Sponsors Link

15 Militer Terkuat di Amerika Latin Paling Ditakuti Negara Lain

Sponsors Link

Keamanan negara harus menjadi sebuah hal yang patut dijamin tetap baik untuk kepentingan rakyat. Berbagai upaya dilakukan untuk memperkokoh pertahanan suatu negara agar tidak mudah dijatuhkan oleh bangsa lain. Salah satu caranya adalah mengembangkan kemiliteran, mengimprove atau meningkatkan bidang tersebut dengan melakukan peningkatan di bidang teknologi dan sumber daya manusia.

ads

Dengan terpilihnya Trump menjadi presiden Amerika, ada desas desus bahwa ia akan melakukan perlawanan terhadap beberapa negara, seperti meksiko misalnya. Perlawanan ini menimbulkan ketidak setujuan dari beberapa negara bagian Amerika Latin, contohnya Venezuela yang amat mengecam tindakan tersebut. Nah untuk mencegah langkah selanjutnya yang mungkin akan dilakukan oleh Trump, ataupun ada tindakan-tindakan lain yang mengancam negara secara eksternal, negara-negara di dunia termasuk Amerika Latin terus memperkuat armada militernya. Berikut, negara-negara di Amerika Latin yang memiliki militer terkuat.

Baca juga :

10. Haiti

Negara ini cukup mengundang simpati kita, karena di negara ini kemiskinan bisa ditemukan di mana-mana. Dengan kemiskinan yang ada, Haiti pasrah kepada perlindungan PBB untuk melindungi negara mereka. Namun ada juga masyarakat yang berkelilng untuk menjaa ketertiban saja, layaknya polisi. Namun untuk bidang kemiliteran, Haiti nampaknya masih dalam keadaan terpuruk, yang mana ia tidak memiliki gerakan nasionalis apapun untuk melindungi negaranya. Namun dengan perlindungan PBB, keamanan negara Haiti bisa dijamin.

9. Guatemala

Dengan berpopulasi sebesar 16 juta orang di negaranya, Guatemala juga mengembangkan angkatan militernya yang tergabung dalam beberapa organisasi seperti Angkatan Darat, Laut, dan Udara serta satu organisasi lagi yang bernama Penjaga Kehormatan Presiden. Organisasi yang terakhir lebih berfokus pada keamanan presiden, bukan rakyatnya. Jadi mereka seperti pihak yang bertanggung jawab atas keamanan presiden.Ketiga sektor lainnya juga bekerja dengan bersinergi, jadi mereka bisa membuat negara Guatemala tetap aman dari serangan.

8. Ecuador

Selanjutnya ada negara Ekuador yang jumlah penduduknya tidak lebih banyak dari negara Guatemala. Ecuador sendiri tergolong negara yang amat kecil bila dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Namun, hal tersebut bukanlah alasan Ecuador tidak dimasukkan dalam daftar militer terkuat di Amerika Latin. Seperti halnya negara-negara lain, kemiliteran Ecuador dibagi ke dalam 3 sektor utama. Namun yang menarik perhatian di sini adalah Ecuadorian Air Force yang mana memiliki gudang yang berisi pesawat-pesawat yang cukup canggih.

Sponsors Link

7. Panama

Ada hal unik yang patut digaris bawahi di sini, meskipun Panama tidak memiliki angkatan kemiliteran satu pun untuk melindungi negaranya, karena rasa trauma masyarakat terhadap kekejaman militer jaman terdahulu, namun Panama masih memiliki angkatan bersenjata yang cukup kuat bernama Panamanian Public Forces. Seperti halnya petugas pertahanan negara, PPF melindungi rakyat dari gangguan yang ditujukan pada negara, sama halnya dengan angkatan bersenjata di dunia lainya. PPF memiliki unsur “Public” di dalamnya, agar masyarakat bisa lebih tertarik karena organisasi ini bertujuan untuk mendukung masyarakat / publik.

