Sponsors Link

5 Kekejaman Perang Vietnam Paling Mengerikan dan Tak Terbayangkan

Sponsors Link
Kekejaman Perang Vietnam

Kekejaman Perang Vietnam

Perang Vietnam menjadi noda bagi pasukan militer Amerika Serikat. Euforia atas kemenangan perang dunia 2 ternyata tidak dapat menular pada kemenangan Amerika Serikat dalam perang Vietnam. Hal ini, dapat dilihat dari lamanya waktu perang terjadi yakni dari tahu 1955-1975 atau hampir 2 dasawarsa sebagaimana kronologi perang vietnam . Ini menunjukkan fakta bahwa betapa pasukan Amerika Serikat kewalahan dalam menghadapi tentara musuh yaitu pasukan Vietkong yang didukung oleh Uni Soviet sebagai dampak perang vietnam bagi vietnam dan dampak positif perang vietnam . Perang Vietnam juga merupakan sebuah perang yang penuh dengan tragedi kemanusiaan yang memilukan. Lamanya perang berlangsung juga membuat jumlah korban jiwa yang berjatuhan semakin banyak jumlahnya.

ads

Dilain hal perang Vietnam juga menyimpan fakta tersembunyi yang tak terbantahkan. Yakni kejahatan perang yang berupa kekejaman perang vietnam  yang mengerikan. Tidak hanya dilakukan oleh pasukan Amerika Serikat yang mulai terdesak sebagai penyebab perang vietnam dan amerika sekaligus latar belakang perang asia pasifik ,namun kedua kubu juga menggunakan cara perang yang kejam dan ekstrim. Mengingat lamanya perang akan berpengaruh pada psikologis para tentara. Sehingga mereka akan menggunakan berbagai strategi yang dapat memenangkan perang ini. Untuk mengupas lebih alam lagi, berikut 5 kekejaman perang vietnam paling mengerikan dan tak terbayangkan . Simak selengkapnya.

1. Pembantaian Penduduk Sipil Oleh Pasukan Khusus Amerika “Tiger Force”

Pada masa perang Amerika serikat yang dikenan sebagai basis kekuatan militer terkuat diwilayah amerika latin, selain itu juga kemenangan atas perang dunia 2 tentu membuat mereka dikenal memiliki banyak pasukam khusus yang handal. Salah satunya ialah Tiger Force yang beranggotakan 45 orang penerbang dari Angkata Udara AS. Pasukan ini diterjunkan dengan tugas untuk mendapatkan segala informasi mengenai musuh. Dalam menjalankan tugasnya mereka diperbolehkan menyiksa hingga membunuh korbannya. Kondisi inilah yang kemudian membuat pasukan ini menjadi brutal dan tak terkendali.

Pada akhirnya Tiger Force menjadi sebuah noda dalam militer AS segala tindakannya kemudian menjadi kejahatan perang yang sadis. Dimana mereka malah menjadi pelaku banyak pembantaian penduduk sipil. Tidak cukup hingga disitu, merek bahkan melakukan banyak tindakan pemerkosaan dan penyiksaan terhadap anak-anak. Bahkan mereka juga melakukan tindakan yang sangat tidak lazim, yakni memotong daun telinga para korbannya. Kemudian dijadikan kalung atau cinderamata.

Ini merupakan fakta yang tak terbantahkan. Hingga akhir perang Vietnam terjadi pihak Amerika Serikat bahkan menutup mata atas inaiden ini. Mereka bahkan tidak berani membawa para pelaku ke meja hijau, dengan alasan yang tak dapat dijelaskan. Padahal pembantaian ini merupakan pembataian yang kejam dan tragis. Seharusnya hal ini menjadi sebuah kejahatan perang yang melanggar  tipe-tipe hak azasi manusia dimana para pelakunya harus diadili di depan hukum.

Sponsors Link

2. Penggunaan Agent Orange

Setelah perang berjalan selama 10 tahun, namun tidak memberikan dampak signifikan terutama bagi pihak Amerika. Maka mereka kemudian mulai mengguakan strategia apapun, salah satunya ialah penggunaan senjata kimia mematikan yang disebut sebagai Agent Orange. Senjata kimia ini diletakkan kedalam helikopter lalu kemudian disebarkan dengan cara disemprotkan melalui udara ke areal yang padat penduduk. Setidaknya sekitar 45 ribu hektar areal yang menjadi lolasi penyabaran senjata ini. Jumlah korban yang jatuhpun tidak main-main mencapai 350-400.000 orang.

Selain para penduduk sipil, tidak sedikit juga tentara AS yang terkena serangan Agent Orange dari negaranya sendiri. Tidak selesai sampai disitu, masalah baru kemudian timbul sebagai dampak tidak adanya pengendalian konflik  sosial pasca perang  . Ketika para korban yang terkena serangan berhasil selamat. Mereka harus menelan pil pahit, karena dari setiap korban yang selamat baik para tentara AS atau penduduk sipil  mereka kemudian memiliki keturunan atau bayi yang cacat. Tercatat lebih dari 500.000 bayi yang lahir dengan cacat bawaan seperti tidak tumbuhnya organ  tubuh atau bahkan terpapar tumur dan kanker. Sebagaimana dampak nuklir terhadap lingkungan serta dampak perang nuklir bagi kehidupan manusia .

