Sponsors Link

6 Fakta Perang Vietnam Yang Tak Diketahui Publik

Sponsors Link

Fakta Perang Vietnam yang Tak Diketahui Publik

ads

Pasca perang dunia 2 di wilayah eropa usai masyarakat seluruh dunia merasa bahwa perdamaian dunia telah dapat dicapai. Namun, pada faktanya  usainya perang dunia 1 menimbulkan  polemik antara Amerika dan Uni Soviet. Yang kemudin saling bersaing baik dari segi apapun , mulai dari perlombaan senjata, penjelajahan ruang angkasa, bidang ekonomi, hingga politik . Dimana soviet berusaha menyebarkan paham komunisme sebaliknya Amerika menyebarkan paham domolrasi liberalisme.

Meskipun kedua negara tidak saling adu senjata, namun perang dingin yang terjadi membuat medan perang terjadi diwilayah lain sebagaimana kronologi perang vietnam . Salah satunya ialah di vietnam. Dimana kedua kubu yang bertikai didekengi oleh kedua negara adidaya yang sama-sana sedang bersaing menjadi negara adidaya dunia. Perang yang hampir terjadi selama 20 tahun ini akhirnya menjadi sebuah noda kelam terutama bagi Amerika Serikat. Simak juga penyebab perang baratayuda .

Pada akhirnya mereka harus meninggalkan Vietnam karena perang dimenangkan oleh Pihak Vietnam Utara yang di dukung oleh Uni Soviet. Perang Vietnam menjadi salah satu tragedi kemanusiaan paling memilukan yang pernah erjadi dalam sejarah umat manusia. Jutaan korban berjatuhan baik dari kelompok yang bertikai atau juga rakyat sipil sebagaimana latar belakang perang bosnia serbia . Andapun akan dibuat merinding dengan 6 fakta perang Vietnam yang tidak diketahui publik. Simak selengkapnya.

1. Fakta Bahwa Tentara Amerika yang Dikirim Ke Vietman 2/3nya Merupakan Sukarelawan

Euforia kemenangan Amerika Serikat atas perang dunia 2 membuat para pemuda yang berusia 20-30 tahun ikut bergabung menjadi pasukan tentara, ketika Amerika Serikat membantu Kelompok Vietnam Selatan melawan Vietnam Utara. Faktanya, antusiasme yang tinggi dari para pemuda tersebut kemudian terkuak bahwa hampir 2/3 pasukan yang dikirim merupakan pasukan sukarelawan. Inilah yang kemudian menjadi fakta yang terbantahkan mengapa pada akhirnya Amerika Serikat menderita kekalahan. Simak juga latar belakang perang asia pasifik .

Selain itu, Amerika Serikat juga melakukan propaganda untuk menarik minat semakin banyak sukarelawan mau bergabung dalam perang Vietnam sebagaimana negara yang terlibat dalam perang dunia 2 . Dalam propagandanya Amerika Serikat menyatakan bahwa keikutsertaan Amerika dalam perang Vietnam adalah upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia. Pada kenyataanya perang Vietnam hanya merupakam perpanjangan dan perang dingin antara AS dan Uni Soviet, lebih kepada adu kekuatan antar dua negara di medan perang.

Selain alasan diatas, terdapat sebuaj stigma yang beredar dikalangan para pemuda Amerika. Bahwa mereka yang tidak mau bergabung dan mengajukam diri dalam perang Vietnam padahal memiliki kualifikasi akan dianggap sebagai seorang pengecut. Inilah yang kemudian membuat para pemuda membulatkan tekad untuk bergabung menjadi sukarelawan perang Vietnam meskipun mendapat tentangan dari pihak keluarga.

Sponsors Link

2. Keterlibatan Tentara Wanita Amerika dalam Perang Vietnam Mencapai 7.500 orang

Berbeda halnya dengan sekarang, peran wanita dibidang militer sudah dianggap wajar dan lumrah. Namun, zaman dahulu ketika masa perang bahkan akibat perang dunia 1 , peran wanita dalam kemiliteran baik di Eropa atau Amrika Serikat masih dianggap sebagai hal hang tidak umum. Sejak perang Vietnam berkecamuk, membawa sedikit perubahan dalam tatanan kemiliteran dimana terdapat 7.500 tentara wanita Amerika Serikat yang kemudian tergabung dalam perang.

Peran yang mereka geluti bermacam-macam mulai dari bagaim kesehatan hingga ikut juga terjun berperang dilapangan. Kebrutalan perang Vietnam telah merenggut 8 nyawa para tentara wanita, meskipun sebagian beaar dari mereka akhirnya berhasil pulang. Nama kedelapan tentara wanita tersebut kemudian diabadikan kedalam monumen perang Vietnam dan dianugrahi mendali kehormatan atas keberaniannya yang tak kalah dengan kaum laki-laki.

