Sponsors Link

7 Fungsi Hukum Internasional Dalam Hubungan Antar Negara Di Dunia

Sponsors Link

Hukum internasional merupakan sebuah hukum antar bangsa atau hukum antar negara. hukum ini menunjukkan hubungan yang telah dibangun antara raja-raja zaman dulu sebagaimana fungsi hukum dalam masyarakat . Hukum antar bangsa atau hukum internasional ini menunjukkan asas dan kaedah yang mangatur hubungan antara anggota masyarakat serta bangsa-bangsa antar negara. pada awalnya hukum internasional adalah bagian dari aktivitas yang mengatur entitas berkala internasional.

ads

hukum internasional bermula dari adanya pemikian tentang masyarakat internasional yang terdiri atas sejumlah negara yang merdeka yang berdaulat sebagaimana bentuk hukum perusahaan swasta di indonesia  . setiap negara berdisi masing-masing diatas kekuasaan yang dibangun masing-masing. Tentunya hal ini mrnunjukkan bahwa hukum internasional merupakan sebuah tertib hukun yang terkoordinasi antara anggota masyarakat internasional yang sederajat. Hukum internasional dipengaruhi oleh  analogi yang merupakan bagian dari hukum tata negara.

Hukum internasional tentu saja akan melahirkan hak dan kewajiban antar subyek yang berhubungan dalam hal ini maka antar negara yang saling berhubungan. Kemudian pada awalnya hal ini akan diawali dengan perjanjian yang bersifat de facto dan kemudian akan diakhiri dengan perjanjian yang bersifat de jure (perwakilan diplomatik yang  bersifat bilateral).  Hubungan kerjasama antar negara yang bersifat sebgai bagian dari adanya hukum internasional ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup seta eksintensi sebuah negara dalam ranah pergaulan internasional. Hal tersebutlah yang kemudian menjadikan hukum internasional memiliki 7 fungsi hukum internasional dalam hubungan antar negara di dunia. Selengkapnya .

1.Melayani Kebutuhan Komunitas Internasional

Fungsi hukum internasional yang pertama tidak lain adalah memberikan pelayanan terhadap kebutuhan dalam komunitas internasional seperti juga macam-macam tindak pidana ringan . Tentunya komunitas internasional merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh berbagai negara di dunia. Dalam hal ini setiap komunitas memiliki tujuan atas pembentukannya. Baik dalam bal kerjasama atau juga dalam hal upaya penanganan pernasalahan internasional. Namun pada faktanya untuk mendukung kinerja negara-negara tersebut diperlukan bantuan dari luar.

Salah satunya ialah datang dari adanya hukum internasional. Keneradaan hukum internasional akan bisa membantu setiap negara dalam merumuskan hal yang berdampak secara universal bagi semua anggota komunitas sebagai penyebab tindak kriminal di indonesia . Hal ini tentu menjadi dasar dalam setiap pengambolan keputusan, sebab tentunya dalam komunitas internasional pasti akan ada negara yang memiliki tujuan terselubung. Dengan adanya hukum internasional maka tentu akan dapat membayasi hal-hal yang demikian ini.

Sponsors Link

2. Upaya Memelihara Perdamaian

Akhir-akhir ini kita begitu dihebohkan dengan adanya berbagai konflik dan peristiwa kerusuhan, bahkan hingga peperangan yabg terjadi di berbagai belahan dunia. Tentu saja hal ini menjadi sebuah pekerjaan rumah yang besar bagi megara-negara yang ada di selurih dunia untuk dapat meningkatkan upaya perdamaian. Tidak hanya mendorong, namun juga setiap negra harus berperan aktif dalam mengayasi hal ini, terlebih lagi konflik yang terjadi akan dapat memicu perpecahan yang akan dapat membiat situasi dunia menjadi tidak kondusif.

Disinilah hukum internasional memegang fungsi utama. Dimana keberadaannya adalahan sebagai dasar dalam upaya penegakkan perdamaian di seluruh dunia. Sebab nilai perdamaian inilah yang nantinya akan diwariskan kepada anak cucu kita. Jika dunia sekarang sudah diliputi konflik san huru hara, maka jangan berharap anak cucu kita kelak akan bisa hidup damai dan tenang.

