Sponsors Link

7 Koruptor Terbesar Di Dunia Sepanjang Sejarah

Sponsors Link

Koruptor berasal dari dua kata yakni korup dan tor. Korup artinya berkenaan dengan suka menerima suap, memanfaatkan jabatan untuk mengeruk keuntungan secara tidak sah sebagai penyebab korupai menurut para ahli . Tor sebagai tambahan pada kata untuk melambangkan pelaku. Sehingga dapat diartikan bahwa Koruptor adalah pelaku korupsi (oknum), orang yang suka melakukan korupsi (penyelewengan kekayaan negara). Koruptor merupakan sebutan bagi mereka yang melakukan tindak kejahatan korupsi.

ads

Di Indonesia sendiri korupsi menjadi salah satu bentuk kejahatan yang paling diperangi. Sebab akhir-akhir ini kita selalu saja disuguhkan oleh kabar mengenai tertangkapnya banyak koruptor kelas kakap sebagai salah satu penyebab tindak kriminal di imdonesia . Mereka tidak segan-segan dan malu-malu lagi mencuri uang rakyat dalam jumlah yang relatif besar dan memggunakannya untuk kepentingan pribadi. Beberapa kasus bahkan cukup menghebohkan sebab hampir melibatkan banyak pihak, mulai dari anggota dewan, para penggurus parpol dan juga tokoh-tokoh penting.

Lalu, apakah korupsi hanya terjadi di Indonesia saja, tentunya korupsi menjadi permasalahan krusial yang hampir dialami oleh beberapa negara. Bahkan beberapa negara menerapkan hukuman yang tegas untuk mengurangi jumlah koruptor yang kian merajalela sebagaimana tujuan hukuman mati . Beberapa kasus korupsi bahkan cukup mengangetkam dunia. Sebab pelakunya tidak segan-segan memperkaya diri dengan mencuri uang negara dalam jumlah besar. Berikut 7 Koruptor Terbesar Di Dunia sepanjang sejarah.

1. Jayalitha , India (907 Triliun)

Jayalitha adalah Gubernur nonaktif Tamil Nadu, Negara Bagian India. Walau terlihat kalem, wanita 67 tahun ini memiliki rekor mengejutkan seputar korupsi, sehingga pelbagai daftar media menempatkannya di puncak daftar 20 orang India terkorup. Tercatat 46 dakwaan korupsi terhadap dirinya, seperti kasus penipuan impor batu bara sebesar USD 70 juta (Rp 907 triliun), transaksi kasus aset yang tidak proporsional, dan kasus penggelapan dana penyiaran televisi sebagai penyebab tindak kriminal .

Seperti dilansir oleh Yahoo, negara telah menyita sebagian harta Jayalitha seperti perhiasan emas seberat 28 kg, 91 jam tangan mewah, 41 pendingin ruangan, 10.500 kain shari (kain khas orang India), 750 pasang sepatu , dll. Diketahui, dalam melakukan aksi korupsinya dia dibantu bersama mantan rekan kerjanya di kabinet maupun birokrat senior.

2. Teodoro Mbasogo, Giunea Khatulistiwa (6,7 Triliun)

Teodoro Obiang Nguema Mbasogo adalah pemimpin Republik Guinea Khatulistiwa, salah satu negara termiskin di dunia. Anehnya dia masuk jejeran salah satu kepala negara terkaya sejagat. Perkiraan kekayaan bersihnya hingga mencapai USD 600 juta atau setara Rp 77 triliun. Walaupun menjadi negara miskin, Guinea memiliki beberapa cadangan minyak terbesar di Afrika. Ironinya, mengapa negara itu masih terbelakang dan menjadi populasi termiskin di dunia?

Dikabarkan setoran para investor asing, seperti Exxon Mobil dan perusahaan minyak lainnya langsung masuk ke dalam kantong Obiang, seperti dilansir situs therichest.com. Diketahui Obiang di tahun 2003, sempat melantangkan perang terhadap korupsi, maka dari itu ia turut aktif langsung dalam mengawasi uang negara serta kas negara. Tapi parahnya hal tersebut hanya menjadi akal-akalan belaka, aksi pengawasan langsungnya malah menarik USD 500 juta (Rp 6,4 triliun) untuk disetorkan ke rekening pribadinya di Riggs Bank, Amerika Serikat.

Selain aksi korupnya sebagai pemimpin negara, Mbasogo kerap kali tidak mempedulikan isu sosial, seperti Hak Asasi Manusia, nepotisme, dan kecurangan dalam pemilu sebagaimana macam-macam hukum di indonesia .

