Sponsors Link

4 Kronologi Perang Vietnam Paling Memilukan

Sponsors Link

ads

Perang Vietnam merupakan bagian dari perang dingin yang terjadi antara Blok Barat (Amerika Serikat) melawan Blok Timur (Uni Soviet). Perang ini disebut juga sebagai perang indocina kedua. Dimana perang yang terjadi melibatkan Vietnam Utara (Demokratik Vietnam )yang didukung oleh Uni Soviet dan Vietnam Selatan (Republik Vietnam) yang didukung oleh Amerika Serikat,Korea Selatan, Philipina, Australia Thailand dan Selandia Baru tidak jauh berbeda dengan penyebab perang baratayuda .

Perang ini terjadi dalam durasi waktu yang cukup lama yakni sejak tahun 1955-1975. Perang Vietnam menjadi salah satu tragedi kemanusiaan yang memakan banyak korban dan juga peristiwa sejarah yang amat memilukan seperti juga latar belakang perang  bosnia serbia . Perang yang berkecamuk sejak 1 November 1955 – 30 April 1975atau selama hampir 19 Tahun 5 Bulan 4 Minggi dan satu hari. Merupakan perang yang melibatkan kekuatan besar, perang ini merupakan imbas dari adanya perang dingin yang terjadi di negara Eropa.

Dimana persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang begitu sengit agar bisa menjadi ngara terkuat dan adidaya sebagaimana latar belakang perang asia pasifik  . Amerika dan Soviet sendiri merupakan negara besar yang terlibat perang dingin sebagai akibat perang dunia 1 namun  tidak secara langsung. Sehingga mereka kemudian menanamkan pengaruhnya kepenjuru dunia. Secara lebih jelas, dalam artikel ini akan dipaparkan 4 kronologi perang vietnam sebagai tragedi paling memilukan. Simak selengkapnya.

1. Latar Belakang Perang

Vietnam merupakam negara jajahan Prancis pada abad ke-19 . Hal ini disebabkan oleh perang Indochina yang dilakukan oleh Prancis sejak tahun 1840-an. Sebagaimana negara jajahan lain, rakyat Vietnam juga sangat menginginkan kemerdekaan. Maka hal inilah yang kemudian memunculkan banyaknya pemberontakan yang terjadi. Pemberontakan tersebut dilakukan oleh para kelompok-kelompok nasionalis Vietnam. Perundingan versailles yang terjadi pada tahun 1919, ternyata tidak juga mengabulkan keinginan Ho Chi Minh agar Vietnam dapat meredeka sepenuhnya. Pada akhirnya Vietnam masih tetap menjadi wilayah jajahan Prancis.

Sponsors Link

2. Pembentukan Viet Nam Doc Lap Dong Minh atau Viet Minh

Viet Nam Doc Lap Dong Minh atau Viet Minh merupakan sebuah gerakan yang didirikan oleh Ho Chi Minh yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai liga untuk kemerdekaan Vietnam. Viet Minh didirikan pada tahun 1941 yang berisi para nasionalis Vietnam dan kelompok Komunis yang mendukung kemerdekaan Vietnam melawan Prancis. Dengan beberapa dukungan akhirnya kelompok Viet Minh berhasil mengusir Prancis. Namun kemudian pada saat perang dunia II Vietnam kembali jatuh ke tangan penjajahan. Simak juga negara yang terlibat perang dunia 2 .

Selama perang dunia II Vietnam dikuasai Jepang. Saat perang dunia II Jepang menarik pasukannya pada tahun 1945. Kemudian pada 2 September 1945 Ho Chi Minh mendeklarasikan Kemerdekaan republik Demokrasi Vietnam. Kemudian ia juga menjadi presiden pertama dari negara Demokrasi Vietnam yang baru merdeka. Hal ersebut tidak berlangsung lama, karena Prancis kemudian berhasil menyerang kembali Vietnam Selatan.

Pihak Prancis kemudian mengajak berunding bersama Pihak Komunis Vietnam. Namun, perundingan tersebut gagal sehingga Prancis kemudian Prancis menyerang kota Haiphong. Dalam penyerangan ini menewaskan ribuan penduduk sipil. Karena hal tersebut kemudian kelompok Viet Minh menyerang Prancis. Sebagai balasan atas serangan tersebut. Serangan tersebut terjadi pada tanggal 19 Desember 1945. Di kota Hanoi dan perang inilah yang kemudian menandai dimulainya perang Indocina. Simak juga sebab umum dan khusus perang dunia 1 .

