Sponsors Link

Inilah Macam Macam Pelanggaran Hukum Internasional yang Gak Banyak Diketahui

Sponsors Link

HAM merupakan singkatan dari Hak Asasi Manusia yang artinya adalah hak seseorang dimulai pada saat ia dilahirkan, bersekolah, hingga bekerja dan setelah mencapai usia tua sampai akhir hayat. Setiap manusia harus diperlakukan secara adil mengenai hak-hak pokok miliknya, tidak boleh ada pembedaan antara satu dengan lainnya.

ads

Lalu, apa yang dimaksud pelanggaran Hak Asasi Manusia ? Pada prakteknya sering terjadi berbagai macam pelanggaran HAM atau pengurangan maupun pemusnahan HAM seseorang bahkan dari skala internasional. Macam macam pelanggaran hukum internasional diberbagai belahan dunia contohnya adalah sebagai berikut.

1. Persengketaan Antara Israel dengan Palestina

Persengketaan antara pihak Israel dengan Palestina merupakan salah satu macam pelanggaran hukum internasional yang terjadi di dunia. Perselisihan antara kedua pihak ini telah menjadi contoh pelanggaran norma sosial dan menimbulkan dampak kerugian yang sangat besar di pihak Palestina. Meskipun mengklaim bahwa ada perbedaan ideologi pemerintahan, tetapi Israel sebenarnya tidak punya hak untuk melakukan kejahatan yang hampir mendekati genosida tersebut. Israel telah melakukan berbagai contoh kasus kekerasan terhadap perempuan, anak-anak, hingga relawan yang melakukan tindakan kemanusiaan.

Penyerangan yang dilakukan oleh Israel ini telah dikutuk oleh dunia karena menimbulkan korban orang tidak bersalah. Banyak orang yang dihukum mati dengan berbagai cara dan alasan. Tindakan yang dilakukan oleh Israel sendiri mendapatkan bantuan dari negara Amerika Serikat. Bukan hanya melakukan kejahatan perang yang fenomenal, Israel bahkan memerangi pers dan tenaga medis yang dilindungi PBB.

2. Konflik Antara Oposisi dengan Pemerintah Mesir

Bentrokan ini terjadi antara Pemerintahan Hosni Mubarak dengan pihak oposisi yang disebabkan karena mereka tidak puas dengan kinerjanya. Hosni Mubarak yang telah memerintah selama 4 dekade tersebut dikepung oleh rakyatnya sendiri dengan tuntutan dirinya untuk mundur. Ia dianggap telah melakukan pelanggaran terhadap hak warga negara atas berbagai keputusan serta kebijakan melanggar HAM.

Masyarakat Mesir sendiri terbagi menjadi dua kelompok ada yang menilainya sebagai pemimpin dengan kinerja baik, tetapi pihak lain menganggap sebaliknya. Konflik ini menimbulkan banyak sekali korban nyawa yang terjadi karena bentrokan Pemerintah dengan pihak oposisi. Tentunya hal ini merupakan salah satu contoh pelanggaran konstitusi.

3. Kasus Politik Apertheid di Afrika Selatan

Salah satu lagi macam pelanggaran hukum internasional yang terjadi di dunia adalah kasus apartheid Afrika Selatan. Pada negara yang terletak di ujung selatan benua Afrika ini terjadi pelanggaran HAM yang menimbulkan korban jiwa. Bahkan ada juga pengingkaran warga negara yang menyebabkan konflik meruncing.

Contoh pelanggaran HAM di masyarakat yang terjadi di negara Afrika Selatan ini dikarenakan perbedaan antara warna kulit hitam dan putih. Orang-orang dengan kulit hitam diintimidasi dengan berbagai kebijakan yang merugikan mereka tetapi menguntungkan kulit putih.

4. Rezim Benito Mussolini Saat Berkuasa di Italia

Salah satu pemimpin otoriter yang ada di Italia adalah Benito Mussolini, pria ini menjadikan negara Italia memiliki faham fasis dan ikut ke perang dunia melawan sekutu. Mussolini dikenal sebagai orang yang tidak segan-segan untuk membunuh lawannya. Jadi, dalam rezin Benito Mussolini ditemukan berbagai pelanggaran hak terhadap warga negara.

Kekejaman yang dilakukan oleh penguasa Italia selama 19 tahun ini telah memakan banyak korban jiwa. Mussolini memerintah negara Italia mulai tahun 1924 hingga 1943 termasuk cukup lama untuk seorang pemimpin. Selama memimpin, ia telah melakukan banyak contoh pelanggaran HAM di lingkungan bangsa dan negara yang menyebabkan berjatuhannya korban jiwa.

Sponsors Link

5. Adolf Hitler di Jerman

Penguasa yang satu ini memiliki catatan sejarah sebagai pembasmi orang-orang yahudi. Kejahatan yang dilakukannya ini menyebabkan banyak sekali orang yahudi meninggal dunia. Bahkan contoh pelanggaran HAM di keluarga juga terjadi dimana satu keluarga ditahan dan dinyatakan tidak kembali atau hilang.

Perilaku Hitler ini merupakan salah satu macam pelanggaran hukum internasional yang berdampak besar. Pemimpin nazi ini juga dikenal sebagai salah satu orang yang menyebabkan terjadinya perang dunia 2. Banyak dilakukan pembantaian serta pengeboman yang mengancam jiwa manusia.

6. Pembantaian Muslim Bosnia

Salah satu contoh kasus pelanggaran HAM berat adalah tragedi kemanusiaan yang terjadi diantara tahun 1992 hingga 1995 di Bosnia. Pada saat itu terjadi pembunuhan terhadap 800 orang muslim yang bertempat tinggal di kota Srebenca.

Kota Srebenca sendiri memang warganya mayoritas beragama Islam, dan masih menggunakan hukum tradisional dan hukum adat. Kejadian pembantaian tersebut menyebabkan reaksi kutukan dari berbagai penjuru dunia. Dampaknya sangat besar yakni berupa kekacauan-kekacauan yang terjadi dan memperburuk situasi.

Berbagai macam pelanggaran hukum internasional tersebut menyebabkan banyak korban nyawa berjatuhan. Tentunya hal tersebut akan menimbulkan rasa trauma dan dampak psikologis yang buruk pada masyarakat. Cara untuk menghilangkan pelanggaran tersebut di masa depan adalah mempelajari jenis jenis hak asasi manusia dan belajar dari sejarah agar tidak terulang lagi.

, ,
Post Date: Wednesday 12th, December 2018 / 09:20 Oleh :
Kategori : Internasional