Sponsors Link

3. Xu Caihou, China

CNN Money, mencatat beberapa koruptor kakap di tubuh militer yang sudah dicokok tim pemerintah China. Salah satunya adalah Jenderal Xu Caihou. Harta haram sang jenderal yang disita meliputi segepok uang tunai, tumpukan kotak perhiasan, patung emas 24 karat. Itu baru beberapa harta korupsinya yang disita oleh penyidik korupsi China. Dia terbuktimenerima sogokan supaya perwira cepat naik pangkat sebagaimana macam-macam hukum publik .

Xu tertangkap dengan barang bukti lebih dari satu ton uang tunai di rumahnya. Jenderal angkatan darat ini juga memiliki simpanan tersembunyi seperti permata. Saking banyaknya harta yang ditimbun oleh Xu, butuh seminggu untuk menghitung total korupsi yang dia lakukan. Pemerintah China mengerahkan 12 truk guna menyita uang sogokan Xu. Sayang, belum sempat diadili, sang jenderal korup meninggal akibat penyakit kanker kandung kemih pada 15 Maret 2015.

4. Soeharto, Indonesia (453 Triliun)

Soeharto merupakan presiden Indonesia dari tahun 1967 sampai 1998. Rezimnya dianggap paling korup pada abad ke-20. Dia dan keluarganya memiliki kendali atas perusahaan swasta dan badan amal. Soeharto mengundurkan diri setelah demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebagaimana sistem hukum yang berlaku di indonesia saat ini . Transparency International memperkirakan bahwa Soeharto telah menggelapkan 15-35 miliar dolar AS selama 32 tahun ia berkuasa.

Pada Desember 2010, Makhamah Agung Indonesia telah mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh 307 juta dolar AS dari salah satu badan amal yang didirikan oleh Soeharto. Namun diperkirakan, masih banyak sumber-sumber pemasukan keluarga Soeharto dari hasil perusahaan swasta dan kebijakan yang ia buat untuk memperkaya keluarga tersebut. Pada tanggal 27 Januari 2008, ia meninggal karena komplikasi dari lemahnya jantung pada usia 86 tahun.

5. Sani Abacha , Nigeria

Adalah kepala negara Nigeria pada tahun 1993-1998. Selama masa rezimnya, ia dan keluarganya dilaporkan telah mencuri lebih dari 5 miliar poundsterling dari dana pemerintah. Abacha meninggal pada tahun 1998 saat tinggal di vila di Abuja. Penyebabnya adalah serangan jantung mendadak, meski ada desas-desus yang menyatakan kalau ia diracuni. Pada Maret 2014, Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengungkapkan bahwa mereka telah membekukan 458 juta dolar AS yang diyakini telah diperoleh secara ilegal oleh Abacha dan kelompoknya.

Sponsors Link

6. Slobodan Milosevic, Serbia

Merupakan presiden Serbia dari tahun 1989-1997 dan presiden Republik Federal Yugoslavia dari tahun 1997-2000. Pada tahun 2001, ia ditangkap karena korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Milosevic diserahkan ke pengadilan kejahatan perang PBB di Den Haag di mana ia didakwa melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan penggunaan ilegal dana pemerintah senilai 2,1 miliar dolar AS sebagaimana macam-macam hukum positif . Ia meninggal sebelum persidangan berakhir.

7. Mobutu Sese Seko, Kongo 

Ia pernah menjabat sebagai presiden Republik Kongo dari tahun 1965-1997. Sementara ia berkuasa, ia mengubah nama Kongo menjadi Zaire pada tahun 1971. Selama rezim diktatornya, ia dikenal karena nepotisme, berbelanja ke Paris, dan menggelapkan dana pemerintah. Dilaporkan bahwa ia telah menggelapkan 4-15 miliar dolar AS.

Negara tersebut telah mengalami inflasi yang tinggi, hutang berlebihan, devaluasi mata uang. Pada tahun 1991, kerusahan dan masalah ekonomi menyebabkan ia berbagi kekuasaan dengan pemimpin oposisi tapi dia menggunakan tentara untuk mencegah perubahan tersebut. Pada bulan Mei 1997, ia dilempar dari kekuasaan oleh pasukan pemberontak. Ia meninggal di Maroko.

7 Koruptor Terbesar Di Dunia sepanjang sejarah. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber pengetahuN dan referensi. Serta semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Wednesday 18th, July 2018 / 05:23 Oleh :
Kategori : Internasional