3. Perang Saudara Pecah

Kekalahan besar yang dialami Prancis pada tahun 1954 di Dien Bien Phu menyebabkan perundingan damaipin digelar. Dalam perjanjian Jenewa menghasilkan beberapa keputusan salah satunya yakni adanya pembagian 2 wilayah Vietnam yakni wilayah Vietnam Utara yang dipimpin oleh Ho Chi Minh dan wilayah Vietnam Selatan dikuasai oleh Kaisar Bao Dai. Ho Chi Minh kemudian menentang adanya pemisahan wilayah tersebut.

Menurutnya pemisahan wilayah tersebut malah justru dapat menghalagi penyatuan Vietnam keseluruhan. Sehingga kemudian perang saudarapun tidak dapat terhindarkan. Pihak Vietnam Utara mendapat dukungan dari Uni soviet karena memang pihak ini mayoritas menganut paham komunisme yang berhasil disebarkan oleh Uni Soviet. Sedangkan pihak Vietnam Selatan mendapatkan dukungan dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Sponsors Link

4. Terjadinya Perang

Dua kubu yang saling berperang mengerahkan hampir seluruh kekuatannya. Pihak Vietnam Utara yang mendapat dukungan dari Uni Soviet dan sekutunya dengan total kekuatan sebanyak 461.000 . Sedangkan Vietnam Selatan yang didukung Amerika Serikat memiliki total kekuatan 1.830.000. Perang yang terjadi hampir selama 20 tahun membawa dampak bagi jatuhnya korban jiwa yakni sebanyak 510,114-1.166.114 korban jiwa meninggal, dan 604.200 korban luka-luka dari pihak Vietnam utara. Sedangkan pihak Vietnam Selatan Jumlah Korban yang Jatuh ialah sebanyak 469.668-807.311 korban tewas serta korban luka-luka berkisar antara 1.340.000.Jumlah korban jiwa yang jatuh tidak lain disebabkan oleh lamanya waktu perang serta penggunaan berbagai senjata yang mematikan sebagai sebab khusus perang dunia 2 .

Selain penggunaan senjata modern yang memang dimiliki oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini Viatnam Selatan yang didukung Amerika Serikat yang notabene merupakan negara yang memiliki kemajuan persenjataan militer. Dan pihak Utara yang didukung Uni Soviet yang tidak kalah dalam kepemilikan persenjataan militer yang canggih dan memiliki daya mematikan massal. Pihak Vietnam Selatanpun menggunakan beberapa Jebakan yang akhirnya mampu membuat Amerika Serikat meninggalkan Vietnam. Berikut beberapa jebakan yang digunakan beserta gambarannya.

  • Ranjau

Selama masa perang Vietnam, hampir seluruh wilayah ditanami ranjau. Senjata ini merupakan jebakan yang mematikan dan telah berhasil menewaskan banyak korban termasuk juga penduduk sipil. Area yang sering ditanami ranjau ialah jalan setapak, hutan rimba dan areal persawahan.

  • Bola Paku

Jebakan ini biasanya digunakan di dalam hutan rimba yang gelap gulita. Saat lawan masuk kedalam areal maka bola akn dijatuhkan dari atas pohon. Sudah pasti efeknya akan menyakitkan sekaligus mematikan. Karena bola yang dijatuhkan tadi merupakan bola besi yang dikelilingi paku tajam.

  • Cengkraman Maut

Melihat gambarnya saja akan membuat anda bergidik. Karena siapapun yang jatuh dalam jebakan ini maka pasti seluruh tubuhnya akan menimpa besi tajam. Hasil akhirnya adalah kecacatan atau fatalnya ialah kematian.

  • Kayu Bertanduk

Hampir sama dengan bola paku, senjata ini juga digunakan sebagai jebakan yang dilemparkan kearah lawan. Maka tentu saja bagian tajam yang mengelilingi kayu akan mengujam bagian tubuh yang terkena.

  • Liang Jebakan

Hampit sama dengan cengkraman maut. Cara kerja jebakan inipun hampir mirip. Namun, dipastikan siapapun yang jatuh didalamnya tidak akan mampu keluar karena akan tertusuk besi tajam, kemudian kehabisan darah lalu mati.

  • Perangkap Kaki

Perangkap ini akan membuat kita kehilangan salah satu kaki jika sampai menginjaknya. Sehingga tentunya, sudah banyak tentara masa itu yang mengalami nasib naas karena terkena jebakan ini.

Itulah tadi, 4 kronologi perang vietnam paling memilukan. Semoga hal ini hanya akan menjadi sebuah sejarah yang tidak akan pernah lagi terulang. Benar-benar sangat mengerikan dan tidak dapat terbayangkan. Tentunya karena perdamaian telah dicapai maka sebagai generasi era modern kita harus dapat mempertahankannya dan jangan mudah terpancing dengan isu yang dapat memecah belah persatuan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Sunday 11th, March 2018 / 08:06 Oleh :
Kategori : Hukum