Sponsors Link

9 Negara Yang Tidak Setuju Palestina Merdeka

Sponsors Link

Kedaulatan atau kemerdekaan merupakan hak  bagi setiap negara. Beberapa negara sedang berjuang memperjuangkan kemerdekaannya. Salah satunya adalah Palestina, negara dengan mayoritas penduduk Arab sedang berjuanh untuk bisa diakui elsistennya sebagai sebuah negara yang berdaulat sebagaimana alasan palestina tidak masuk pbb . Terlepas dari penindasan dan invasi serta perebutan wilayah dengan Israel. Konflik Israel dan Palestina telah berlangsung lebih dari 50 tahun tanpa ada kata sepakat dan perdamaian sebagai alasan israel ingin menguasai paleatina .

ads

Bahkan akhir-akhir ini tensi konflik semakin meningkat setelah klaim Israel atas Yerusalem. Konflik antara Israel dan Palestina tentu bukan konflik yang sederhana dan bisa diselesaikan lewat jalur perundingan. Sebab, sejarah panjang konflik ini semakin menegaskan bahwa konflik dan kebencian telah tertanam mendarah daging dan turun temurun antara bangsa Arab Palestina dan bangsa Yahudi Israel dalam latar belakang konflik Israel dan Palestina . Apalagi di tambah dengan tindakan Iarael beserra sekutunya yang dinilai tidak lagi memperhatikan kemanusiaan dengan menyerang anak-anak dan wanita sebagaimana alasan israel menghancurkan masjidil Aqsha .

Setelah perjuangan yang amat panjang, pada akhirnya 30 November 1988 PBB mengakui keberadaan dan eksistensi Palestina yang saat itu bernama PLO. Dengan pengakuan ini Palestina telah dianggap sebagai sebuah negara yang merdeka. Namun, pada faktanya pengakuan kedaulatan dari PBB tidak di sambut oleh beberapa negara. Setidaknya ada sembilan negara yang tidak mengakui kedaulatan Palestina. Hal ini dapat dilihat pada saat sidang Dewan Keamanan PBB yang membahas kalim Israel terhadap Yerusalem. Inilah daftar 9 Negara Yang Tidak Setuju Palestina Merdeka.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara adidaya yang sudah sangat dikenal mendukung penuh setiap aksi invasi Israel di Palestina. Bahkan Amerika juga dipercaya mengirimkam senjata canggih buatan mereka dalam membantu meluruskan aksi Israel menguasai wilayah Palestina tentu menjawab alasan amerika melindungi israel . Tidak hanya itu, Amerika Serikat juga mencoba memveto semua sanksi dan resolusi Dewan Keamanan PBB yang dianggap merugikan Israel. Sungguh hubungan yang amat mesra benar-benar terjalin antara keduanya. Sehingga tidak heran jik kemudian Amerika menjadi negara pendukung yag tidak setuju apabila Palestina meraih kemerdekaan secara penuh.

2. Israel

Sudah bisa dipastikan negara yang protes dan menghalangi kemerdekaan Palestina sebagaimana alasan Israel menutup masjid Al-Aqsa . Bahkan bisa jadi Israel menjadi penghalang utama bagi kemerdekaan Palestina. Sebab kaum Yahudi israel lah yang selama ini menginvansi dan hendak menguasai wilayah Palestina seperti kekejaman israel terhadap wanita palestina . Segala tindakan Israel ke Palestina merupakan sebuah bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia yang bahkan PBB tidak bisa menjatuhkan sanksi akibat Amerika selalu berada si belakang Israel. Tindakan Insrael ini tidak lain adalah untuk memuluskan ambisi mereka dalam merancang New World One Order berdasarkan kepercayaan Yahudi yang mereka anut.

Sponsors Link

4. Republik Ceko

Republik Ceko,  menjadi salah satu negara yang dianggap tidak setuju atas kemerdekaan Palestina. Sebab, dalam sidang Dewan Keamanan PBB tentang pembahasan Yerusalem, Republik Ceko menyatakan sependapat dengan Amerika Serikat, bahwa Yerusalem merupakan Ibu Kota dari Israel sesuai dengan garis demakrasi yang telah disepakati sejak tahun 1967. Republik Ceko juga mengambil langkah berbeda dari negara Uni Eropa dan menyatakan bahwa Yerusalem merupakan Ibu Kota dari Negara Israel. Hal ini juga berkaitan dengan hubungan bilateral antar dua negara, rencanyan bahkan Republik Ceko juga akan memindahkan Kedutaan Besarnya dari Tel Avev ke Yerusalem sesuai dengan persetujuan.

