Sponsors Link

Kekejaman Perang Vietnam yang Tersembunyi

Sponsors Link

Salah satu perag mengerikan yang pernah terjadi di sepanjang sejarah manusia adalah Perang Vietnam. Pada peperangan ini, kedua kekuatan yang cerdik ditandingkan, Amerika Serikat yang dilengkapi dengan persenjataan yang lengkap, dan pasukan Viet Cong yang sana cerdik dalam pemanfaatan medan. Untuk kronologinya sendiri sudah dimuat pada artikel seblumnya, yakni pada kronologi Perang Vietnam. Perng tersebut memberikan pukulan telak pada pasukan Amerika sendiri, dan mencoreng prestasi Amerika dalam kemiliteran, karena negara terseut belum pernah kalah dalam perang apapun sebelumnya. Ada damak negatif dari perang ini tentunya, dan sebenarnya banyak. Namun hal tersebut juga bisa diimbangi oleh adanya dampak Perang Vietnam bagi Vietnam dan juga dampak positif Perang Vietnam yang memajukan Asia Tenggara.

ads

Sempat ada kontroversi mengenai awal mula terjadinya perang tersebut, yaitu adanya kekejaman-kekejaman yang dapat ditemukan di setiap sudut. Tak jarang, rakyat sipil turut menjadi korban kekejaman tentara Amerika Serikat, yang mana kemudian dibalaskan oeh Viet Cong. Mungkin itu juga yang semakin memeperkeruh penyebab perang Vietnam dan Amerika dan juga latar belakang Perang Asia Pasifik yang terjadi pada tahun berikutnya. Inilah beberapa gambaran mengenai kekejaman perang vietnam :

1. Ratusan Warga My Lai Dibantai

Salah satu peristiwa kontroversial yang terjadi padaperang vietnam ini adalah terjadinya pembantaian pada masyarakat My Lai yang notabene berisikan warga sipil biasa. Semua pandangan mata tertuju pada Letnan William Calley, yang mana merpakan otak dari pembantaian ini. Pada awalnya timbul dugaan bahwa orang-orang biasa yang tidak memegang status sebagai Viet Cong biasanya akan pergi ke pasar pada pagi hari. Dengan pandangan dangkal seperti itu, mereka memutuskan bahwa setiap orang yang tidak keluar rumah pada pagi hari merupakan Viet Cong. Kemudian Calley memerintahkan pasukannya untuk membunuh masyarakat sipil dengan membabi buta. Hasilnya, ratusan warga sipil meninggal dunia.

Korbannya kebanyakan terdiri dari orang tua, wanita, dan juga anak-anak. Aksi ini menuai kecaman dari berbagi arah karena pelanggaran jenis-jenis Hak Asasi Manusia dan melakukan pengendalian konflik sosial dengan pandangan sendiri yang notabene menggunakanjalan kekerasan. Untung saja, tidak seluruh pasukan Amerika Serikat seperti itu. Langkah Calley pernah tersendat karena adanya regu helikopter yang mengancam Calley akan menembak habis dirinya besera pasukannya bila terus menerus melakukan pembunuhan terhadap rakyat sipil. Dari tindakan tersebut, 11 orang warga berhasil diselamatkan.

2. Pembunuhan Wanita, Anak-anak, dan Bayi

Kekejaman ini sudah terpaparkan melalui pembantaian My Lia tersebut, yang mana korbannya merupakan warga sipl yang tidak mengetahui apapun soal Viet Cong. Namun tidak berhenti di situ saja, penyiksaan terhadap wanita, anak, dan balita juga terjadi di erbagai titik pada perag Vietnam sendiri. Mereka seringkali dikurung dan dijadikan budak seks untuk pasukan Amerika Serikat  yang tidak bertanggung jawab. Hal ini justru semakin memicu emosi Viet Cong untuk kemudian bisa membantai seluruh pasukan Amerika Serikat pada medan yang sama sekali belum dikuasai oleh mereka.

Melihat hal ini, sepertinya pembunuhan ini lebih kejam dari dampak nuklir terhadap lingkungan dan dampak perang nuklir bagi kehidupan manusia, karena mereka mengarahkan serangan mereka dengan sadar dan sengaja. Dengna begitu bukannya pasukan musuh yang berkurang, justru jumlah masyarakat sipil lah yang malah menjadi korbannya. Kemudian, hanya penyesalan yang tertinggal, bukan kemenangan.

