Sponsors Link

10 Negara Yang Terlibat Perang Dunia 2 Dan Menjadi Aktor Utamanya

Sponsors Link

Perang dunia 2 atau lebih dikenal dengan singkatan PD2 atau PDII merupakan konflik paling mematikan sepanjang sejarah manusia. Perang dunia 2 dimulai sejak tahun 1939 sampai dengan tahun 1945. Perang ini banyak melibatkan negara di dunia dengan kekuatan besar yang pada akhirnya membentuk dua aliasi yang saling berlawanan. Kedua aliansi ini dikenal dengan sebutan pihak sekutu dan poros. Perang ini menjadi perang terluas dalam sejarah dan melibatkan lebih dari 100 juta orang dari pasukan militer yang berbeda. Simak juga sebab umum dan khusus perang dunia 1.

ads

Negara-negara yang terlibat mengerahkan seluruh kekuatan mereka baik dari segi ekonomi, industri, ilmiah dan teknologi dalam mendukung perang. Kondisi ini menyebabkan pihak sipil juga ikut menjadi korban. Sebagaimana pada perang dunia 2 ini terdapat aksi yang melibatkan masyarakat sipil seperti genosida yang dilakukan kepada sekitar 6 juta orang Yahudi, dan juga mulai digunakan senjata nuklir dalam peperangan. Selama kurun waktu perang terjadi diperkirakan jumlah korban jiwa mencapai 50-70 juta jiwa. Simak juga sebab khusus perang dunia 2 di eropa .

Banyaknya negara yang terlibat membuat konflik perang dunia 2 bisa dikatakan sebagai sebuah konflik global. Namun, ternyata tentu terdapat negara yang pada dasarnya sebagai aktor utama, atau yang pertama kali menyulut perang. Nah, untuk mengetahui negara manakah saja yang terlibat secara langsung sebagai aktor yang melatar belakangi terjadinya oerang dunia kedua. Maka berikut akan diuraikan secara singkat mengenai 10 negara yang terlibat perang dunia 2 dan menjadi aktor utamanya. Simak selengkapnya.

Pihak Sekutu

1. Uni Soviet

Pada awalnya Uni Soviet dan Jerman berada dalam naungan yang sama saat pada tahun 1939 Jeeman menyerang Polandia. Pakta Non-Agresi yang ditandatangani Jerman dan Soviet membuat uni Soviet menguasai wilayah timur polandia yang berhasil ditaklukan pada Oktober 1939. Setelah itu, hubungan antara Jerman dan Soviet cukup baik dalam bernagai bidang. Namun kondisi krisis yang dialami oleh Jerman menyebabkan pada tahun 1941 Jeeman kemudian melakukan invasi terhadap Uni Soviet. Sehingga kondisi ini menyebabkan perang antar dua negara pecah. Simak juga bentuk pelaksanaan perang dingin .

2. Amerika Serikat

Pada awalnya dalam perang dunia 2,  Amerika Serikat memilih untuk bersikap netral. Namun AS telah memasok senjata kepada pihak sekutu sejak tahun 1941. Pada tanggal 7 Desember 1941 Kekaisaran Jepang secara tiba-tiba melakukan serangan ke Pearl Harbour. Insiden inilah yang kemudian membuat AS ikut kedalam kancah perang dunia 2 bergabung dengan blok sekutu dalam melawan blok poros. Keikutsertaan AS memberikan dampak terdorongnya  investasi modal dan berkembangnya industri perang. Dari banyaknya negara yang ikut dalam perang, bisa dikatakan bahwa AS, merupakan negara yang sama sekali tidak terdampak krisis ekonomi pasca perang. Bahkan semakin bertambah kaya sejak perang berakhir.

Sponsors Link

3. Britania Raya

Keputusan Inggris menyatakan perang melawan Nazi Jerman membuat seluruh koloninya juga terlibat. Hanya beberapa koloni yang menyatakan ikut serta dalam perang melawan Jerman seperti Austalia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan Kanada. Sedangkan Irlandia memilih untuk tetap netral dan legal selama perang berlangsung. Pada bulan Desember 1941 Jepang menyerang koloni inggris di malaya dan hongkong sekaligus juga pangkalan AS Pearl Harbour. Inilah yang kemudian menyebabkan AS ikut andil dalam perang. Bergabungnya AS dengan pibak sekutu membuat Inggris yakin akan kemenangannya pada PD2. Simak juga dampak positif perang dunia 2  .