3. Penggunaan Senjata Kimia Oleh Amerika

Perang Vietnam dikenal sebagai perang terburuk sepanjang masa. Karena pada perang ini Amerika Serikat kemudian menggunakan senjata kimia yang berefek dalam membunuh manusia dalam sekejap simak juga sebab khusus perang dunia 2 di eropa  . Senjata tersebut dikenal sebagai Agent Orange. Senjata ini digunakan setelah perang yang terjadi selama 10 tahun tidak memberikan dampak pada Amerika Serikat. Karenya mereka kemudian menggunakan senjata kimia yang disemprotkan lewat helikopter ke area pemukiman warga Vietnam. Kurang lebih 400.000 penduduk Vietnam tewas akibat penggunaan Agent Orange yang disebarkan di lebih dari 45 hektare wilayah Vietnam.

Beberapa Tentara Amerikapun menjadi korban dari keganasan senjata negara mereka sendiri. Polemik mulai muncul saat beberapa tentara Amerika dan penduduk Vietnam berhasil selamat dari serangan Agent Orange. Mereka yang berhasil bertahan hidup harus menelan pil pahit, karena 500.000 anak yang dilahirkan dari orang tua yang terpapar zat ini mengalami kecacatan. Para bayi menderita kecacatan berupa beberapa organ mereka tidak dapat tumbuh sempurna atau banhkan terpapar kanker dan tumor. Sungguh sangat mengerikan sekali bukan.

4. Rekaman Suara Hantu untuk Menakut-nakuti Tentara Vietnam

Peperangan yang terjadi selama hampir dua dasawarsa memaksa AS untuk melakukam berbagai taktik agar dapat memenangkan perang sebagai bentuk pelaksanaan perang dingin . Salah satu hal cukup nyeleneh dan tidak umum namun dipercaya cukup efektif ialah menggunakan strategi “Wandering Soul”. Dalam bahasa Indonesia jika diartika  Wandering Soul merupakan arwah gentayangan. Ini merupakan sebuah strategi dimana memutar rekaman lagu Blues era 60-70 an. Bagi orang awam suara dari lagu ininakan terdengar menyeramkan dan menakutkan. Apalagi pada zaman ini banyak penduduk Vietnam yang masih mempercayai Takhayul. Strategi ini nyatanya dapat menakut nakuti mereka.

Sponsors Link

5. Noda Kelam dalam Sejarah Perang Amerika

Amerika Serikat dikenal memiliki pasukan khusus yang amat disegani dan ditakuti sebagai dampak positif perang dunia 2 . Salah satunya ialah Tiger Force, yang merupakan pasukan khusu beranggotakan 45 orang anggota penerjun dari anngkatan udara. Pasukan ini dikirim ke Vietnam dalam misi untuk mengumpulkan data-data mengenai pasukan lawan yaitu Vietkong. Keberadaan pasukam ini di perang Vietnam justru membawa nod hitam dalam sejarah Amerika Serikat. Dimana pasukan ini malah berubah menjadi pembunuh massal yang membunuh dan menyiksa setiap desa yang mereka singgahi. Hal ini memang diperbolehkan karena memang dalam mendapatkan informasi mereka diperbolehkan menyiksa para korbannya.

Namun, karena dampak perang yang terjadi pada akhirny mereka lepas kendali dan tak segan-segan melakukan pembantaian massal. Tidak sampi disitu, mereka juga dipercaya terlibat dalam banyak kasus perkosaan dan penyiksaan terhadap anak-anak. Usai menyiksa dan membunuh korbannya mereka kemudian memotong daun telingan setiap korbanya untuk dijadikan sebagai kalung dan cinderamata. Ini meripakan kejahat perang yang biadab, namun pada faktanya Amerika Serikat menutup mata akan hal ini. Sehingga saat perang Vietnam usai pihak AS tidak mau membawa anggota Tiger Force ke meja sidang dengan alasan tertentu.

6. Penggunaan Lem Super oleh Pasukan Tentara Amerika Serikat Sebagai Perban

Perang yang berlangsung sangat lama serta medan perang yang sangat ekstrim dan tak terprefiksi tentu membuat para bule Amerika merasa sangat kesusahan. Cuaca yang panas namun, tiba-tiba hijan membuat mereka mengalami kendala saat melewati medan terjal seperti hutan yang lebat. Selama berada dalam medan perang banyak tentara yang kemudian mengalami luka dan sakit akibat kerasnya medan. Inilah yang kemudian membuat obat-obatan sangay mudah habis terutama perban luka. