Sponsors Link

6 Penyebab Perang Dunia 2 dalam Fakta Sejarah

Sponsors Link

Perang dunia 2 merupakan sebuah tragedi kemanusiaan yang pastinya tidak bisa dilupakan dari sejarah dunia. Bagaimanapun juga bahwa perang dunia dua menjadi momok dan sebuah tragedi pilu yang melibatkan negara dengan kekuatan besar sebagaimana dalam penyebab perang dunia 1. Pada faktanya kehadiran LBB nyatanya tidak mampu secara nyata mewujudkan perdamaian dunia sebagaimana yang menjadi tujuan utama dari pendirian organisasi ini.

ads

Perang dunia 2 menjadi lanjutan dari perang dunia 1 yang pada kenyataannya belum dapat menyelesaikan konflik dan malah menjadi awal dari timbulnya perang baru seperti proses terjadinya perang dunia 1. Pasca perang dunia 1, dunia kemudian saling berjanji untuk menjaga perdamaian. Namun, situasi mulai memanas saat perang dingin terjadin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Sebagai dua negara dengan kekuatan adidaya keduanya ingin mendapat pengakuan dan diakui sebagai satu-satunya negara adidaya di dunia sebagai akibat perang dunia 1 .

Meskipun tidak sampai menimbulkan konflik yang langsung mengangkat senjata. Namun kedua negara tersebut dianggap menjadi dalang yang terlibat dalam perang langsung seperti salah satunya adalah perang Myanmar. Namun, pada faktanya terdapat hal lain yang menjadi penyebab dari lahirnya perang dunia 2 untuk mengupasnya lebih jauh. Berikut 6 penyebab perang dunia 2 dalam fakta sejarah. Simak selengkapnya.

Sebab Umum

Penyebab perang dunia 2 dibagi kedalam 2 sebab, yaknu sebab umum dan khusus. Pada poin 1-4 akan dibahas mengenai sebab umur pecahnya perang dunia 1. Selengkapnya akan diuraikan berikut :

1. Kegagalan LBB dalam Menjaga Perdamaian Dunia 

Liga Bangsa-Bangsa sendiri merupakan sebuah organisasi perdamaian dunia yang dibentuk dalam rangkan mewujudkan perdamaian dunia pasca perang dunia 1. LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan. LBB tidak dapat berbuat apa-apa ketika negara-negara besar berbuat semaunya, misalnya pada tahun 1945 Italia melakukan serangan terhadap Ethiopia dan jepang seragan terhadapt manchuria.

LBB dinilai tidak mampu menjaga perdamaian dunia, sebab tidak mampu memutuskan dan bertindak terhadap konflik yang terjadi hampir di seluruh belahan dunia. LBB dinilai tidak memiliki kekuatan dalam melawan negara-negara kuat di dunia. Terbukti beberapa kasus pelanggaran HAM,  dan penyerangan terhadap negara kecil oleh negara besar LBB tidak mampu berbuat apapun. Inilah yang kemudian membuat negara-negara dengan kekuatan besar melakukan ekspansu dan berbuat seenaknya. Sebab mereka merasa bahwa tidak ada yang berani menindak tindakan mereka tersebut.

Sponsors Link

2. Persaiangan Antar Negara Dibidang Militer

Semenjak perang dunia 1, beberapa negara berlomba-lomba, mempersenjatai diri dengan senjata yang canggih dan berkemampuan membunuh massal sebagaimaba sebab umum dan khusus perang dunia 1 . Mereka menciptakan berbagai jenis senjata dan perlengkapan perang yang canggih dan moderen. Amerika Serikat dan Uni Soviet hadir sebagai dua negara yang paling maju dalam hal persenjataan perang dan militer. Bahkan keduanya memiliki tentara militer yang angkatan bersenjata terbaik di dunia dan  disegani di dunia .

Siapa sangka perlombaan senjata tersebut merupakan  bentuk kewaspadaan serta ketakutan dan rasa saling curiga antar setiap negara dan sebagai penyebab terjadinya perang dingin . Pastinya demi berjaga jaga dari segala ancaman maka mereka memutuskan untuk memproduksi senjata serta menciptakan personel militer terbaik di dunia . Mereka berkeyakinan bahwa jika memiliki kekuatan besar dan senjata perang canggih pasti banyak negara yang enggan berperang dengan mereka. Sekaligus juga mereka akan dianggap sebagai negara yabg ditakuti dan di segani.