Sponsors Link

3. Penggunaan Ular Bamboo Pit Viper

Kekejaman perang Vietnam tidak berhenti pada tindakan beberapa pasukan Amerika Serikat yang sewenang-wenang saja, namun juga dapat ditemukan dalam berbagai teknik jebakan yang dibuat oleh Viet Cong. Tidak ada yang pernah menduga akan hal ini, termasuk pasukan AS sendiri. Salah satunya adalah penggunaan ular bambu berjenis Pit Viper, yang mempunyai bisa yang amat beracun, dan bisa membunuh orang dengan cepat.

Oleh karena itu, strategi ini dinamakan sebagai two steps charlie, karena pada saat musuh yang tergigit dan berjalan dua langkah saja, mereka sudah tidak bisa tertolong. Bisa dari lar ini menyebar dengan cepat di tubu, sehingga para korban seringkali tidak menyadari bahwa mereka akan meninggal setelah tergigi. Karena kurangnya perbekalan ilmu, maka AS tidak pernah menduga hal ini sama sekali. Apalagi ular-ular tersebut ditempatkan pada posisi yang tidak terduga, seperti pada ventilasi di atas pintu, dan gudang perbekalan yang notabene gelap.

4. Penyelipan Bom Pada Barang-barang yang Tidak Terduga

Selain penggunaan ular, paskan Viet Cong juga turut serta membubuhkan dampak teknologi persenjataan dalam diri mereka. Salah satu contohnya adalah penempatan bom pada area bawah tiang bendera Vietnam. Jadi, bila ada anggota tentara AS yang ingin menurunkan bendera tersebut dan menarik tali untuk menurunkan benderanya, maka ia berserta tiang, bendera, dan orang-otang sekitarnya aka hancur karena ledakan bomb tersebut.

Selain di tiang, Viet Cong juga menambahkan ranjau darat yang tersembunyi di balik lumpur tanah persawahan untuk mengecoh dan membuat panik regu AS, untuk kemudian bisa menembak dari sudut yang tidak terduga.

5. Banyaknya Jebakan Tali

Lain lagi dengan bomb tadi, kali ini kita akan membahas mengenai jebakan tali. Tali seringkali digunakan sebagai trigger untuk peluncuran jebakan tadi. Contohnya, tali yang dihubungkan dengan bambu runcing, sehingga pada saat kaki musuh mengenai tali tersebut, maka ia akan tertembak bambu-bambu runcing yang diselipkan di bawahnya. Selain bambu, ada juga peralatan lain yang dhubungkan dengan tali ini, yaitu besibulat yag ditempeli paku, yang mengenai kepala, lalu balok kayu besar yang juga dilengkapi dengan pauk, untuk bisa menyerang sejumlah musuh yang terkena jebakan.

Sponsors Link

6. Dibantainya Pasukan Amerika Serikat

Perang Vietnam menimbulkan kesedihan yang amat sangat bagi Amerika Serikat sendiri. Seringkali kita bisa melihat kesedihan mereka yang tercermin dari film-film yang dibuat dengan peperangan ini sebagai temanya. Meskipun Amerika Serikat memliki perang penting dalam invasi Amerika Serikat ke Afghanistan, militer terkuat di Amerika Selatan, dan juga memiliki militer terkuat di Amerika Latin, ternyata Perang Vietnam ini merupakan pukulan keras bagi mereka.

Medan yang sama sekali tidak mereka duga, penggunaan persenjataan dan jebakan yang cerdik merupakan kejutan tersendiri bagi pihak AS. Hasilnya, ratusan bahkan ribuan tentara dibuat kebingungan di medan perang. Namun, peperangan ini bisa dijadikan AS untuk lebih memajukan kedisiplinan dan kematangan pasukannya sebelum maju ke meda perang. Banyak simulasi-simulasi peperangan baru yang diterapkan guna untuk mengantisipasi hal tersebut supaya mereka bisa mencegah adanya korban dari kekejaman perang vietnam yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Itulah tadi berbagai kekejaman yan dicerminkan dari peperangan ini. Jujur saja, melihat dari jumlah korban jiwa dan melihat seberapa keuntungan yang didapatkan dari perang ini, ini semua menjadi tidak berart sama sekai. Jumlah korban dari kedua kubu pun menunjukkan angka yang fantastis. Selain itu, kebijakan individual membuat adanya penyebab pelanggaran HAM vertikal dan penyebab konflik horizontal semakin menjadi-jadi di sana.

Dari sini kita bisa belajar banyak, dan kita tentunya bisa menjadikan peristiwa ini sebagai pengingat bahwa peperangan bukanlah sebuah jawaban atas segalanya. Yang ada, justru warga lah yang sangat dirugikan.

, ,
Post Date: Sunday 11th, March 2018 / 22:39 Oleh :
Kategori : Pro Kontra