10 Militer Terkuat di Amerika Selatan Paling Berbahaya

Pada artikel sebelumnya, kita membahas mengenai angkatan-angkatan militer yang tergabung dalam area Amerika Latin, yang mana letaknya berada pada tengah dan Selatan Amerika. Nah, pada artikel kali ini, kami akan lebih memfokuskan kepada angkatan militer yang terdapat pada negara bagian Amerika Selatan yang berisi negara-negara yang mungkin sudah terdapat pada artikel sebelumnya. Untuk itu, kami sudah memasukkan daftar negara diluar negara yang berada pada artikel tersebut agar anda bisa mendapat informasi lebih luas mengenai angkatan-angkatan militer yang terdapat di Amerika Selatan.

Baca juga :

Perlu dicatat bahwa tidak semua negara di Amerika Selatan memiliki kekayaan yang cukup. Ada beberapa dari mereka yang akhirnya bangkrut karena kondisi ekonominya yang sangat berantakan.Oleh karenanya, ada negara yang mengandalkan sukarela dari masyarakatnya untuk ikut serta menjaga keamanan negara disamping bantuan dari negara lain.Walaupun rasanya memalukan bila negara atau pemerintah sampai meminta tolong kepada rakyat bukannya menyediakan perlindungan, namun hal tersebut perlu dilakukan untuk memupuk solidaritas antar rakyat pada negara tersebut. Meskipun hanya sekelompok kecil saja, mereka bisa sudah dianggap sebagai militer terkuat di Amerika Selatan. Berikut, daftar lengkap mengenai 10 negara yang memiliki militer terkuat di Amerika Selatan.

10. Suriname

Negara yang terdengar tidak asing di telinga kita juga memiliki armada militer yang bisa dibilang cukup kuat. Walaupun berada pada urutan ke sepuluh, Suriname juga tidak bisa berendah diri karena kelemahan militernya. Justru, pasukan militer yang berada di Suriname itu patut diacungi jempol dari kita. Seperti pada umumnya, kemiliteran terbagi menjadi 3 sektor, air, darat, dan udara. Pada sektor udara inilah Suriname memiliki beberapa helikopter tipe HAL Chetak yang berasal dari India. Hingga saat ini, mereka mempunyai 3 unit helikopter tersebut dalam inventory mereka.

9. Uruguay

Pasuka kemiliteran di negara Uruguay juga memiliki tiga sektor utama yaitu darat, air, dan udara. Sama dengan armada kemiliteran di dunia. Tiga sektor ini terangkum dibawah kepemimpinan presiden melalui Minister of Defence atau Dewan Pertahanan. Jumlah tentara di kemiliteran Uruguay terbagi menjadi 4 divisi, yang mana masing-masing menggunakan senjata yang sama namun ada perbedaan sedikit di dalamnya. Dengan jumlh tentara yang cukup banyak pada areal darat dan udara, keamanan Uruguay sudah pasti terjamin.

8. Guyana

Kemiliteran Guyana masuk ke dalam nomor delapan pada daftar militer terkuat di Amerika Selatan. Organisasi berlambang burung has Guyana ini memiliki armada yang jauh lebih banyak tentunya dari kedua negara sebelumnya. Anggota pada kemiliteran ini direkrut dari dua organisasi yang berbeda yaitu British Guiana Valunteer Force, British Guiana Police Force BGPF, dan juga ada penduduk yang ikut serta masuk ke dalamnya. Dengan moto nya “SERVICE”, kemiliteran Guyana memiliki tujuan dan tugas untuk melayani dan melindungi negara dari berbagai ancaman. [AdSense-B]

7. Chile

Negara yang sering dipelestekan sebagai “sambal” (chilly) nya Amerika ini memiliki jumlah anggota yang hampir mencapai 50 ribu orang. Terbagi atas beberapa sektor penting yaitu tentara yang terbagi atas 6 divisi, lalu tentara untuk kegiatan operasi khusus, dan tentara untuk areal udara. Tentara Cile ini juga ikut serta kedalam beberapa peristiwa penting di dunia seperti Perang Arauco, Perang Konfiderasi, dan Perang Pasifik. Selain jumlah armadanya yang banyak, organisasi tersebut juga dilengkapi dengan persenjataan yang cukup canggih.