3. Pertentangan Mengenai Paham yang Dianut

Faham Italia dengan Fasisme, Jerman dengan Komunisme dan Amerika dengan Demokrasi juga menjadi salah satu penyebab perang dunia 2 pecah juga sebagai faktor yang menandai berakhirnya perang dingin . Ketiga megara tersebut berusaha menyebarkan paham mereka keseluruh dunia, agar bisa menanamkan pengaruh yang besar. Persaingan antar ketiganya memicu situasi semakin memanas. Secara teori pastinya ketiga pagam tersebut sangat bertentangan. Sehingga pastinya ketiganya sama-sana bersaing untuk dapat menanamkan pahan masing-masing ke setiap negara. Alhasil keteganga antar keriga negara nulai terjadi dan dirasa merupakan salah satu faktor penyebab pecahnya perang dunia 2.

4. Politik Balas Dendam Jerman ke Prancis

Penyebab perang dunia 2 juga ditengarai oleh balas dendam jerman ke Prancis yang merasa tersinggung dengan perjanjian Versailles. Perjanjian ini sendiri merupakan perjanjian yang mengakhiri perang dunia 1. Jerman merasa bahwa dalam perjanjian damai tersebut Prancis telah menghina Jerman. Oleh karena hal tersebutlah kemudian membuat dendam Jerman terhadap Prancis semakin membesar. Inilah yang tentunya dituntasakan Jerman dalam perang dunia 2.

Sponsors Link

Sebab Khusus

Selain sebab unum, terdapat pula sebab khusus yang menjadi penyebab perang dunia 2, yang akan dijelaskan dalam poin 5-6 berikut ini :

5. Serangan Jerman Ke Polandia

Antara tahun 1919 dan 1939 Polandia mengupayakan kebijakan keseimbangan antara Uni Soviet dan Nazi Jerman dengan mengadakan perjanjian non-agresi bersama keduanya. Pada awal tahun 1939 Jerman menuntut Polandia untuk masuk ke dalam Pakta Anti-Komitern sebagai negara satelit Jerman. Karena kuatir kehilangan kemerdekaannya, Polandia menolak, dan Hitler mengatakan kepada para jenderalnya pada tanggal 23 Mei 1939 bahwa alasan untuk menyerangan Polandia adalah “Danzig bukanlah obyek yang dituju. Untuk kita, ia merupakan pelebaran dari ruang hidup (Lebensraum) di Timur.

Untuk menakut-nakuti Hitler, Britania dan Perancis mengumumkan bahwa invasi terhadap polandia berarti perang, serta berusaha meyakinkan Uni Soviet untuk bersama-sama dalam tindakan ini. Moskow nampaknya sepakat tetapi menyadari bahwa ia dapat menguasai negara-negara Baltik serta bagian-bagian Polandia jika bersekutu dengan Jerman, sehingga Uni Soviet melakukan perjanjian pada bulan Agustus 1939. Upaya London gagal, karena Hitler tidak memperkirakan perang yang melebar. Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939 serta menolak tuntutan Britania dan Perancis untuk mundur, sehingga kedua negara itu menyatakan perang terhadap Jerman pada tanggal 3 September 1939 sesuai perjanjian pertahanan yang mereka tanda tangani bersama Polandia dan telah diumumkan secara publik.

6. Serangan Jepang Ke Pearl Harbour

Pearl Harbor adalah pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di pulau Ohau , Hawai, barat Honolulu. Banyak dari pelabuhan dan daerah sekeliling merupakan pangkalan Angkatan Laut bawah laut Amerika Serikat: Mabes Armada Pasifik Amerika Serikat. Serangan Pearl Harbour oleh Jepang pada 7 Desember 1841.membawa Amerika Serikat ke kancah perang dunia 2.

Di pagi 7 Desember 1941, pesawat dan kapal selam Angkatan Laut Kekaisaran Jepang mengadakan serangan mengejutkan pada Amerika Serikat di bawah perintah Laksamana Madya Chuichi Nagumo. Serangan mengejutkan ini juga sebagai dampak tekonologi persenjataan dunia dikenal sebagai Pemboman Pearl Harbor dan Peperangan Pearl Harbor tetapi, kebanyakan secara umum, Serangan ke Pearl Harbor atau secara singkat Pearl Harbor. Serangan ini membawa Amerika Serikat ke kancah Perang Dunia II.

Jepang menyerang kapal dan instalasi militer Amerika pukul 07:53 waktu setempat. Mereka menyerang LT militer di saat yang sama mereka menyerang armada berlabuh di Pearl Harbor. Seluruhnya, 21 kapal armada Pasifik tenggelam atau rusak, kerugian pesawat terbang ialah 188 musnah dan 159 rusak, Orang-orang Amerika yang tewas berjumlah 2.403. Jumlah itu termasuk 68 orang sipil, dan ada 1.178 anggota militan dan orang-orang sipil terluka.

Itulah , 6 penyebab perang dunia 2 dalam fakta sejarah. Semoga dapat semakin menambah penetahuan anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Saturday 28th, April 2018 / 07:59 Oleh :
Kategori : Internasional