Sponsors Link

10 Kehebatan Politik Jokowi Yang Paling Berdampak

Sponsors Link

Jokowi atau lengkapnya Ir. H. Joko Widodo merupakan presiden ke-7 Republik Indonesia. Mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014 dengan kemenangan pemilu yang diraihnya dari rival politik saat itu yaitu Prabowo Subianto . Beliau menekuni karir politik pertamanya dengan menjabat sebagai Wali Kota Solo periode 2005-2012 simak juga metode pemenangan pilkada . Pada periode kedua di 2 tahun memasuki masa pemerintahannya ia di tunjuk oleh partai PDI-Perjuangan untuk ikut bertarung dalam Pilkada ibu kota. Berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok Beliau berhasil menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta selama periode 2012-2014.

ads

Kiprah beliau dalam dunia politik terbilang cukup moncer. Dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun beliau sudah langsung bisa menduduki kursi sebagai orang nomor satu di Indonesia. Jokowi awalnya hanyalah seorang pengusaha mebel yang berasal dari keluarga yang sederhana. Namun, dengan usaha dan kerja keras beliau, akhirnya beliau bisa menyelesaikan studi di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada.

Memasuki masa pemerintahan ke tiga tahun ini, elektabilitas pemerintahan Jokowi-JK juga semakin meningkat. Hal ini, tentu merupakan sebuah sinyal bahwa sebagian besar rakyat puas terhadap kinerja pemerintahan selama ini simak juga tipe-tipe pemilu . Meskipun ada pro-kontra, namun hal tersebut tidak menghalangi program kerja yang telah beliau janjikan selama masa kampanye. Slogan kerja-kerja-kerja yang selalu digaungkan ternyata memberikan dampak positif terhadap penilaian rakyat. Sebagai bukti nyata, berikut 10 kehebatan politik jokowi yang paling berdampak. Simak selengkapnya.

1. Penghapusan BBM Bersubsidi

Sebelum masa pemerintahan Jokowi-JK rakyat Indonesia sedikit dimanjakan dengan subsidi BBM yang diberikan pemerintah. Pada awal masa pemerintahannya Jokowi membuat gebrakan dengan melakukan penghapusan BBM bersubsidi. Kebijakan ini terang saja menimbulkan pro-kontra di kalangan masyarakat dan para politisi simak juga dampak positif golput . Terang saja kritikan tajam dan pedas mengalir dari para politisi terutama kelompok oposisi. Alhasil dari penghapusan subsidi BBM pemerintah menghemat dana lebih dari 200 triliun. Kemudian dana ini digunakan untuk program produktif yang lebih strategis seperti pembangunan infrastruktur jalan tol, jalan trans papua dan kalimantan, tol laut, waduk dan irigasi, serta pembangunan jalan kereta api di luar jawa.

2. Kebijakan Tax Amnesty 

Kebijakan Tax Amnesty atau pengampunan pajak merupakan salah satu kebijakan politik yang paling strategis. Tax Amnesty merupakan upaya pemerintah untuk menambah pendapatan negara dari sektor pajak. Meskipun sempat menuai pro dan kontra namun, kebijakan ini berjalan dengan lancar. Dari Tax Amnesty yang dilaksanakan pada Juli 2016-Maret 2017 kementrian keuangan mencatat 137 triliun pemasukan dari kebijakan ini yang di terima oleh pemerintah. Kebijakan ini juga didukung oleh banyak milyader yang kemudian berbondong-bondong melaporkan harta kekayaannya. Tentu saja hal ini menjadi poin positif tersendiri bagi pemerintahan Jokowi.

Sponsors Link

3. Penenggelaman Kapal Asing yang Kedapatan Mencuri Ikan Di Perairan Indonesia

Indonesia adalah negara Maritim, namun selama ini kekayaan laut Indonesia tidak dapat dinikmati sepenuhnya oleh nelayan kita simak juga sistem pemilu distrik . Hal ini tidak lain adalah karena pencurian ikan di perairam Indonesia yang di lakukan oleh kapal-kapal asing. Melalui Kapolri dengan tegas Jokowi memerintahkan penenggelaman kapal asing yang kedapatan mencuri ikan di wilayah perairan kita. Meskipun sempat mendapat kecaman dari internasional namun kebijakan ini dielsekusi dengan tegas oleh KKP (Kementrian Kelautan dan Perikanan). Sejak kebijakan ini di berlakukan volume produksi perikanan meningkat 14,43% pada triwulan pertama 2015 dibandingkan pada triwulan yang sama di tahun sebelumnya.

4. Hubungan yang Mesra dengan DPR

Meskipun mampu memenangkan pemilu putaran kedua, namun ternyata pemerintahan Jokowi-JK didominasi oleh partai oposisi yang duduk di kursi DPR simak juga sistem pemilu proporsional . Namun, kelihaian jokowi dalam.menjinakkan DPR, KIH, dan KMP mampu membuat hubungan ketiganya semakin harmonis. Bahkan saat itu Jokowi dan DPR memiliki hubungan yang mesra di bandingkan dengan tahun tahun awal masa pemerintahannya. Dimana sebagian anggota DPR dan KMP banyak menentang kebijakan yang di buatnya.

5. Menolak Pemberian Grasi Kepada Terpidana Mati Kasus Narkoba

Kehebatan politik jokowi selanjutnya adalah ketegasan beliau dalam menolak pemberian grasi terhadap 6 terpidana mati kasus narkoba. Meskipun kebanyakan dari terpidana tersebut merupakan orang asing namun, beliau tidak gentar simak juga dampak konflik sara . Brazil dan Autralia juga meminta pembatalan eksekusi mati. Beliau menegaskan bahwa gembong narkoba harus di hukum mati.

6. Pembubaran, Pembekuan dan Penghentian Hal yang Strategis

Keberanian jokowi dalam mengambil resiko di bidang politik dan ekonomi di tunjukkan dengan membubarkan Petra yang merupakan anak perusahaan dari Pertamina. Membekukan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) yang sudah sedemikan bobrok akibat digerogoti para mafia. Serta menghentikan pengiriman TKI ke Timur Tengah dan pengetatan penempatan TKI di Asia Pasifik.

7. Politik Meja Makan Jokowi

Politik meja makan Jokowi membuat semua orang kini dapat masuk ke istana dan makan bersama sang presiden. Jokowi mengundang hampir selurub kalangan masyarakat mulai dari buruh, tukang ojek, youtuber, dan masih banyak lainnya simak juga penyebab konflik sara . Ajang ini digunakan sebagai wadah untuk menjinakkan berbagai kelompok.

Sponsors Link

8. Mengharmoniskan Hubungan KPK dan Polri Yang Sempat Memanas

Kisruh memanasnya hubungan KPK Vs Polri juga membuat Jokowi harus turun tangan. Meskipun pada awalnya beliau membiarkan KPK berjungan sendiri di tengah cecaran polri. Pada akhirnya beliau turun tangan dengan memecat Ketua KPK yang terlibat kasus hukum simak juga contoh konflik antar agama . Beliau juga menolak keputusan Budi Gunawan yang saat itu akan melantik Badrodin Haiti sebagai Kapolri.  Kalangan Polri pun tidak membantah dan melawan instruksi Jokowi tersebut.

9. Memanfaatlan Dana Luar Biasa Dari China

Kecerdasan Jokowi dalam memanfaat dana dari cina membuat cina ikut membangun Indonesia. Cina ikut berinvestasi hingga ratusan triliun rupiah untuk membangun jalan tol, jaringan kereta api dan semen simak juga contoh konflik antar ras . Bahkan Jokowi juga menolak Jepang dan memberikan keaempatan pada China untuk membangung jalur kereta api berkecepatan sedang Jakarta-Bandung.

10. Mengunjungi Wilayah Pelosok Indonesia

Kehebatan politik Jokowi yang terakhir ialah ia berani blusukan ke wilayah pedalaman Indonesia. Bahkan ia sangat sering mengunjungi Papua dan daerah pedalamannya untuk mengurangi penyebab konflik sosial . Ia juga menjadi presiden pertama yang mengunjungi Pulau Rote yang merupakan pulau terluar di wilayah Indonesia. Hobi blusukan ini memang manjadi ciri khas dari Jokowi sejak menjabat sebagai wali kota dan hobi ini lah yang kemudian banyak ditiru oleh pejabat lain negeri ini.

10 kehebatan politik Jokowi yang paling berdampak, merupakan keputusan yang meliputi bidang politik, sosial dan ekonomi yang beliau ambil dengan berani. Meskipun begitu masih saja ada dari pihak  gagal move on yang melihat keberhasilan tersebut secara sebelah mata. Menanggapi hal tersebut Jokowi terkesan santai dan rileks serta menganggapinya sebagai hal yang biasa saja. Hal ini juga merupakan dinamika politik yang tidak perlu disikapi secara arogan. Semoga pemerintahan Jokowi-JK dapat semakin memberika  kesejahteraan langsung kepada rakyat terutama rakyat kecil. Semoga artikel ini dapat membantu.

, , ,
Post Date: Saturday 20th, January 2018 / 08:01 Oleh :
Kategori : Politik