9 Fungsi Hukum Dalam Masyarakat Moderen

Sampai dengan saat ini, tidak ada definisi yang jelas mengenai pengertian hukum yang disepakati. Hal ini membuat ahli hukum pada gilirannya memutasi adanya permasalahan mengenai ketidaksepahaman dalam definisi hukum itu sendiri sebagaimana dalam bentuk hukum perusahaan swasta di indonesia . Ketiadaan definisi hukum jelas menjadi kendala bagi mereka yang baru saja ingin mempelajari ilmu hukum. Tentu saja dibutuhkan pemahaman awal atau pengertian hukum secara umum sebelum memulai untuk mempelajari apa itu hukum dengan berbagai macam aspeknya.

Bagi masyarakat awam pengertian hukum itu tidak begitu penting. Lebih penting penegakannya dan perlindungan hukum yang diberikan kepada masyarakat sebagaimana macam-macam tindak pidana ringan . Sebab, sebagai negara hukum tentunya proses oenegakan hukum terutama di indonesia selalu menjadi hal yang disorot. Terlebih lagi seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang memungkinkan setiap orang menyerap informasi secara cepat akan menyebabkan keadaan dimana kasus kasus hukum gampang terblow up ke publik sebagaimana penyebab tindak kriminal di indonesia.

Pada dasarnya hukum memiliki tujuan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang tertib. Jika tidak ada hukum maka manusia akan cenderung berbuat semau dan sesukanya sebagaimana tujuan hukuman mati . Dengan adanya hukum maka setiap orang akan memiliki batasan dalam bertingkah laku dan berprilaku. Tentunya hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya 9 Fungsi Hukum Dalam Masyarakat moderen. Selengkapnya.

1. Alat Pengatur Tata Tertib

Sebagaimana telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa hukum memiliki fungsi utama dalam mengatur tata tertib dalam macam macam hukum di indonesia . Dalam kehidupan masyarakat tentu dibatasi adanya aturan yang tidak bisa dilanggar. Jika nekat melanggar maka sanksi dan hukuman sudah pasti akan menanti didepan mata. Hal ini memberikan efek dan batasan kepada masyarakat agar berprilaku sesuai dengan tata aturan yang berlaku. Sehingga dapat mewujudkan ketertiban dan juga aturan yang ada dapat ditegakkan.

2. Sarana Untuk Mewujudkan Keadilan Sosial Lahir dan Batin

Fungsi hukum yang berikutnya adalah sebagai upaya untuk mewujudkan keadilan sosial secara lahir dan batin. Dimana dalamasyarakat selalu saja ada pembagian kelas berdasarkan strata sosial sebagaimana macam macam hukum publik .  Hal ini menimbulkan adanya pengkotak kotakan terhadap satu kelompok masyarakat tertentu. Apalagi kemudian muncul sebuah stigma yang beredar di masyarakat dimana mereka yang memiliki kuasa, jabatan dan kekayaan cenderung dapat dengan mudah lepas dari jerat hukum. Sebaliknya kelompol masyarakat kecil dengan gampangnya di hukum berat untuk sebuah tindakan yang sepele.

Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang harus di luruskan. Sebab dalam hukum memandang bahwa semua masyarakat apapun latar belakang jabatannya, pekerjaannya, memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Seorang petani dan seorang pejabat akan sama saja jumlah hukumannya apabila mereka melakukan kejahatan yanh serupa. Jika hal yang demikian dapat terwujud dan terlaksana sesuai dengan tatanannya. Maka fungsi hukum dalam menegakkan keadilan sudah dapat dikatakan berfungsi dengan baik.

3. Sarana Penggerak Pembangunan

Hukum juga memiliki fungsi sebagai sarana penggerak pembangunan di masyarakat. Dimana hukum menjadi dasar atau tonggak dari keberlansungan pembangunan dalam macam-macam hukum positif . Hukum memberikan batasan dan keleluasaan bagi banyak pihak untuk bisa membangun negeri bersama-sama dalam rangka mewujudkan negara yang adil, makmur dan maju sesuai dengan perkembangan zaman. [AdSense-B]

4. Alat Penyelesaian sengketa

Masyarakat yang hidup secara bersamaan dan membentuk tatanan didalamnya tentu saja sangat rentan terlibat sengketa. Bukan hanya soal perbedaan karakter tapi juga sifat dan watak setiap orang berbeda yang kemudian harus membaur menjadi satu. Tentu saja dapat menyebabkan berbagai konflik yang pada akhirnya dapat menyebabkan sengketa. Oleh sebab itu, hukum hadir sebagai alat yang bisa digunakam untuk menyelesaikan sengketa yang terjadi di masyarakat.

