Sponsors Link

Penyebab Bom Paris yang Belum Diketahui Banyak Orang

Sponsors Link

Indonesia digemparkan kembali dengan adanya ancaman teroris pada berbagai titik di negara kita ini. Beberapa minggu terakhir, salah satu ibukota di Indonesia, yaitu Surabaya, sempat mengalami kesedihan mendalam akibat dari perilaku keji dari gabungan teroris JAD, yang seluruh pelakunya merupakan semua anggota keluarga termasuk anak-anak di dalamnya.

ads

Untung saja, dengan bantuan kepolisian dan pihak-pihak yang terkait, suasana telah dibuat kondusif dengan pengamaman dan penyergapan di berbagaia tempat di seluruh pelosok Indonesia. Banyak sekali alasan-alasan terjadinya aksi terorisme pada negara kita tercinta ini, termasuk di dalamnya adalah tipe kejahatan lainnya seperti pada contoh kejahatan cyber crime, contoh kejahatan kemanusiaan, dan contoh kejahatan genosida.

Namun, selain Indonesia, ada juga beberapa negara lainnya yang sempat mengalami tindak aksi terorisme dalam skala yang cukup besar. Salah satu contohnya adalah Amerika Serikat, pada kasus diledakannya WTC pada 9/11 dengan menggunakan beberapa buah pesawat yang telah dibajak.

Hal tersebut menunjukkan bahwa aksi dari terorisme yang menjadi sebab dan akibat dari beberapa peristiwa pemboman seperti penyebab peristiwa bom Bali dan akibat bom bali tidak memandang bulu. Negara dengan mayoritas Islam pun diserang oleh organisasi teroris tersebut, yang masih berhbungan dengan gerakan Islam radikal, ISIS.

Entah apa tujuan ISIS ke Indonesia dan negara lain yang ingin mereka capai, dengan mengorbankan banyak sekali jiwa. Beralih dari Amerika Serikat, kita menuju negara Paris yang juga sempat mengalami aksi terorisme. Untuk lebih jelasnya mengenai apa penyebab bom Paris, mari kita pelajari terlebih dahulu lewat beberapa penjelasan di bawah ini :

Peristiwa Bom Dunia

Tidak hanya Indonesia saja, serangan teroris telah terjadi pada negara-negara lainnya di dunia. Pada awalnya, tujuan mereka terbagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah untuk menghapuskan segala bentuk liberalisme, terutama pada negara Amerika Serikat yang dinilai sebagai pusat dari kapitalisme dunia.

Lalu alasan yang kedua adalah untuk menjadikan Islam khalifah di bumi ini, dan menghapuskan segala hal yang mereka anggap kafir, yang bertentangan dengan agama mereka, seperti kehadiran agama lain di dunia ini. Setidaknya itulah alasan ISIS yang selama ini mereka pegang untuk melakuka aksi teror di mana-mana, sampai sekarang.

Bekas-bekas terorisme yang dilakukan oleh pelaku meninggalkan bekas yang sangat mendalam bagi para korban, bahkan bisa jauh lebih traumatik dari beberapa kejadian seperti pada contoh konflik antar golongan, pengertian konflik antar ras, dan juga penyebab konflik antar golongan.

Sponsors Link

Contoh paling besar dari aksi terorisme ini terjadi di Amerika Serikat, pada waktu pagi hari dimana ada beberapa pesawat yang berhasil di bajak oleh teroris dan kemudian ditabrakkan begitu saja pada bagian bangunan gedung WTC. Hasilnya, banyak sekali korban meninggal dunia, dan juga gedung WTC yang merupakan pusat perdagangan dunia itupun runtuh. Namun serangan tadi bukanlah akhir dari terorisme. Justru, hal tersebut bisa dikatakan sebagai kejadian awal dari aksi-aksi terorisme yang berikutnya.

Selain di luar negeri, Indonesia juga sempat dilanda kesedihan ketika teroris kembali melakukan serangannya ke daerah Bali, dimana para wisatawan asing dapat dengan mudah kita temui. Dapat dengan mudah kita berkata bahwa target mereka dalam serangan ini adalah warga asing yang kebetulan sedang berlibur ke pulau Bali. Naas, waktu malam yang harusnya mereka gunakan untuk bersantai dan bersenang-senang akhirnya harus kandas ketika bom meledakkan beberapa tempat di daerah Bali.

Kembali pada kasus pemboman internasional, ada salah satu negara yang juga cukup sering mendapatkan serangan dari teroris, yaitu Perancis. Pada ibukotanya yaitu Paris, sempat ada aksi dari teroris yang kembali menjatuhkan banyak korban.

