Sponsors Link

5 Penyebab Konflik Suriah Belum Diketahui Masyarakat Luas

Sponsors Link

Konflik di area Timur Tengah memang masih gencar terjadi. Berbagai konflik tentu hampir sama penyebabnya seperti penyebab konflik Libya dan penyebab konflik Qatar dan Arab Saudi terus dilahirkan dari buah pemberontakan organisasi-organisasi pembebasan dengan pemerintah yang semena-mena. Siapakah ya patut disalahkan dari peristiwa ini? Apaka kita bisa jelas menyatakan bahwa pemerintah lah yang bersalah? Atau ad kemungkinan lain rakyat yang bersalah? Jelas tidaknya permasalahan ini masih abu-abu, kita perlu menelaah lebih lanjut untuk bisa lebih mengerti lebih jauh tentang hal ini.

ads

Contoh saja, penyebab perang di Suriah Aleppo ini adalah asalah satu faktor konflik yang belum bisa dihentikan sampai kini. Masih ada beberapa penyebab yang menyebabkan konflik tersebut sukar untuk diselesaikan begitu saja. Dalam hal ini, kita bisa melihat akar permasalahan yang terlahir dari rezimpemerintan Suriah yang dianggap tidak memperdulikan rakyatnya dan menggunakan tangan besi atau iron fist untuk menundukkan rakyat yang mana merupakan tindakan yang jauh dari kebenaran. Apa ada hal lain yang menjadi penyebab dari konflik di Suriah ini? Untuk lebih lengkapnya mari kita telusuri beberapa dia antaranya :

1. Ditolaknya Proposal Turki Untuk Membangun Pipa Minyak dan Gas Alam

Salah satu penyebab yang utama diantara penyebab lainnya adalah ditolaknya proposal dari Turki yang menyatakan ingin melaksanakan investasi dengan membangun Pipa minyak yang berada di Suriah. Dalam hal ini Preside Bashara kala itu tidak menyetujuinya, karena akan mengganggu hubungan Suriah dengan Rusia. Apabila memang proposal tadi diwujudkan maka pasokan gas untuk Rusia yang akan dijual kembali ke Eropa akan menjadi sedikit. Dengan sedikitnya pasokan gas, nantinya Suriah akan dianggap tidak memenuhi kontrak yang dahulu telah diciptakan dengan Rusia yang mana adalah  negara militer terkuat di dunia.

Padahal hanya masalah ekonomi saja, namun pihak-pihak lain atau oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab membawa masalah ini ke ranah yang lebih luas. Tidak disetujuinya proposal pembangunan pipa gas semakin diperparah dengan adanya rumor mengenai perbedaan ideologi dan menjadi  penyebab konflik antar agama serta etnis dari Suriah dan negara Turki dan tetangganya. Oleh karena itu, Suriah jadi dipandang sebelah mata oleh negara-negara tersebut. Bahkan sampai sekarang, hubungan antar keduanya masih belum bisa dibilang membaik. Usaha mediasi nampaknya sudah mustahil untuk dilakukan, mengingat Suriah masih menggunakan jalan militer untuk keluar dari pemberontakan. Hanya berawal dari masalah eknomi, namun hasilnya permasalahan malah membua penyebab konflik antar etnis .

2. Rencana Awal Amerika yang Ingin Mencerai-berai Suriah

Selanjutnya adalah sebab yang berasal dari negara Amerika negara yang memiliki personel militer terbaik di dunia , yang mana sejak awal sudah merencanakan hal ini. Runtuhnya Suriah menjadi berkah tersendiri bagi Amerika karena dengan jatuhnya pemerintahan Suriah yang dipimpin oleh Bashar, maka kemungkinan akan penggalian potensi ekonomi yang besar dari sektor minyak dan gas bisa dengan mudah diraih. Pemerintahan Bashar sendiri cukup sulit diajak untuk bekerja sama, karena beberapa faktor, hubungan Suriah dengan Amerika menjadi tidak harmonis kembali, ditambah dengan Suriah yang bekerja sama dengan Rusia yang mana sangat dibenci Amerika karena ideologi yang berbeda. 

Sponsors Link

Oleh karena itu, Amerika melakukan beberapa upaya untuk menjatuhakn rezim Bashar, karena cukup disayangkabila kesempatan ini dilalui begitu saja hanya karena pemerintah yang tidak sesuai. Daripada ikut langsung terjun untuk menginvasi Suriah, Amerika melakukan gerakan yang cukup aman dari belakang layar. Banyak sekali upaya Amerika untuk menjatuhkan Suriah, yang mana bisa anda lihat pada bagian berikutnya dari artikel ini. Benar atau tidaknya sikap Amerika untuk menumbangkan pemerintahan Suriah bisa anda nilai menurut kebijakan anda sendiri.

