Sponsors Link

Alasan Kenapa Israel Ingin Menguasai Palestina

Sponsors Link

Konflik israel dan Palestina menjadi salah satu konflik yang sudah berlangsung cukup lama. Sederhananya konflik ini merupakan penjabaran dari keinginanan antar dua negara yang bersebrangan. Dimana salah satu negara ingin menguasai negara lain dan yang satunya ingin mempertahankan wilayahnya. Sepanjang sejarah dan perjalanannya hubungan antara bangsa arab Palestina dan Yahudi bisa dikatakan cukup erat. Bahkan mulanya bangsa Arab juga memberikan tempat bagi bangsa Israel untuk tinggal di tanah Palestina. Sebelum akhirnya bangsa Israel merebut wilayah tersebut dan mengklaim merupakam bagian dari negaranya sebagaimana kekejaman israel terhadap wanita palestina .

ads

Sebagai sesama umat muslim dan masyarakat dunia, kita pastinya sudah penat melihat sorotan media ke kedua negara tersebut. Belum lagi jatuhnya korban dari pihak negara Palestina yang kebanyakan adalah kelompok masyarakat sipil yakni anak-anak dan wanita. Rasanya tentu ingin meminta keadilan kepada Allah SWT atas kodzoliman yang menimpa saudara kita tersebut. Namun, entah mengapa rakyat Palestina seperto diberi kekuatan atas perjuangan mereka yang mungkin saja akan terus berlanjut entah sampai kapan.

Konflik antar kedua negara ini bahkan kian meruncing dan semakin memanas apalagi dengan keikutcampuran pihak ketiga yakni Amerika Serikat yang merupakan sekutu Israel sebagaimana latar berlakang konflik israel dan palestina . Apalagi sejak klaim Israel atas Yerusalem yang kembali membuat api perjuangan rakyat Palestina berkobar. Setelah sebelumnya jalur Gaza menjadi prioritas penyerangan Tentara Zionis Israel. Dibalik itu semua akan selalu muncul pertanyaan Alasan Kenapa Israel Ingin Menguasai Palestina dan . Jawabanya akan coba kami rangkum dalam uraian berikut ini.

1. Yerusalem

Yerusalem merupakan salah satu kota tertua di dunia. Dalam bahasa arab Yerusalem berarti Al-Quds. Bagi umat Islam kota ini memiliki arti yang penting sebab disalah berdiri masjid Al-Aqsha yang merupakan tempat dimana nabi Muhammad melaksanakan perjalanan  Isra’ Mi’raj. Selain itu, masjid Al-Aqsha juga merupakan pusat kiblat pertama sebelum saat ini dipindahkan ke Kakbah Mekah. Yerusalem memiliki nilai penting dan sama pentingnya dengan kota Mekah dan Madinah sebagaimana masjid Al-Aqsha sama pentingnya dengan majidil Haram di Mekah dan masjid Nabawi di Madinah. Simak juga tujuan terjadinya perang dingin dan diktator paling kejam di dunia.

Tidak hanya itu, di Yerusalem terdapat lokasi dimana terdapat situs penting bagi ketiga agama yakni Islam , Kristen dan Yahudi. Selain masjidil Aqsha di Yerusalem juga terdapat situs penting bagi umat nasrani yakni Church of the Holy Sepulchre (Gereja Makam Kudus). Gereja ini merupakam situs bagi umat kristen yang paling suci di dunia. Gereja ini berdiri di tanah yang dipercaya oleh banyak orang Kristen sebagai tempat Yesus disalibkan dan makam tempatnya dikuburkan dan kemudian dibangkitkan.

Sedangkan situs yang paling penting bagi umat Yahudi adalah tembok Ratapan. Tembok Ratapan adalah tempat yang penting dan dianggap suci oleh orang Yahudi. Ini adalah sisa dinding Bait Suci di Yerusalem yang dibangun oleh Raja Herodes. Orang Yahudi percaya bahwa tembok ini tidak ikut hancur sebab di situlah berdiam “Shekhinah” (kehadiran ilahi). Jadi, berdoa di situ sama artinya dengan berdoa kepada Tuhan.