5. Marshal Island

Marshall Island merupakan sebuaj negara kecil yang berada di Samudra Atlantik Bagian Barat. Dengan tota luas hanya 181 m persegi serta 98% wilayah negaranya adalah perairan, populasi kepulauan Marshall pada tahun 2013 hanya 56.042 jiwa. Jika dibandingkan dengan negara kita mungkin hanya bagian dari satu Kabupaten/Kota saja. Namun, ternyata Kepulauan Marshall adalah negara pertama yang mendukung klaim Israel atas Yerisalem sebagai ibu Kota Negaranya. Mungkin bagi anda baru pertama kali mendengar nama negara ini, sebab dalam diplomasi internasional sangat jarang dan bahkan negara yang satu ini belum banyak di kunjungi.

6. Mikronesia

Kepulauan Marshall dan Mikronesia memiliki hubungan yang cukup erat, swbab kedua negara ini dahulunya sempat berbagi wilayah namun, kini saling memisahkan diri dan membentuk negara yang berbeda. Sama halnya dengan kepulauan Marshall, Mikronesia juga merupakan negara kecil yang bahkan namanya saja jarang kita dengar. Dengan luas wilayah 7.400.000 km persegi, Mikronesia yang bersebelahan dengan Hawaii ini juga mendukung klaim Israel atas Yerusalem.

7. Nauru

Nauru juga merupakan negara kepulauan yang terletak di sebelah seltan samudra Atlantik dan berbatasa dengan Kepulauan Marshall. Luas wilayah hanya mencapai 21 km persegi dan jumlah penduduk pada tahun 2013 hanya sekitar 10.084 jiwa. Bandingkan dengan pulai jawa yang memiliki luas 281.000 m persegi dan jumlah penduduk 107 juta jiwa. Artinya bahwa Nautu merupakan negara kecil yang pastinya membutuhkan negara besar sebagai penyokong mereka. Bahkan nama negara ini sangat awam dan tak pernah kita dengar. Sekali terdengar adalah gebrakannya mendukung pemerintah Israel atas Klaim Yerusalem artinya secara tidak langsung negara ini juga tidak menghendaki kemerdekaan atas Palestina.

Sponsors Link

8. Palau

Palau juga menjadi negara kepualauan di Samudra Pasifik. Dengan luas wilayah 459 km persegi dan jumlah penduduk 17.948 pada tahun 2015. Palau memiliki hubungan yanh sangat dekat terhadap Amerika Serikat, sebab pada saat merdeka di tahun  1994 Palau memiliki pemerintahan konstitusional dalam asosiasi bebas dengan Amerika Serikat. Sehingga sudah sangat wajar jika Palau akan terus mengikuti setiap.keputusan yang Amerika buat tentang permasalahan Israel dan Palestina.

9. Panama 

Panama juga menjadi negara oendukung dibelakang Israel dan Amerika yang mendukung Klaim Israel ataa Yerusalem. Panama juga merupakan negara kecil dengan luas wilayah 75.175 km persegi dan populasi 3.164. 166 jiwa. Meskipun begitu IPM di negara ini relatif sangat tinggi. Sebab didukung dengan lokasi negara yang srategis serta pengembangan di bidang perbankan perdagangan dan Pariwisata. Hubungan bilateralpun dijalin dengan Amerika Serikat sehingga tentunya salah satu yabg membuat negara ini berada dibelakang Amerika dan israel perihal konflik dengan Palestina.

Tentunya, kesembilaan negara ini merupakan penghalang bagi pengakuam kemerdekaan atas Palestina. Terlebih lagi Amerika Serikat yang tentunya memiliki pengaruh terhadap perekonomian secara global tentunya lambat laun dapat memberikan pengaruh kepada negara yang bergantung kepadanya. Klaim Yerusalem sebagai ibu kota Israel merupakan langkah awal Israel dan Amerika menjegal langkah dan kemerdekaan penuh atas Palestina. Sebab, kota Yerusalem yang bergelar kota suci memiliki histori yang penting tidak hanya bagi umat muslim namun juga bagi 3 agama di dunia.

Itulah, 9 Negara Yang Tidak Setuju Palestina Merdeka. Kita doakan saja semoga saudara kita di Palestina semakin di kuatkan dalam menghadapi kenrutalan dan kekejaman Israel dan sekutunya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Monday 11th, June 2018 / 02:24 Oleh :
Kategori : Internasional