3. Jebakan Buatan Tentara Vietnam yang Mematikan

Selain kondisi wilayah perang yang ekstrim dan masih asing bagi tentara Amerika Serikat, tentara Vietcong sangat cerdas dapat memanfaatkan hal ini. Mengingat mereka kalah dalam hal jumlah pasukan dan dampak teknologi persenjataan, maka kemudian mereka membuat beberapa senjata atau jebakan yang sederhana namun sangat mematikan. Berikut beberap jebakan buatan tentara Vietcong yang amat ditakuti oleh pasukan Amerika.

  • Menggunakan Ulat Bamboo Pit Viper

Strategi ini disebut dengan “Two Step Charlie”. Dimana stategi ini merupakan jebakan menggunakan perantara ular-ular berbisa. Jenis ular yang paling sering digunakan ialah ular Bambbo Pit Viper. Ular ini memiliki bisa yang luar biasa mematikan, dimana korbanya akan sekarat dan meninggal hanya dalam  dua langkah kaki saja. Senjata ini terbukti efektif untuk melumouhkan dan mematikan musuh. Terbukti jebakan ular Bamboo Pit Viper menjadi jebakan yang paling ditakuti dan diwaspadai oleh tentara AS.

  • Bola Paku

Jebakan ini berasal dari bola besi yang ditacapi oleh paku tajam pada seluruh permukaannya. Bisa dibayangkan saat musuh memasuki wilayah hutan yang lebat dan gelap, tiba-tiba bola paku dilemparkan tepat mengenai wajah atau kepala, maka tentu akibatnya akan sangat mematkan.

  • Cengkeraman Maut

Jebakan ini merupakan lubang yang di dasarnya di tancapi besi tajam. Setiap korban yang jatuh kedalamnya dipastikan akan langsung meninggal karena luka disekujur tubuhnya akibat tusukan besi tajam.

Sponsors Link

  • Liang Jebakan 

Hampir sejenis dengan cengkeraman maut, cara kerja dan bentunya pun hampir sama. Namun, liang jebakan berbentuk persegi panjang, dengan kedalaman liang yang cukup dalam. Siapapun yang jatuh kedalamnya tidak akan dapat keluar dan mati karena kehabisan darah.

  • Kayu Bertanduk

Hampir sama dengan bola paku, kayu bertanduk juga merupakan jebakan yang terbuat dari kayu yang permukaannya dipenuhi besi tajam. Jebakan ini akan dilemparkan ke arah lawan. Lalu kemudian akan menusuk bagian tubuh yang terkena. Tentu akibatnya akan fatal saat menusuk bagian tubuh yang vital.

  • Ranjau

Pada masa perang Vietnam hampir di seluruh wilayah Vietnam dipasangi ranjau. Baik itu jalan setapak, area hutan bahwa areal persawahan. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan jatuhnya korban dari kalangan sipil akibat ledakan ranjau.

  • Perangkap Kaki

Perangkan kak merupakan perangkap yang akan menjepit kaki saat anda menginjaknya. Perangkap ini dapat mencengkeram kaki dengan sangat kuat sehingga jika terkena maka akan dapat menyebabkan kita kehilangan satu kaki.

4. Pembantaian May Lai

Kejahatan perang paling brutal yang dilakukan tentara AS Ialah pembantaian terhadap penduduk sipil di wilayah May lai. Pembantaian ini bermula dari persepsi Kolonel Calley bahwa setiap warga sipil akan pergi kepasar pada pagi hari sedangkam mereka yang tinggal di rumah merupakan tentara Vietcong. Akibat pembantaian membabi buta ini, sekitar 504 penduduk sipil tewas. Pembantaian ini dilakukan dengan cara melemparkan granat kedalam liang tempat persembunyian, jumlah korban bervariatif tergantung dengan jumlah orang yang berada dalam liang persembunyian tersebut. Tindakan amerika ini banyak mendapat kecaman dari dunia internasional karena melanggar hak azasi manusia. Selain itu ternyata korban malah banyak berasal dari penduduk sipil yang berjenis kelamin wanita dan anak-anak.

5. Pembantaian Pasukan Amerika Serikat 

Perang ini juga menjadi cerita pilu dan kepedihan bagi para tentara Amerika sendiri. Karena pada akhirnya mereka harus menelan kekalahan dan meninggalkan Vienam setelah berperang selama 19 Tahun 15 Bulan 4 minggu 1 hari. Ini juga menjadi pukulan keras bagi para tentara Amerika. Mengingat medan perang yang tak terduga dan sama sekali tak dikuasai oleh pihak tentara AS membuat banyak tentara harus gugur baik di medan perang atau karenan serangan penyakit akibat cuaca yang ekstrim. Bagi tentara Amerika juga penggunaan jebakan buatan tentara Vietcong amat sangat mengerikan dan mereka takuti. Tidak sedikit juga dimana pihak tentara AS harus kehilangan sejumlah tentaranya akibat jebakan ini.

Itulah tadi, 5 kekejaman perang vietnam paling mengerikan dan tak terbayangkan. Tentu saja hal in membuat kita semua bergidik dan merasa merinding membayangkan apa yang harus dialami para korban. Perang Vietnam memberikan pelajaran terutama bagi Amerika dan Vietnam. Meskipun akhirnya Vietnam dapat merdeka dan bersatu, AS juga memetik sebuaj pelajaran berharga bahwa dalam perang yang utama adalah penguasaan erhadap medan perang. Karenanya setelah perang Vietnam usai, pihak militer Amerika banak melakukan latihan simulasi agar memiliki kesiapan dalam menghadapi situasi yang sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Tuesday 13th, March 2018 / 03:58 Oleh :
Kategori : Internasional