Sponsors Link

4 Latar Belakang Perang Afghanistan Di Tahun 2001

Sponsors Link

ads

Perang Afghanistan 2001 merupakan perang antara kelompok teroris Al-Qaeda melawan Amerika Serikat. Perang ini dimulai pada tahun 2001 dan masih terjadi hingga saat ini. Jumlah kekuatan yang dikerahkan dalam peran ini mencapai 120.000 militan dari kelompok teroris melawan 100.000 pasukan Afghanistan dan 130.000 pasukan NATO. Perang ini telah membawa dampak yang sangat krusial dan menbuat ratusan ribu nyawa rakyat sipil ikut menjadi korbannya sebagaimana latar belakang perang arab israel .

Sebelum perang Afghanistan 2001, sempat juga terjadi perang antara Soviet dan Afghanistan seperti latar belakang perang teluk . Dimana saat itu pihak Amerika ikut berperang dan membantu Afghanistan melawan Soviet. Perang ini kemudian dianggap sebagai sebuah perang yang sia-sia bagi Soviet dan merupakan cikal bakal dari keruntuhan Soviet pada 1991. Dalam artikel ini topik yang akan dibahas ialah mengenai latar belakang dari perang afghanistan 2001. Agar lebih memahaminya maka silahkan menyimak 4 latar belakang perang Afghanistan di tahun 2001 .

1. Serangan Ke Menara WTC Amerika Serikat 11 September

Pada 11 September 2001 dunia dihebohkan atas serangam terorisme yang membajak 4 pesawat jet penumpang. Para pembajak tersebut merupakan kelompol militan islam Al-Qaeda. Ini merupakan sebuah misi bunuh diri dimana para pembajak tetsebut sengaja menambrakkan dua pesawat ke menarat WTC ( World Trade Center) di New York City, kedua menara yang menjulang tersebut kemudian runtih dalam kurin waktu dua jam. Selain itu juga para pembajakpun menabrakkan  pesawat ketiga ke Pentagon, Arlington di Virginia. Pesawat keempat yang harusnya menabrak Washington DC, karena seorang penumpang berusaha mengambil alir penerbangan United Airlines Penerbangan 93 pesawat ini kemudian jatuh di dekat lapangan Shanksville Penyslavia dan gagal mencapai tujuannya.

Dalam peristiwa ini, jumlah korban tewas mencapai 3.000 orang dan merupakan serangan teroris paling dasyat sepanjang sejarah dunia. Insiden ini juga kemudian mengentakkan pihak Amerika. Usai perang dunia 1, 2 dan perang dingin usai ternyata mereka harus menghadapai serangan yang tak diduga-duga. Insiden ini juga merupakan pukulan berat bagi Amerikan selaku negara Adidaya yang ternyata masih bisa kecolongan oleh serangan terorisme yang  bahkan tak dapat diprediksi sama sekali. Simak juga latar belakang perang korea , kekejaman perang vietnam paling mengerikan , kronologi kejadian yang mengakhiri perang vietnam dan fakta perang vietnam yang tak diketahui publik .

Serangan ini merupakan pukulan telak bagi Amerika Serikat. 11 September 2011 merupakan hari paling kelam bagi seluruh bangsa Amerika. Hari itu, merupakan hari paling sibuk dan mencekam. Teror WTC benar-benar memberikan dampak besar bagi semua negara-negara besar untuk memperkuat kemanan dalam negeri mereka. Sebagaiman telah direncanakan serangan ini sukses membuat Amerika Serikat tidak berdaya. Berbagai spekulasi muncul siapa yang menjadi aktor utama dari serangan ini. Nama Al Qaeda kemudian dikaitkan dengan insiden ini. Setelah serangan 11 September dibutuhkan hampir 2 tahun untuk memperbaiki kembali gedung WTC dan sekitarnya, 1 tahun penuh untuk mengembalikan Pentagon. Serta dibutuhkan waktu seumur hidup bagi para korban yang selamat untuk melepaskan traumanya pasca serangan terjadi.

Sponsors Link

2. Perang Melawan Terorisme

Pasca serangan 11 September ini, membawa dampak yang findamental terhadap kancah perpolitikan internasional. Bagi Amerika Serikat sendiri ini menjadi Shock Therapy yang benar-benar menguji supremasi sebagai negara Adidaya. Dengan insiden ini kemudaon membawa dampak tersendiri akan adanya sebuah bentik respon “Perang melawan Terorisme”. Banyak negara yang kemudian langsung bergerak dan mengembangkan dan memperluas perlindungan terhadap adanya serangan terorisme.Bagaimanapun juga insiden 11 september memberikan dampak bahwa ancaman non tradisional harus ditangani secara serius.