4. Polandia 

Polandia merupakan negara mrnjadi penyebab meletusnya perang dunia kedua. Invasi Polandia yang dilakukan oleh Jerman dan saat itu dibantu oleh Slowakia dan Uni soviet membuat beberapa negara menyatakan perang terhadao Jerman. Polandia merupakan negara tetangga Jerman yang menjadi negara cukup strategis. Karena itulah, kemudian Jerman melakukan invasi ke Polandia pada tanggal 1 Sepember 1939. Kemudian pada tanggal 6 Oktober 1939 seluruh wilayah Polandia berhasil dikuasai oleh Jerman dan Uni Soviet.

5. Tiongkok

Tiongkok menjadi basis kekuatan pihak sekutu di wilayah Asia. Tiongkok menyatakan perang melawan Jepang setelah terjadinya invasi Jepang ke Machuaria. Peperangan kecil yang terjadi di antara keduannya kemudian meletus menjadi perang Tiongkok-Jepang kedua dari tahun 1937-1945. Kondisi ini membuat pemerintah Tiongkok mundur dan Nanjing ke Chongqing. Kemudian pada tahun 1945 saat jepang menyerah Republik Tiongkok berubah nama menjadi Tiongkok menjadi salah satu negara pendiri PBB.

Pihak Poros

6. Jerman

Jerman atau sering disebut sebagai Jerman nazi atau Nazi Jerman. Jerman dikenal sebagai negara diktator yang menerapkan paham nasional-sosialisme. Dipimpin oleh Adolf Hitler Jerman menuai pro dan kontra dalam ambisinya untuk bisa menguasai dan menyebarkan paham keseluruh wilayah Eropa. Jerman merupakan negara yang membuat perang dunia dua pecah akibat menginvasi Polandia. Namun, karena saat itu Hitlee terlalu percaya diri saat menyerang Soviet tanpa mempertimbangkan ondiai cuaca dingin. Maka pada perang dunia dua Jerman harus mengalami kekalahan pada periode perang dingin.

Sponsors Link

7. Slowakia

Slowakia merupakan sebuah negara yang berdiri pada tahun 14 Maret 1939 – 8 Mei 1945. Negara ini diakui oleh Jerman, Hongaria, Vatikan, Republik Tiongkok, El-Salvador, Estonia, Jepang, Uni Soviet, Spanyol dan Swiss. Pihak Sekutu perang dunia 2 sendiri tidak mengakui keberadaan Slowakia. Keuikutsertaan Slowakia dalam PD2 adalah ketika bersama Jerman melancarkan invansi ke Polandia pada 1 Desember 1939. Setelah 1941 bersama Jerman melakukan invasi ke Uni Soviet, mereka akhirnya mencabut pengakuan atas Slowakia. Kekalahan pihak poros dalam PD2 membuat keruntuhan bagi negara Slowakia. Simak juga invasi amerika serikat ke afganistan .

 8. Kekaisaran Jepang

Jepang dan Tiongkok telah terlubat perang sejak 1937-1945. Untuk mewujudkan cita-citanya menjadi penguasa Asia, jepang melakukan penyerangan kebeberapa wilayah ermasuk juga pada tahun 1941 menyerang pangkalan Pearl Harbour Amerika Serikat. Inilah yang kemudian menyebabkan keikutsertaan AS dalam PD2. Pada 1 September 1945 akhirnya Jepang menyerah pada tentara sekutu. Sebelum itu, Amerika Serikat meluluhlantakan Nagasaki dan Hiroshima menggunakan serangam bom atom.

 9. Italia

 Italia menjadi negara yang tergabung dalam kelompok poros bersama Jerman dan Jepang pada perang dunia 2. Pada awalnya Italia masuk kedalam aliansi bersama Uni Soviet dan Britania Raya. Namun karena konflik Balkan Italia tidak masuk kedalam aliansi dan malah kemudian tergabung bersama Jerman dalam kelompok Poros. Italia termasuk negara denga  perekonomiam kuat ke-14 di dunia dan ke-5 di eropa.

10. Kerajaan Rumania

Kerajaan Rumania berdiri pada 13 Maret 1881 hingga 30 Desember 1947. Keikutsertaan Rumania dalam blok poros membawa dampak pada runtuhnya kerajaan ini akibat kekalahan blok poros dari blok sekutu. Sebagai negara dengam sistem monarki tentu sangat sulit bagi Kerajaan Rumania untuk bangkit dan pulih akibat kekalahan perang.

Nah itulah, 10 negara yang terlibat perang dunia 2 dan menjadi aktor utamanya. Semoga dapat semakin menambah pengetahuan kita mengenai sejarah kelam dunia. Perang dunia dua memberikan pengaruh bagi semua negara yang ada di dunia. Tentunya kita berharap bahwa kedamaian dapat terus terpelihara dan terjaga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , ,
Post Date: Sunday 25th, February 2018 / 07:40 Oleh :
Kategori : Internasional