6. Venezuela

Di tempat keenam dalam daftar militer terkuat di Amerika Selatan, kita bisa menemukan negara Venezuela. Kemiliteran Venezuela sendiri memiliki nama National Bolivarian Armed Forces yang dikontrol langsung oleh presiden dan pemimpin dewan pertahanan. Selain menjaga keaman negara, organisasi ini juga memiliki tugas penting untuk melindungi negara dari perdagangan narkoba, melakukan pertolongan kepada warga yang tertimpa musibah atau bencana alam, dan tugas mulia lainnya.

[AdSense-A]

Baca juga :

5. Colombia

Kita sering menemukan nama yang agak berbeda yaitu “Columbia” dalam berbagai film yang kita tonton, dengan maskot terkenal wanita pemegang obor yang menjadi icon terkenal Columbia. Namun siapa sangka selain adanya prodsen film-film terkenal yang ada di sana, negara ini juga bisa dikatakan memiliki armada militer ynag  memiliki anggota yang cukup banyak. Anggota yang banyak tadi dipasangkan dengan berbagai senjata yang sangat canggih, yang diimpor dari Amerika Serikat sendiri.

4. Peru

Negara yang memiliki ibukota seperti nama angka dalam bahasa kita ini memiliki kemiliteran yang tergabung dalam organisasi Peruvian Army. Peruvian Army sendiri berisi komponen-komponen penting dari kemiliteran yang mengisi sektor air, darat, dan udara. Meskipun begitu, kepolisian di Peru ternyata juga masuk ke dalam Peruvian Army. Sektor udaranya terkenal unggul karena cakap dalam penggunaan pesawat canggih berjenis Mig-29 yang dimilikinya. Selain itu, tentara dalam Peruvian Armed Force sendiri juga sudah mencapai 140 ribu orang. Sangat banyak, bukan?

3. Argentina

Pada posisi top three sendiri kita isi dengan 3 negara yang cukup kuat yaitu Argentina, Mexico, dan Brazil. Tentara negara Argentina sendiri memiliki sejarah yang cukup menarik dari tahun 1955 sampai dengan 1990. Saat ini pun, masih banyak ditemukan peristiwa menarik seperti menjaga perjanjian damai di Antartika sebagai wakil dari Amerika.

Baca juga :

2. Mexico

Selanjutnya adalah negara Mexico, yang sempat bersitegang dengan presiden Amerika saat ini, karena tuduhan-tuduhan jelek yang diarahkan kepada rakyat meksiko yang dikatakan memiliki tingkat kejahatan lebih tinggi dari ras lainnya, dan sebagai penyebab kenapa kriminalitas di Amerika cukup tinggi. Namun terlepas dari tuduhan tersebut, Mexico memiliki angkatan militer yang kuat. Dengan logo berupa burung garuda yang sedang memburu ular, kemiliteran Mexico terbagi dari dua entitas besar, yaitu tentara Mexico, dan Angkatan Laut Mexico. Selain itu juga terdapat tentara untuk sektor udara, namun jumlahnya sedikit. [AdSense-C]

1. Brazil

Pada daftar terakhir sekaligus penempat posisi pertama dalam daftar militer terkuat di Amerika Selatan,da negara Brazil. Kemiliteran Brazil juga terkadang ikut serta dalam membantu Amerika, bila diperlukan. Dengan jumlah populasi negara yang sangat banyak jumlahnya ( bahkan menempati posisi nomor 1 di indeks), bisa dipastikan jumlah tentara dalam kemiliteran Brazil ini amatlah banyak. Oleh karena itu, kemiliteran Brazil tidak bisa begitu saja dianggap enteng.

Itulah beberapa negara yang bisa kita rangkum ke dalam daftar 10 negara yang memeliki militer terkuat di Amerika Selatan. Kita patut bersyukur, negara kita sudah memiliki armada militer yang sangat kuat, untuk melindungi kita. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menghormati mereka yang amat berjasa pada hidup kita, bukan malah mencemooh mereka. Mari kita tanamkan cinta tanah air, dengan dimulai dari langkah yang kecil.

Simak Artikel Hukamnas.com lainnya: