Sponsors Link

8 Fungsi Dewan Keamanan PBB Dan Pengaruhnya Kepada Dunia Internasional

Sponsors Link

Dewan Keamanan PBB merupakan salah satu dari enam organ utama PBB. Berdasarkan Piagam PBB, Dewan Kemanan memiliki tugas penting untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia. Dewan Kemanan PBB melakukan pertemuan perdananya pada 17 Januari 1946 di Church House, London. Sejak pertemuan pertama tersebut, telah ditetapkan bahwa Dewan Keamanan secara tetap berkedudukan di markas besar PBB yang berlokasi di New York, Amerika Serikat.

ads

Dewan keamanan PBB terdiri atas lima belas anggota Perserikatan Bangsa-bangsa, dimana sepuluh diantaranya adalah anggota tidak tetap sedangkan lima lainnya merupakan anggota tetap. Adapun negara yang menjadi anggota tetap dewan Keamanan PBB adalah Republik Rakyat Tiongkok, Perancis, Rusia, Britania Raya dan Amerika Serikat. Sedangkan anggota dewan tidak tetap dipilih oleh seluruh anggota PBB dan memiliki masa kerja selama dua tahun sekali.

Tahun ini indonesia masuk kedalam salah satu anggota dewan keamanan tidak tetap PBB. Berdasarkan sidang PBB pada tanggal 8 Juni 2018. Namun kewenangan Indonesia dalam dewan keamanan PBB akan mulai berlaku mulai 1 Januari 2019. Membanggakan bukan, pastinya posisis sebagai dewan keamanan PBB tidak tetap memberikan banyak dampak bagi indonesia sebagaimana fungsi hukum internasional dan fungsi hukum dalam masyarakat . Salah satunya dapat memberikan pengaruh yang besar dalam setiap kebijakan dewan keamanan PBB. Untuk memgetahui lebih jauh maka anda dapat memyimak 8 Fungsi Dewan Keamanan PBB dan pengaruhnya kepada dunia internasional.

1) Memelihara Perdamaian dan Keamanan Internasional

Fungsi dewan keamanan PBB yang pertama ialah sesuai dengan azas-azas dan tujuan PBB. Dimana gal yang menjadi fokus dan tugas  utama adalah memelihara perdamaian dan keamanan Nasional sebagaimana bentuk hukum perusahaan swasta di indonesia . Tentunya hal ini lah yang sejak awal merupakan tujuan dati pendiri PBB. Dimana perkumpulan antara negara negara dari seluruh dunia ini diharapkan akam dapat mewujudkan perdamaian dunia. Dengan fungsi ini tentu PBB menjadi salah satu organisaai internasional yang selalu mengecam berbagai tindakan – tindakan yang bisa memicu timbulnya konflik antar negara. Pada akhirnya konflik ini akan berubah menjadi perang yang tentunya mencederai misi perdamaian PBB.

2) Menyelidiki Tiap Persengketaan Atau Situasi yang Dapat Menimbulkan Pergeseran Internasional

Dewan keamanan PBB juga memiliki fungsi atau wewenang yang memberikan mereka hak untuk bisa menyelediki suatu situasi yang dapat berpengaruh dan menjadi potensi terhadap adanya pergeseran nilai perdamaian. Seperti misalanya kasus yang menimpat atnis rohingya di Myanmar yang menyita perhatian dunia bukan bagian dari macam macam tindak pidana ringan . Tentu saja jika hal ini dibiarkan saja maka pastinya akam terjadi kesewenang wenangan dan juga pembantaian yang dapat menjafi potensi genosida. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan nilai dasar keberadaan PBB.

Sponsors Link

3) Mengusulkan Metode-Metode untuk Menyelesaikan Persengketaan atau syarat Penyelesaian

Dewan keamanan PBB juga memiliki fungsi untuk dapat merumuskan metode untuk dapat menyelesaikan sebuah konflik. Biasanya rumusan ini berupa resolusi yang berisi syarat-syarat untuk dapat menghentikan konflik yang berkepanjangan. Resolusi ini harus dipatihi oleh ledua belah pihak sebab merupakan hal yang telah dirumuskan oleh PBB dalam menegakkan fungsi dan tugasnya menjaga keamanan dan perdamaian dunia. Sejauh ini dewan keamanan PBB cukup banyak mengeluarkan resolusi untuk permasalahan Israel dan Palestina. Konflik imi telah berlangsung cukup panjang dan lama dan menjadi PR besar bagi dewan keamanan PBB sebagaian besar termasuk kedalam penyebab tindak kriminal .