Hukum memberikan batasan-batasan dan juga aturan yang pastinya harus di patuhi. Hukum dapat menyelesaikan sengketa yang terjadi dengan jalan yang lebih damai dan sesuai dengan norma hukum yang berlaku. Akan menjadi sangat berbahaya jika kemudian sengketa tidak dapat diselesaikan. Sebab pastinya akan dapat menimbulkan konflik yang lebih besar dan meluas yang bisa berakibat pada hilangnya rasa aman di masyarakat.

5. Memelihara Kemampuan Masyarakat untuk Menyesuaikan Diri dengan Kondisi Kehidupan yang Berubah

Dalam hidup yang namanya perubahan itu sudah pasti akan terjadi. Apalagi di tambah dengan adanya kemajuan zaman dan teknologi. Sebagai masyarakat tentu kita di tuntut untuk bisa mengikuti perubahan yang terjadi jika tak mau tergilas arus global dan ketinggalan zaman. Namun, bagi mereka yang tidak dapat mengikuti perubahan tentu akan berada dalam kondisi yang tidak stabil.

Misalnya saja kini persaungan baik di dunia bisnis ataupun kerja sangat ketat. Jika kita tidak mengikuti perubahan dan perkembangan yang terjadi maka bisa-bisa usaha kita gulung tikar, sedangkan pesaing malah nampak semakin maju. Hal ini dapat menimbulkan niatan atau tindakan kriminal yang bisa saja terjadi. Karenanya dalam hal ini, fungsi hukum adalah untuk menyesuaikan masyarakat supaya dapat selaras dengan perubahan yang ada.

6. Mengatur Tata Tertib di Dalam Masyarakat Secara Damai dan Adil

Fungsi hukum di masyarakat yang selanjutnya adalah mengatur tata tertib dalam masyarakat sebagai sistem hukum yang berlaku di indonesia saat ini . Hal ini agar kondisi dimasyarakat dalam berjalan secara damai dan adil. Sesungguhnya hal inilah yang menjadi fungsi utama dari hukum yang berlaku di masyarakat. Bagaimana dapat mewujudkan situasi yang aman, nyaman serta kondusif. Sehingga tentunya setiap orang akan merasa aman dan terlindungi.

7. Melayani Kehendak Negara mendatangkan kemakmuran dan kebahagian rakyat

Fungsi hukum juga dapat menjadi sebuah bentuk pelayanan kepada masyarakat. Dimana dapat mendatangkan kemakmuran, dan pada akhirnya kebahagian bagi rakyat. Simbol ini menyiratkan bahwa masyarakat yang bahagian akan secara langsung berpengaruh pada kondisi negara. Terlebih lagi, jika kemudian hukum dapat berjalan dan terlaksana dengan baik. Maka tidak ada alasan bagi rakyat untuk tidak hidup dengan bahagia. [AdSense-C]

8. Mewujudkan  Keadilan yang Berfaedah Bagi Rakyat dengan Cara Menjaga Kepentingan Rakyat

Fungsi hukum yang utama tentu saja mewujudkan rasa keadilan bagi rakyat. Cara yang dapat di tempuh antara lain adalah dengan menjaga kepentingan rakyat berada dalam koridornya. Terlebih lagi hukum yang terlaksana dengan vaik akan bisa mewujudkan apa yang di cita-citakan oleh segenap masyarakat.

9. Penentuan Alokasi Wewenang

Hukum dapat memberikan alokasi wewenang kepada setiap pihak. Sehingga tidak semua pihak bertigas menegakkan keadilan, hanya instansi dan petugas yang diberik kewenangan khusus lah yang kemudian dapat menegakkan seluruh proses hukum yang ada. Sehingga tidak semua orang dapat berlaku adil dan menghakimi yang lain atas kesalahan pelanggaran hukum yang di buat. Apalagi sampai main hakim sendiri yang bisa berakibat fatal dan menciptakan kerugian yang lebih besar.

Itulah tadi, 9 Fungsi Hukum Dalam Masyarakat moderen. Semoga dapat menambah pengetahuan dan referensi bagi anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.