Baca juga :

6. Puerto Rico

Di nomor 6 pda daftar militer terkuat di dunia, kita bisa menemukan negara Puerto Rico. Puerto Rico adalah negara yang memiliki peran utama dalam pembentukan National Guards of United State, yang mana disokong oleh organisasi asal Puerto Rico yaitu Commonwealth of of Puerto Rico dan juga organisasi asal Colombia, District of Colombia. Tentara ini melayani 50 negara bagian lainnya yang termasuk dalam daftar.

ads

5. Paraguay

Selanjutnya pada tempat ke lima ada negara Paraguay yang memiliki tentara nasionalnya yaitu Paraguayan Army, yanag ma pernah terjun ke dalam beberapa perang seperti perang tiga aliansi dan perang chaco. Paraguayan Army sendiri dibagi menjadi sembilan divisi dan tiga korps yang mana tergabung dalam sebuah organisasi yang jumlah anggotanya amatlah banyak. Saking kuatnya, Paraguay pernah mengirimkan tentaranya untuk membantu memadamkan perang-perang kecil di negara-negara tetangganya.

4. Honduras

Dalam daftar militer terkuat di amerika latin di nomor empat, ada negara Honduras yang memiliki armada yang cukup kuat. Tergabung di dalam satu nama angkatan militer honduras, ketiga divisi yaitu Honduran army, Honduran Air Forces, dan Honduran Navy menjaga negara dengan segala kekuatan yang ada. Negara Honduras memili armada angkatan udara yang sangat efektif karena didukung oleh lokasinya juga sehingga mereka bisa membangun berbagai base pada tempat-tempat yang dianggap strategis.

Baca juga :

3. Dominican Republic

Dominican Republic atau Republik Dominika memiliki angkatan militer yang cukup banyak, berisi tiga divisi yaitu darat, laut dan udara. Segi angkatan data sendiri memiliki jumlah armada dua kali lipat banyaknya dari divis lainnya. Terdapat 40.000 personel aktif di dalamnya. Pada gudang angkatan udara, terdapat beberapa pesawat yang canggih yang mana langsung dikirim dari Amerika. Tentunya, pesawat-pesawat tersebut memiliki teknologi yang terus dikembangkan hingga saat ini. Lalu untuk persenjataannya, Dominica memiliki beragam jenis senjata yang dibilang cukup mumpuni untuk era saat ini. Kebanyakan senjata tersebut berasal dari Amerika, namun juga terdapat beberapa senjata yang dikirim dari berbagai negara di Eropa.

2. Bolivia

Pada tempat kedua ada negara Bolivia yang dilengkapi dengan angkatan militernya bernama Miltary of Bolivia. Dapat ditemukan tiga sektor di sini yaitu Bolivian Army, Navy, dan Air Force, sama seperti negara-negara lainnya. Persenjataan pada tentara Bolivia bisa diblang cukup lengkap, apalagi dengan pembagian tentaranya hingga 9 divisi dan juga peralatan militer yang canggih yang bisa sangat membantu para tentara Bolivia. Dengan terintegrasinya ketiga sektor tersebut, negara Bolivia bisa dipastikan aman untuk berapa tahun ke depan. 

Sponsors Link

1. Cuba

Di tempat pertama pada daftar militer terkuat di Amerika Latin, negara yang amat lekat dengan film The Godfather ini memiliki armada kemiliteran yang bisa dibilang cukup kuat. Angkatan bersenjata di Cuba tergabung dalam Angkatan Bersenjata Revolusioner Cuba, atau bisa disebut dengan nama spanyolnya yaitu Fuerzas Armadas Revolucionarias. Pembagian sektor dalam ABRC ini juga seperti armada militer lainnya yang membagi armadanya menjadi 3 sektor, udara, laut, dan udara. Selain ketiga sektor tersebut, ARBC juga mengandung beberapa organisasi kemiliteran seperti Tentara Buruh Muda dan Brigade Pertahanan dan Produksi.

Itulah beberapa negara yang terangkum dalam militer terkuat di Amerika Latin. Semoga informasi tadi bisa berguna untuk menambah pengetahuan anda seputar Hukamnas di dunia.

Simak Artikel Hukamnas.com lainnya:

, ,
Post Date: Wednesday 18th, October 2017 / 08:21 Oleh :
Kategori : Militer