  mencoreng citra polisi sebagai aparat penegak hukum. Maka tidak heran jika kemudian beberapa oknum polisi pelaku tindakan asusila kemudian dipecat atau diberhentikan secara tidak hormat. Seharusnya mereka bertugas menjaga ketentraman dan menegakkan hukum namun bagaimana malah mereka yang bertindak sebagai pelaku.

Sponsors Link

2. Melakukan Tindak Pidana Kriminal

Tindakan kriminal juga menjadi salah satu penyebab polisi dipecat dari institusinya. Sebab, hukum menuntut sama rata terhadap semua orang, sehingga tidak ada perbedaan perlakuan baik terhadap seorang polisi sekalipun. Beberapa tindakan kriminal yang kerap dilakukan antara lain seperti penipuan, bahkan hingga sampai pembunuhan. Sungguh Ironis tentunya, bagaimana aparat penegak hukum justru malah menjadi pelaku tindakan kriminal. Tentu saja hal ini tidak bisa dijadikan sebagai sebua perlindungan hukum bagi pelaku, sebab semua sama di mata hukum.

Tentu saja tindakan kriminal yang dilakukan meskipun oleh aparat hukum harus di tindak secara tegas. Selain pemecatan tentunya hukuman penjara juga berlaku terhadap aparat polisi yang melakukan tindakan kejahatan kriminal ini. Oleh sebab itu, tentunya semua tindakan kriminal yang dilakukan oleh aparat polisi harus dikenai sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku. Tanpa membeda-berakan perlakuan yang diberikan. Sebab, semua masyarakat memiliki kedudukan yang sama rata di depan hukum, sehingga meskipun selaku aparat hukum harus mendapar perlakuan hukum yang sama.

3. Berselingkuh

Berselingkuh merupakan sebuah hal yang mencoreng martabat seseorang. Apalagi jika dilakukan oleh seorang aparat penegak hukum atau polisi. Sebab perselingkuhan merupakan tindakan amoral yang tentunya tidak layak untuk di tiru atau bahkan di contoh. Banyak sudah kasus, perselingkuhan yang menjerat para oknum polisi. Dengan memanfaatnkan jabatan dan pangkat, mereka tidak hanya menghianati sumpah dan janji suci pernikahan, tetapi juga mencoreng nama institusi kepolisian yang menaungi.

Meskipun bukan tindakan yang melanggar hukum, tindakan perselingkuhan yang dilakukan oleh seorang polisi tentu saja mencoreng kewibawaan seseorang. Apalagi di Indonesia sendiri perselingkuhan menjadi isu yang cukup sensitif. Oleh sebab itu, maka konsekuensi yang harus di tanggung bagi polisi yang melakukan tindakan perselingkuham adalah pemecatan. Pemecatan dilakukan secara tidak hormat sebagai simbol dan contoh bahwa perbuatan tersebut tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Sponsors Link

4. Melakukan Tindakan Indisipliner

Sebagai sebuah institusi penegak hukum, sudah tentu kehidupan seorang polisi sangat lekat dengan tindkan disiplin. Apalagi selama masa pelatihan, kedisiplinan menjadi sesuatu yang sudah melekat dan menjadi sebuah identitas bagi seorang polisi. Tentu saja dalam kehidupannya mereka dibatasi oleh aturan-aturan yang melekat dan menjadi pakem atau rem dalam mengontrol perbuatan di masyarakat. Meskipun sebagai aparat penegak hukum, namun seorang polisi tetaplah bagian dari masyarakat sehingga mereka juga di batasi dalam konsekuensi hidup di lingkungan masyarakat.

Mereka tidak bisa dengan leluasa menggunakan atribut atau senjata mereka di hadapan masyarakat atau khalayak umum. Sebab sekali lagi mereka dan gerak geriknya dibatasi oleh aturan. Pelanggaran terhadap aturan yang berlaku ini dapat di sebut sebagai sebuah tindakan indisipliner. Pelanggaran untuk setiap tindakan indosipliner akan selalu ada konsekuensinya. Mulai dari sanksi skors atau berujung pada pemecatan secara tidak hormat.

Setiap bentuk pelanggaran indisipliner yang dilakukan akan selalu mendapatkan sanksi. Tergantung dari jenis dan tingkatan pelanggaran yang dilakukan. Sanksi ini berlaku tegas kepada semua aparat polisi dan mengikat. Sehingga aturan ini sekaligus membatasi atas segala tindakan aparat yang bisa saja semena-mena kepada masyarakat umum. Hal ini selain menunjkkan betapa disiplinnya kehidupan seorang polisi, juga merupakan perwujudan dari contoh perilaku yang baik. Sebab secara tidak langsung, polisi merupakan contoh dan panutan bagi masyarakat.

Sebagaimana hal tersebut maka tentunya polisi harus mampu memberikan contoh perilaku yang baik di masyarakat. Sehingga tentunya tidak berujung kepada tindakan pemecatan secara tidak hormat. Selain mencoreng institusi, tindakan tersebut tentunya berdampak pada harkat dan martabat diri pribadi serta keluarga. Oleh sebab itu, tidak salah jika kemudian penyebab atau hal diatas menjadi salah sati faktor dimana polisi dapat diberhentikan dari jabatannya.

Itulah  4 Penyebab Polisi Di Pecat yang wajib di ketahui. Tentunya menjadi tambahan pengetahuan sekaligus juga menjadi sebuah pembatas bagi para polisi agar tidak terjerumus kedalam hal-hal tersebut. Bukan saja merugikan namun, pemecatan juga akan dapat mencoreng nama keluarga sehingga tentunya memberikan pandangan negatif terhadap nama baik keluarga. Sebagamana syarat masuk tni angkatan udara , syarat tes masuk tni wanita , dan tes masuk brimob .  Semoga dapat dipahami dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

 

, , , ,
Post Date: Wednesday 20th, June 2018 / 04:06 Oleh :
Kategori : Hukum