3. Sebagai Praktik Para Pengacara Internasional 

Profesi sebagai pengacara internasional tentu menuntut intelektual yang tinggi. Selain penguasaan bahasa tentunya penguasaan dibidang hukum harus benar di miliki untuk bisa menyandang kualifikasi sebagai seorang pengacara internasional. Tetlebih lagi, pekerjaan ini pastinya akan memghasilkan pendapatan yang amat besar. Tentu saja hal yang paling dasar harus di kuasai oleh pengacara internasional adalah memahami dengan detail mengenai hukum internasional.

Inilah mengapa kemudian hukum internasional memiliki fungsi dalam membantu praktik kerja para pengacara internasional. Mereka yang menyandang status ini pasti akan dimintai bantuan dalam memyelesaikan konflik konflik yang sifatnya internasional. Sehingga jika tifak mengetahui akan hukum intetnasuinal sendiri maka pasti tidak akan mendapatkan kualifikasi sebagai pengacara internasional.

4. Penilaian Terhadap Berbagai Bentuk Pelanggaran Hukum Internasional

Sebagaimana fungsi hukum pada umumnya, hukum internaional juga berfungsi sebagai sumber penilaiak dalam berbagai bentuk pelanggaran hukum internasional. Maka dari itu, cukup lumrah jika kemudian kajian akan hukum internasional akan dihubungan dengan adanya hubungan internasional. Sebab tanpa jalinan hubungan ini maka tentu konflik tidak akan muncul. Jika koflik tidak muncul tentunya tidak ada hukum yang dilanggar seperti juga tujuan hukuman mati .

Dalam setiap pelanggaran yang terjadi juga belum tentu dapat dikenai sejumlah sanksi. Sebab tentunya setiap negara memiliki pandangan baik secara subyektif ataupun  objektif mengenai kategori jenis pelanggaran yang termasuk kedalam pelanggaran hukum internasional. Maka tentu saja tahap akhirnya adalah pemberian sanksi terhadap para pelanggar hukum yang melanggar hukuk internasional yang berlaku.

5. Melindungi Perdamaian Dunia

Fungsi hukum internasional.yang tak bisa dianggap sepele dan mudah adalah tentu saja memberikan jaminan perlindungan dalam upaya mewujudkan perdamaian  dunia dalam macam macam hukum di indonesia . Hal ini merupakan tujuan dari dibentuknya hukum internasional. Sebab tentunya kita tidak bisa menghindari akan terjadinya konflik dari dua negara. Namun tentunua dengan adanya hukum internasional maka tindakan antara satu negara terhadap negara lain masih dalam batasan yang wajar. Sehingga tidak kemudian memicu hal-hal yang bisa mengarah pada terancamnya perdamaian dunia yang telah diupayakan selama ini.

Sponsors Link

6. Menyelesaikan Konflik Perang

Perang bukan hanya menjadi pembahasan utama dalam hukum internasional. Namun, pada kenyataannya hal yang paling terkait dengan kondisi ini adalah hubunhan yang erat antara penyelesaian perang dan hukum internasional dalam macam macam hukum publik . Sehingga dalah satu fungsi utama dari hukum internasional sendiri tidak lain adalah sebagai salah satu jalan dalam upaya menyelesaikan perang. Meskipun yang terjadi belum dapat sepenuh ya dikatakan bahwa adanya hukum internasional dapat menghentikan perang, namun setidaknya negara yang terlibat konflik tidak lantas membabi buta sebab masih memghormati keberadaan hukum internasional itu sendiri.

7. Mewujudkan Keseimbangan Kepentingan

Dalam hubungan internasional antar negara tidak menutup kemungkinan ada 1 atau bahkan lebih negara yang memiliki kepentingan yang bebeda. Bahkan juga ada yang memiliki tujuan terselubung dan niat yang kurang baik seperti dalam macam macam hukum positif . Maka disinilah hukum interasional berfungsi, sebab dalam hal ini hukum internasional akan menyeimbangkan kepentingan antara negara -negara yang satu dan lainnya. Sehingga tidak terjadi dominasi ata juga tumpang ti dih kepentingan yang akan menyebabkan problem yang serius.

Itulah tadi , 7 fungsi hukum internasional dalam hubungan antar negara di dunia. Tentunya dapat menjadi referensi atau sumber tambahan bagi anda. Selain itu juga semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

, , , ,
Post Date: Friday 27th, July 2018 / 04:50 Oleh :
Kategori : Hukum