Sponsors Link

7 Pengaruh Soekarno Di Dunia Internasional Yang Harus Membuat Generasi Zaman Now Bangga

Sponsors Link

Soekarno merupakan presiden pertama Republik Indonesia setelah meraih kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Bersama dengan Muhammad Hatta selaku wakil presiden beliau menjabat sejak tahun 1945-1966. Kiprah politiknya pertama kali dimulai pada saat bergabung dengan Partai Nasional Indonesia (PNI). Karena keberaniannya dalam berorasi, menjadi ancaman tersendiri bagi pemerintah belanda pada saat itu. Hal inilah, yang menyebabkan beliau di tangkap dan dipenjara selama 2 tahun simak juga dampak konflik yugoslavia .

ads

Selama memangku jabatan sebagai presiden, kiprah bung Karno di dunia internasional sangat mumpuni. Saat itu, ia menjadi salah satu figur pemimpin yang disegani oleh banyak pemimpin dunia. Buktinya adalah setiap melakukan kunjungan kenegaraanya Bung Karno selalu mendapatkan sambutan yang meriah dan fenomenal. Pamor  Bung Karno  saat itu membuat Indonesia ikut di segani oleh dunia simak juga akibat perang dunia 2 .

Berbicara tentang pengaruh beliau di dunia internasional tentu saja ada. Beberapa hal yang beliau ungkapkan selalu menjadi pertimbangan para pemimpin dunia. Dalam beberapa kesempatan apa yang beliau uraikan selalu dituruti. Setidaknya tercatat ada 7 pengaruh Soekarno di dunia internasional yang harus membuat generasi zaman now bangga. Ketujuh pengaruh tersebut akan diuraikan dalam poin-poin di bawah ini. Simak juga penyebab khusus perang dunia 1, selengkapnya.

1. Sosok Yang Mencegah Ditutupnya Universitas Al-Azhar Mesir 

Al-Azhar merupakan salah satu universitas tertua di dunia. Dibangun pada masa dinasti Fatimiyah pada tahun 970-an membuat universitas keberadaannya sangat penting bagi seluruh umat muslim di dunia. Universitas Al-Azhar juga menjadi icon yang membuat mesir dikenal oleh dunia. Jika dihitung hingga saat ini, usia univetsitas Al-Azhar sudah sekitar 1000 tahun. Namun, pada tahun 1955, presiden Mesir saat itu Gamal Abdul Naser berencaba untuk menutup Al-Azhar untuk alasan politik.Keputusan tersebut cukup menyita perhatian dunia terutama umat muslim dunia simak juga tokoh konflik yugoslavia .

Menyikapi hal itu,  Bung Karno langsung melakukam lawatannya ke Mesir. Tujuan utamanya ialah kunjungan kenegaraan tapi siapa sangka beliau memiliki misi rahasia terkait isu yang beredar. Hubungan antara Bung Karno dan presiden Gamal Abdul Naser memang dikenal cukup hangat. Meskipun dikenal cukup keras, namun saat bersama Bung Karno presiden Abdul Naser lebih bisa menerima kritik. Entah apa yang diungkapkan oleh Bung Karno saat itu, namun setelahnya presiden Abdul Naser tidak jadi menutup Universitas Al-Azhar.

Sponsors Link

2. Memprakarsa Di Fungsikannya Kembali Masjid Biru Saint Petersburg Rusia

Hubungan Rusia-Indonesia di kenal cukup romantis. Bahkan Rusia menjadi menyuplai banyak senjata nomor satunya ke Indonesia. Namun, bagi sebagian warga muslim mungkin Rusia bukan negara yang ramah bagi mereka. Saat itu, ada sebuah masjid di Saint Petersburg yang dulunya di gunakan untuk menyimpan obat-obatan dan senjata. Bung karno sendiri memiliki peran penting di Rusia terutama bagi umat muslim disana.

Bung Karno merasa miris mengetahui fakta bahwa masjid Biru Saint Petersbugh di salah gunakan fungsinya. Karena hal itu, kemudian baliau mendesak sejawatnya Presiden Nikita Khursev yang saat itu merupakan presiden Rusia. Untuk kembali memfungsikan masjid ini sebagai tempat ibadah umat Muslim di Rusia. Tanpa ada bantahan, sang presiden Rusia menuruti keinginan Bung Karno tersebut. Masjid Biru dengan oramen nan cantik ini, tetap berdiri kokoh hingga saat ini simak juga penyebab perang karbala .