Ketiga situs suci ini berada di sebuah kawasan yang disebut Temple Mount (Bukit Bait), dalam Bahasa Ibrani disebut Har haBáyit. Sedangkan dalam Bahasa Arab disebut Haram esh-Sharif. Kompleks ini menjadi tempat yang disucikan oleh umat Islam, Yahudi, dan Kristen. Bagi umat Islam, di kompleks ini terdapat Masjid Al Aqsha (bangunan berkubah biru), Kubah Shakhrah (bangunan berkubah emas), dan berbagai situs lainnya.

Bagi umat Yahudi, sisa tembok dari Bait Suci yakni Tembok Ratapan adalah situs keagamaan yang sangat penting di Bukit Bait. Sehingga kemudian tidak heran jika Israek sangat menginginkan Kota Yerusalem sebagai Ibu Kota Mereka.  Bukit Bait sendiri adalah dataran tinggi di Kota Tua Yerusalem yang kaya dengan sejarah dan ritual agama. Dengan luas 144.000 meter persegi. Jadi Bukit Bait adalah situs penting bagi umat Yahudi, Muslim, dan Kristen.

Maka tidaklah mengherankan jika suara azan dari menara masjid, bunyi lonceng gereja, dan kidung-kidung Ibrani dari sinagoge, sering terdengar bersamaan di Yerusalem. Dari tempat-tempat itu, nama Tuhan yang Agung dan Suci dikumandangkan dalam berbagai bahasa dan dialek. Tapi bayangan surga hanya sedikit tampak di Yerusalem. Selebihnya, kota itu menyimpan pertikaian panjang dan berkarat, dari zaman para nabi hingga sekarang

2. Menyambut Kedatangan Mesiah

Dalam keyakinan Yudaisme, yang sesungguhnya telah bergeser jauh dari Taurat yang dibawa oleh Musa as, bangsa Yahudi yakin bahwa kelak seorang Messiah akan datang mengangkat derajat dan kedudukan bangsa Yahudi menjadi pemimpin dunia. Kehadiran Mesiah inilah yang menjadi inti dari semangat kaum Yahudi untuk memenuhi Tanah Palestina. Bagi zionis Yahudi, mereka menganggap Kuil Sulaiman harus sudah berdiri untuk menyambut kedatangan Messiah yang akan bertahta di atas singgasananya.

Ada satu syarat lagi menjelang hadirnya Messiah, yakni mereka harus menemukan dan menyembelih serta membakar seekor sapi betina berbulu merah berusia tiga tahun dan belum pernah melahirkan anak. Untuk yang satu ini pun kaum Zionis telah mempersiapkannya. Melalui suatu proses rekayasa genetika, di tahun 1997, mereka telah mendapatkan seekor sapi dengan ciri-ciri tersebut. Simak juga pasukan intel terhebat di dunia dan penyebab konflik libya.

Hanya saja, mereka terbentur satu persyaratan lagi, yakni penyembelihan dan pembakaran sapi merah ini harus dilakukan di atas kaki Bukit Zaitun. Masalahnya saat ini bukit Zaitun masih berada di tangan bangsa Palestina. Sebab itu, kaum Zionis selalu berupaya tanpa lelah mengusir orang-orang Palestina dari wilayah ini.

3. Ambisi Membangun Kuil Sulaiman

Kuil Sulaiman (Haikal Sulaiman) juga dikenal sebagai Beit HaMikdash (Kuil yang Suci). Pemilihan lokasi kuil ini dahulu dilakukan oleh Nabi Daud as yang saat itu beliau menunjuk puncak gunung Moriah (II Samuel 24:18-25). Kitab 1 Raja-raja 6-8 menggambarkan dengan detail bagaima-na anak Daud as, Raja Sulaiman, memba-ngun dan meresmikan Kuil. Walaupun hingga kini belum ada kejelasan pasti di mana lokasi Haikal Sulaiman berada, tapi sementara semua pakar arkeologi setuju bahwa bangunan itu berdiri di atas Gunung Moriah. Yahudi mengklaim di Al-Aqsa. Padahal tidak ada yang tahu pasti.

Itulah  Alasan Kenapa Israel Ingin Menguasai Palestina . Alasan tersebut hanyalah sebagian kecil dri berbagai hal yang mendasari perang yang terjadi antar kedua negara sebagaimana ciri-ciri perang dingin serta penyebab bom paris . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, June 2018 / 10:28 Oleh :
Kategori : Internasional