4) Merumuskan Rencana-Rencana untuk Menetapkan Suatu Sistem Mengatur Persenjataan

Saat ini setiap negara cenderung berlomba lomba untuk melengkapi sistem keamanan dengan sistem persenjataan canggih. Pada faktanya hal ini malah dapat menimbulkam potensi konflik pecah dan menyebabkan potensi perang. Didukung dengan persenjataan yang canggih tentu potensi kerusakam juga akam semakin besar terlebih lagi beberapa negara sedang giat giatnya mengembangkan senjata nuklir yanh memiliki efek sangat dasyat sebagai tujuan hukuman mati . Disinilah PBB berperan dalam menjalankan fungsinya yakni merumuskan rencana dan menetapkan sistem persenjataan. Dimana akan dapat memberi batasan setiap negara dalam mengembangkan persenjataannya sehingga meminimalosir resiko dan potensi perang.

5) Menentukan Adanya Suatu Ancaman Terhadap Perdamaian atau Tindakan Agresi

Fungsi dewan keamanan PBB yang selanjutnya adalah menentukan adanya suatu tindakan ancaman yang dapat menjadi potensi keamanan sekaligus mengusulkan tindakan yang harus diambil. Fungsi ini dinilai sangat penting dalam rangka mewujudkan fungsi utama dan tugas PBB untuk menjaga perdamaian dunia sebagaimana macam macam hukum di indonesia . Segala tindakan yang bisa memicu ancaman bagi keamanan dunia suda tentu menjadi tugas utama PBB sebagai organisasi yang memiliki wewenang. Terlebih lagi tindakan agresi dapat memicu timbulnya konflik yang pada akhirnya menjadi potensi perang yang tentunya menjadi masalah global bagi keamanan dunia.

6) Menyerukan Untuk Mengadakan Sanksi-Sanksi Ekonomi dan Tindakan Lain

Korea Utara menjadi salah satu negara yang terkena sanksi ekonomi dari PBB sebagai tindakan atas sikap Korut yang mengabaikan peringatan PBB untuk menghentikan tindakan uji coba nuklir. Seperti yang kita tahu bahwa Korut menjadi negara yang sedang gencar gencarnya melakukan uji coba nuklir. Tentuny hal ini dapat menimbulkan potensi gangguan keamanan, sebab tindakan Korut sendiri sudah menuai banyak kecamana dari berbagai negara di dunia dalam macam macam hukum publik . Sehingga sanksi ini merupakan upaya yang dilakukam PBB untuk tetap menjaga kondisi keamanan global tetap kondusif. Terlebih lagi beberapa statement pemimpin Korea utara dan pernyataan perang juga kerap menjadi ancaman yang dikhawatirkan oleh banyak negara di dunia.

Sponsors Link

7) Mengadakan Aksi Militer Terhadap Seorang Agresor

Dewan Kemananan PBB juga memiliki fungsi untuk mengadakan tindakan militer kepada mereka yang berpotensi sebagai agresor. Sebab tindakan ini secara langsung dapat memicu potensi konflik. Pada akhirny tidak menutup kemungkinan akan bisa menyebabkan perang. Tentu saja potensi potensi yang demikian ini haruslah di perkecil potensinya. Sebab pada akhirnya pasti akan berdampak langsung pada perdamaian dan menjadi ancaman global. Maka dari itu, dewan keamanan PBB memiliki wewenang untuk mengadakan aksi militer terhadap seorang atau juga kelompok agresor sebagamana macam macam hukum positif .

8) Mengusulkan Pemasukan Anggota Baru

Dewan keamanan PBB juga memiliki fungsi dalam mengusulkan anggota baru dalam organisasim sebab hingga saat ini todak semua negara diduani masuk dan diakui sebagai sebuah negara. Termasuk salah satunya adalah Palestina yang belum secara resmi masuk sebagai anggota PBB. Namun secara luas telah diakui oleh sebagian besar sebagai sebuah negara yang berdaulat. Dalam memutuskan anggota baru yang akan masuk dewan keamanan PBB juga menyertakan Syarat-Syarat dengan negara mana saja yang dapat jadi pihak dalam status mahkamah internasional.

Tentunya 8 Fungsi Dewan Keamanan PBB dan pengaruhnya kepada dunia internasional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Friday 27th, July 2018 / 09:36 Oleh :
Kategori : Internasional