3. Kiprahnya Dalam Menemukan Makam Imam Bukhori

Imam Bukhokri merupakan salah satu tokoh islam yang di kenal keshahihannya sebagai perawi hadist. Tanpa beliau mungkin kita tidak akan mengetahui jejak jejak dari kisah Nabi Muhammad. Berdasarkan beberapa sumber penemuan makam Imam Bukhori ternyata juga di pengaruhi oleh Bung Karno. Berawal dari desakannya kepada pemerintah Rusia untuk dapat menemukan makam beliau simak juga penyebab palestina diserang  .

Pada awalnya pihak setempat sempat merasa putus asa, dan menyerah pada pencarian atas makam Imam Bukhari. Namun, pada akhirnya mereka dapat menemukan makam sang peramu hadist ini di Uzbekistan. Pada saat di temukan kondisi makamnya sangat memprihatinkan. Namun, kini makam dari Imam Bukhori telah menjadi salah satu destinasi pusat Ziarah muslim di eropa.

4. Jasa Soekarno Dalam Mengubah Tandusnya Arafah 

Pada awalnya padang Arafah merupakan wilayah yang tandus. Namun, kini kondisinya berbeda dengan banyaknya pohon yang ditanam membuat suasana menjadi lebih sejuk. Siapa sangka ide menyejukkan Arafah tersebut berawal dari Bung Karno. Tepatnya saat beliau melaksanakan ibadah Haji ke Tanah Arab, bung Karno merasa sangat kepanansan saat berada di Arafah. Kemudia beliau menyarankan kepada pemerintah Arab agar menanami padang Arafah dengan pepohonan. Jika sebelumnya pemerintah Arab dikenal cuek, namun mereka langsung menuruti saran dari bung Karno dan menanami padang Arafah dengan pohon-pohon simak juga penyebab perang salib .

Sponsors Link

5. Nama Soekarno Digunakan Sebagai Nama Jalan Di Maroko dan Mesir

Tidak hanya di kagumi di dalam negeri, bung Karno juga amat di kagumi oleh tokoh-tokoh dunia. Salah satunya ialah Raja Muhammad V yang merupakan pemimpin dari Negara Maroko. Saking kagumnya kepada bung Karno beliau menggunakan nama bung Karno sebagai sebuah nama jalan di salah satu kota di Maroko. Dan kota tersebut ialah kota Rabat, di kota ini terdapat nama jalan dengan nama bapak bangsa kita yakni jalan  Sharia Al-Rais Soekarno. Secara resmi beliau mengundang bung Karno pada saat peresmiannya pada tahun 1960. Selain itu juga,negara yang terletak di benua Afrika lainnya juga memiliki nama jalan yang dinamai dari nama bung karno. Jalan itu ialah jalan Ahmed Soekarno St yang berda di wilayah Al-Hay Al-Ashir anda juga dapat menyimak penyebab perang teluk 2 .

6. Ternyata Ada Kawasan Soekarno Di Negara Pakistan

Selain digunakam sebagai nama jalan, nama bung Karno juga di gunakan untuk menamai sebuah kawasan. Tidak tanggung-tanggung terdapat 2 kawasan yang dinamai dengan nama proklamator kita ini. Kawasan itu ialah Soekarno Square Khyber Bazar di kota Peshawar dan Soekarno Bazar di kota Lahore. Kedua kota tersebut terletak di negara Pakistan. Sejak dulu kita memang memiliki hubungan yang sangat erat dengan negara Pakistan. Pemberian nama kawasan menggunakan nama bung Karno ini di perintahkan langsung oleh Quaid Azzam Al-Jinnah yang merupakan pendiri dari negara Pakistan simak juga penyebab perang suriah .

7. Foto Soekarno dalam Perangko di Kuba

Bung Karno juga memiliki kedekatan hubungan dengan bapak bangsa dan revulusioner Kuba. Yakni Fidel Castro dan Chr Guevara, kedekatan rasa kekaguman meteka terhadap bung Karno inilah yang kemudian membuat pemerintah Kuba menerbitkan sebuah perangko simak juga latar belakang konflik israel palestina . Dalam perangko tersebut terdapat gambar bung Karno yang berdiri bersama dengan Fidel Castro dan Che Guevara. Hal ini semakin membuktikan bahwa bung Karno merupakan pemimpin yang dikagumi oleh banyak pemimpin negara.

Itulah tadi 7 pengaruh soekarno di dunia internasional yang harus membuat generasi zaman now  bangga. Jika dunia saja bangga, maka seharusnya sebagai generasi jaman now kita juga harus bangga. Seperti yang selalu beliau katakan bahwa, jangan pernah melupakan sejarah. Seperti itulah kita harus menggenang semua jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Semoga dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua, dan semoga artikel ini dapat bermafaat.

, , ,
Post Date: Friday 26th, January 2018 / 12:30 Oleh :
Kategori : Internasional