Sponsors Link

6 Penyebab Perang Pakistan dan India yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Pakistan dan India merupakan dua negara yang terpisah akibat adanya dampak konflik agama. Mayoritas penduduk Pakistan merupakan pemeluk agama Islam sedangkan penduduk India didominasi penganut agama Hindu. Tahun 1947 silam India merdeka dari Inggris dan sejak itu terbagi dua wilayah yaitu Pakistan dan India. Namun adanya satu wilayah yang tidak bertuan yaitu Kashmir menjadi perebutan dari kedua negara tersebut sehingga dari situlah dimulai konflik dan peperangan antara Pakistan dengan India dimulai. Konflik tersebut termasuk contoh konflik antar ras dan contoh konflik antar agama yang terjadi beberapa kali sejak tahun 1947 hingga sekarang.

ads

Terjadinya konflik antara Pakistan dan India yang berlangsung selama bertahun-tahun telah menelan korban hingga satu juta jiwa. Jumlah tersebut belum termasuk orang yang hilang selama konflik, yang diperkirakan jumlahnya melebihi data korban jiwa yang resmi. Peristiwa peperangan tersebut juga mengundang reaksi berbagai negara di dunia dan untuk membantu kedua pihak berdamai beberapa negara menyelenggarakan perjanjian agar penyebab konflik sara ini segera berakhir.

Penyebab Perang Pakistan dan India

Sejak Agustus 1947, antara Pakistan dan India memang telah terjadi peperangan yang sangat lama. Selama puluhan tahun telah terjadi beberapa kali peperangan besar dan pertikaian kecil tiada akhir, namun penyebab utama terjadinya perang alah perebutan wilayah Kashmir. Kashmir merupakan tempat yang indah dan sejuk, sehingga sering dikunjungi wisatawan dari berbagai negara hingga wisatawan domestik sekalipun. Sejak peperangan berlangsung, jumlah wisatawan yang datang ke Kashmir mengalami penurunan yang drastis sehingga turut mempengaruhi pendapatan wilayah tersebut yang kebanyakan berasal dari wisatawan.

Baik India maupun Pakistan ingin menguasai wilayah tersebut, karena saat mereka bebas dari jajahan inggris Kasmir tidak dikuasai siapapun yang berarti tanah tak bertuan. Jadi kedua negara tersebut saling mengklaim bahwa kashmir berada di bawah kekuasaan mereka. Perang pun akhirnya terjadi karena kedua pihak bersikeras untuk merebut Kashmir, sehingga banyak sekali korban yang harus kehilangan nyawanya akibat peperangan tersebut. Adapun penyebab peperangan yang terjadi antara Pakistan dan India yaitu sebagai berikut.

1. Perebutan Wilayah Kashmir karena Faktor Geografis

Kashmir merupakan wilayah yang berada di antara pakistan dan India, dengan ketinggian wilayah 600-7.600 mdpl dikarenakan lokasinya yang bergunung-gunung. Kashmir yang rangkaian pegunungannya membentuk pintu gerbang alami antara India, Pakistan dan Cina menjadi perebutan karena di sana terdapat empat sungai utama yang mengairi perairan Pakistan. Pemerintah Pakistan khawatir jika Kashmir jatuh ke tangan india, sungai tersebut akan dibendung India dan Pakistan akan kekurangan ketersediaan air bersih.

2. Pengaruh Faktor Geopolitik

Wilayah Kashmir juga menjadi tempat yang strategis di bagian barat daya India, sehingga dengan menguasai Kashmir diharapkan India dapat menjalin hubungan yang penting dengan negara tetangga terdekatnya yaitu Cina, Rusia dan Afganistan. Karena itu perebutan Kashmir menjadi hal utama yang harus dilakukan india, seberapa luas wilayah yang dapat mereka kuasai akan menentukan hubungan yang akan terjalin antara India dengan ketiga negara tetangganya.

3. Penyebab Perang di Tahun 1947

Peperangan pertama yang terjadi antara Pakistan dan India terjadi pada tahun 1947, dimana penyebabnya adalah perebutan 1/3 wilayah Kashmir, yang juga merupakan penyebab konflik sosial paling umum. Pakistan yang mengklaim Kashmir sebagai bagian dari wilayahnya merebut 1/3 bagian wilayah tersebut dengan bantuan Pashtun. Sedangkan Hindu dan Sikhs di Pakistan dihilangkan dari Kashmir Pakistan karena penduduk negara tersebut yang mayoritas muslim.

4. Penyebab Perang di Tahun 1965

Pada tahun 1965, perang terjadi kembali dan berhasil diselesaikan dengan gencatan senjata. Pakistan yang memasuki wilayah teritori Kashmir India berusaha menyusup dan memprovokasi agar dilakukan pemberontakan. Sayangnya rencana Pakistan gagal dan penyusup dapat ditemukan, India pun menyerang balik dan bahkan Pakistan menyerah serta sebagian teritorinya dapat dikuasai India melalui sebuah perjanjian di antara kedua pihak.

5. Penyebab Perang Tahun 1971

Pada tahun ini, Pakistan yang terpecah menjadi Pakistan Barat dan Pakistan timur juga ikut terlibat dalam pertikaian, sehingga Pakistan timur dapat memisahkan diri dan memerdekakan diri menjadi negara sendiri yaitu Bangladesh. Angkatan militer pemerintah Pakistan yang menyerang penduduk kota Kashmir dianggap terlalu keji, sehingga banyak penduduk Kashmir yang melarikan diri ke India. Meski harus melewati berbagai rintangan akhirnya Pakistan Timur berubah menjadi negara baru bernama Bangladesh.

Sponsors Link

6. Penyebab Perang Tahun 1999

Perang ini disebut juga perang Kargil, dimana beberapa pemberontak Kashmir bersama dengan tentara Pakistan berusaha merebut pos tentara India. Tentu saja India melawan dan berusaha merebut pos itu kembali dan peperangan pun tak dapat terelakkan. Dalam perang ini dunia internasional ikut turun tangan dan menekan Pakistan sehingga Pakistan mengalah mundur.

Itulah penyebab perang Pakistan dan india yang perlu diketahui, karena peperangan ini berlangsung beberapa kali dan hingga sekarang memang hubungan kedua pihak tidak begitu baik. Pengendalian konflik sosial tetap dibutuhkan agar kedua negara tidak lagi saling bermusuhan.

, , , , ,
Post Date: Monday 01st, January 2018 / 09:08 Oleh :
Kategori : SARA