3. Didanainya Organisasi Pemberontak Pembebasan Suriah oleh Amerika dan Negara Lainnya

Salah satu upaya untuk menghancurkan Suriah dari dalam adalah dengan melakukan adu domba. Dalam hal ini, pihak-pihak seperti Amerika dan sekutunya yang merupakan angkatan bersenjata terbaik di dunia melakukan tindakan yang aman, mendana pemberontak pembebasan Suriah. Walaupun memang terkesan baik dari luar, untuk membantu rakyat Suriah dari rezim Bashar yang kejam, namun ternyata ada tujuan lain dibalik itu semua.

Salah satu usaha untuk menjatuhkan rezim Bashar adalah dengan cara merusak pemerintahan itu sendirid dari dalam, dengan mambantu organisasi-organisasipemberontak yang juga terlahir dengan tujuan yang sama. Dana hang dikeluarkan biasanya lebih terfokus ke arah persenjataan, jadi para pemberontak dibekali dengan berbagai senjata mutakhir yang kekuatannya tidak kalah dengan persenjataan militer di Suriah. Dengan persenjataan yang mencukupi, maka penjatuhan rezim Bahsara bisa dilakukan dengan mudahnya.

ads

4. Rezim Bashar Al Assad yang Kejam dan Menindas

Salah satu penyebab yang paling bisa ditemukan adalah berasal dari pemerintahan Bashara sendiri, yang memang dari awal sudah terkenal akan kekejaman dan ketidak peduliannya dengan rakyat. Bahkan ada beberapa asumsi yang menyatakan bahwa Bashara mencalonkan diri untuk menjadi pemimpin negeri hanya untuk memupuk kekayaannya saja. Namun semua itu bisa dibuktikan dengan kekayaannya yang terus menumpuk namun berbanding terbalik dengan harta yang dimiliki rakyat, yang semakin tidak jelas jumlahnya. Banyak masyarakay yang mengalami berbagai penyebab pelanggaran HAM vertikal.

Hal ini menimbulkan konflik dimana mana, termasuk dalam rakyat Suriah sendiri. Rakyat berbentrok dengan pihak-pihak pembela Bashar, dan banyak sekali  penyebab konflik antar ras  terlahir dari sana. Sikap Bashar sendiri untuk menangani hal ini juga bisa dibilang tidak terpuji, karena ia selalu mengerahkan segala upaya untuk menghentikan rakyat yang “rewel” dengan kekerasan. Tidak ada jalan mediasi apapun yang menjembatani antara dia sendiri dengan rakyatnya. Karena pengaruh jelek tersebutlah, Bashar sebenarnya bisa juga termasuk dalam diktator paling kejam di dunia . Rakyat kecil yang ditindas, harta negara yang terus dikuras, ekonomi yang tidak jelas hanya segelintir masalah saja yang timbul dari pemerintahan kejam Bashar. Bahkan rezim ini juga bisa digolongkan menjadi yang terparah dalam serangkaian tindakan pembantaian umat Islam sepanjang sejarah.

5. Perlawanan Organisasi Islamic State (ISIS) dengan Pasukan Pemberontak Lainnya

Berdirinya beberapa organisasi-organisasi pemberontak tidak langsung saja berjalan mulus. penyeba konflik Horizontal antar masyarakat masih kerap ditemukan. Banyak dari mereka yang juga berkonflik satu sama lain. Sebagai contoh, adalah gerakan ISIS yang melawan gerakan pembebasan lainnya. Dalam hal ini, ISIS menolak untuk ikut serta membela rakyat, dan bertujuan untuk membentuk suatu negara sendiri, dan mengumpulkan mereka secara paksa dibawah bendera hitam ISIS. Aksi ini menuai kecaman dari berbagai pihak, terutama organisasi pembebasan yang lain, yang ikut berjuang demi kepentingan rakyat dengan mengeluarkan segala aksi yang menggambarkan  ciri-ciri agresi militer.

Usaha mediasi memang pernah dikumpulkan, perwakilan dari organisasi-organisasi pembebasan pernah dikumpulkan menjadi satu dan duduk membahas masalah gerakan pembebasan. Namun adansatu pihak disini yang tidak menyetujui adanya rapat tersebut, yaitu ISIS. Sampai sekarang ISIS masih bersitegang melawan pejuang lainnya untuk memperebutkan kota-kota di wilayah Suriah. Aksi tersebut tidak bisa dihentikan selama pemimpin ISIS masih hidup dan terus berkembang.

Sponsors Link

Kelima sebab tadi menutup perjumpaan kita kali ini. Suriah memang dalam keadaan kritis, namun tidak mustahil bagi kita untuk ikut serta membantu negara tersebut. Berbekal tentara kita yang termasuk juga mendapat posisi menarik dalam urutan tentara terbaik di Dunia , upaya pembebasan Suriah dari teror juga sepertinya dapat dengan mudah dilakukan. Semoga saja kedepannya, rakyat Suriah bisa bebas dari genggaman perang yang sedang terjadi. Semoga suatu hari nanti dunia akan tenang akan adanya konflik dan permusuhan yang ada.

, ,
Post Date: Sunday 29th, October 2017 / 23:56 Oleh :
Kategori : SARA