Apalagi berdasarkan data korban serangan 11 September ini terorisme berpotensi pada penyerangan massal yang membahayakan kehidupan manusia. Banyak korban yang merupakan masyarakat sipil menjadi sebuah pukulan bagi setipa negara untuk meningkatkan perlindungan terhadap semua warna negaranya atas serangan terorisme yang mungkin akan kian marak terjadi. Insiden ini bisa menjadi pemicu bagi bangkitnya kembali organisasi terorisme yang akan lebih berani dan scara terang-terangan melakukan teror di hadapan publik. Simak juga penyebab perang bosnia serbia , penyebab perang baratayuda , latar belakang perang asia pasifik .

Terorisme merupakan sebuah sikap dan bentuk tindakan teror yang dilandasi oleh sikap ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintahan yang ada. Namun, implikasi dari tindakan teror ini kemudoan membuat rakyat sipil menjadi tujuan dan target teror. Pasca insiden ini maka kekuatan terorisme dunia tidak lagi dinggap remeh dan dipandang sebelah mata. Karena bagaimanapun insiden 11 September membuka oeluang bagi para kelompok teroris untuk dapat melakukan serangan yang lebih besar dengan dampak yang lebih hebat lagi.

3. Penggulingan Gerakan Taliban

Aktor serangan yang mendalangi teror 11 September sudah dipastikan ialah Al-Qaeda yang merupakan organisasi yang dipimpin oleh Ossama Bin Laden. Namun, untuk dapat menemukan markas Al-Qaeda yang berbasis di Afghanistan, Tentara Nato di halangi oleh kelompok Taliban yang berusaha melindungi kelompok Al-Qaeda. Karena itulah kemudian pasukan NATO menyerang Afghanistan dan berusaha menghancurkan pasukan militan taliban.  Kelompok Taliban sendiri pada awalnya berdiki karena mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan Pakistan. Somak juga latar belakang perang salib , tokoh perang korea dan latar belakang perang teluk 1.  

Sponsors Link

Kelompok Taliban sendiri mendapat kecaman dari pihak PBB. Mereka merupakan dalang dari kejahatan yang dilakukan terhadap warga Afghanistan dan Iran. Kelompok Taliban merupakan gerakan nasionalis islam sunni yang  secara efektif menguasai hampir seluruh wilayah Afghanistan sejak 1994-2001. Kelompok ini sendiri banyak melakukan tindakan kejahatan dan pelanggaran HAM di Afghanistan. Sejak insiden WTC tentara Amerika langsung melakukan Invasi sehingga kelompok Taliban langsung meninggalkan Ibukota Afghanistan. Namun, pada faktanya hingga kini kelompok Taliban masih aktif dan makin menambah anggotanya.

4. Gerakan Terorisme Al-Qaeda

Al Qaeda dianggap sebagai dalang dari serangan WTC yang terjadi pada 11 September 2001. Al Qaeda merupakan organisasi paramiliter fundamentalis islam sunni yang salah satu tujuan utamanya adalah mengutangi pengaruh luar terhadap kepentingan islam. Al Qaeda sendiri merupakan tergolong organisasi teroris internasillonal oleh Amerika, Uni Eropa, PBB dan negara lain. Pada awalnya Al Qaeda didirikan oleh Osama Bin Laden, Abdullah Azzam dan beberapa Sukarelawan Arab lainnya dengan tujuan untuk menggalang kekuatan dalam mengusir Uni Soviet dari Afghanistan.

Meskipun pada awalnya tidak mengakui terlibat dalam serang 12 September 2001. Namun, secara menegejutkan pada 2004 Ossama Bin Laden yang awalnya menolak terlibat kemudian mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Ia menyatakan bahwa alasan dibalik serangan tersebut adalah dukungan Amerika Serikat Terhadap Israel, keberadaan tentara Amerika Serikat di Arab Saudi dan sanksi terhadap Irak. Amerika Serikat kemudin merespon pernyataan ini dengan melakukan perang terhadap teror dan melancarkan serangan ke Afghanistan dan menggulungkan kelompok Taliban yang berusaha melindungi Al-Qaeda.

Itulah, 4 latar belakang perang Afghanistan di tahun 2001, tentunya ini merupakan sebuah oerang yang melibatkan kekuatan besar dan persenjataan yang lengkap. Perang ini juga menjadi sebuah tragedi di era milenial karena tepat terjadi pada tahun 2000 an. Perang terbuka di Afghanistan di klaim merupakan perang dalam rangka melawan terorisme. Entah apapun dibaliknya yang pasti perang adalah perang yang selalu membawa dampak yang merugikan. Semoga artikel ini dapat membantu.

, , , , ,
Post Date: Monday 19th, March 2018 / 07:02 Oleh :
Kategori : Internasional