Peristiwa Bom Paris

Di kota Paris, sempat terjadi suatu peristiwa yang amat traumatis bagi warga dan juga pengunjung kota tersebut. Bom meledak pada lima lokasi berbeda yaitu Stade De France, Rue Bichat, Rue de La Fontaine-au-Roi, Teater Batacian, Rue De Charonne. Kasus ini merupakan kasus kejahatan terhebat di Perancis semenjak serangan terakhir yang dilakukan oleh Jerman pada perang dunia ke dua.

Saking hebatnya, kejadian ini dinilai sebagai bentuk terorisme terbesar di wilayah Perancis. Aksi terorisme ini terjadi pada 13 November 2015, yang merupakan salah satu bentuk dari contoh kasus pelanggaran HAM berat yang merenggut banyak sekali jenis-jenis Hak Asasi Manusia. Kejadian bermula pada pukul 21.00, terjadi tiga bom bunuh diri dan enam penembakan antara yang berada di dekat lokasi pertama, Stade de France.

Serangan kemudian berpusat pada teater Barclan, yang menimbulkan banyak sekali korban dari rakyat sipil dan juga kepolisian. Enam pelaku juga ditemukan tewas pasca aksi tembak menembak antara teroris dan polisi pada teater tersebut. Korban meninggal dunia sebanyak 129 orang, dimana 89 dari jumlah tersebut merupakan korban di Teater Barclan.

Pelaku Bom Paris

Seebelum kejadian ini akhirnya terjadi, pemerintah Perancis sudah mengumumkan bahwa negara berada pada tingkat waspada pasca kejadian di Januari 2015 yang menewaskan 17 orang. Namun keamanan Perancis berhasil terbobol karena serangan besar-besaran yang dilakukan pada lokasi yang berbeda.

Pada tanggal 14 November, sehari setelah kejadian terorisme tersebut berlangsung, ISIS yang mempunyai sejarah asal usul terbentuk ISIS mengumumkan bahwa mereka lah yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Semua orang berhasil menduga bahwa organisasi tersebutlah yang memang melakukan hal tersebut, dan ternyata perkiraan mereka benar. Dan para pelaku melakukan hal ini dikarenakan oleh suatu hal yang dilakukan oleh pemerintah Perancis.

Penyebab Bom Paris

Alasan mengapa organisasi ISIS begitu tga melakukan pembantaian besar-besaran terhadap rakyat sipil adalah karena tidak terima dengan reaksi Perancis yang ikut serta untuk masuk ke dalam perang saudara pada Perang Suriah dan Perang Irak.

Perancis ikut serta untuk melakukan dukungan dengan menerjunkan tentara nya pada wilayah Irak dan Suriah pada operasi Chammal di 2014.  Hal tersebutlah yang dijadikan alasan untuk ISIS dapat menyerang negara Perancis.

Kenapa Paris?

Apabila kita melihat pada sejarah perang dunia, kita bisa melihat bahwa Paris ini sempat masuk ke dalam arena perang dunia, yang bisa anda lihat informasi lengkapnya pada penyebab perang dunia 2, negara yang terlibat Perang Dunia 2, da juga dua sebab khusus Perang Dunia 2 di Eropa. Perancis sempat terombang-ambing karena invasi Jerman yang menghancurkan sebagian wilayah Perancis.

Sponsors Link

Namun, dengan adanya berbagai peristiwa mengenai tindakan penyerangan terhadap rakyat sipil membuat masyarakat luar bertanya, mengapa Paris selalu menjadi korban. Ada beberapa hal yang mungkin menjadi sebab mengapa Perancis selalu menjadi target. Salah satunya adalah adanya larangan penggunaan hijab, yang akhirnya didukung oleh masyarakat berserta politisi yang ada di sana.

Selain itu, dukungan dari Perancis untuk bisa menumpas segala bentuk organisasi militer Islam radikal yang ada di dunia tidak bisa dibilang sebagai langkah yang main-main. Negara ini sempat mengirimkan sebanyak 10.000 tentara untuk diterjunkan pada negara-negara yang sedang mengalami konflik dengan ISIS.

Penyebab Bom Paris telah kami jelaskan lewat beberapa uraian di atas. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat menjadi bekal untuk anda agar selalu berwaspada terhadap sekeliling anda dan juga untuk menambah pengetahuan anda mengenai tindakan terorisme yang terjadi di dunia.

Semoga saja, kelompok teroris yang telah pulang ke Indonesia dapat segera tertangkap satu persatu. Dan dengan begitu, masyarakat hanya perlu menanamkan rasa toleransi yang mendalam untuk sesama warganya dan menyatakan tidak takut dan mengutuk siapa saja yang melakukan tindakan terorisme.

, ,
Post Date: Thursday 24th, May 2018 / 12:04 Oleh :
Kategori : Internasional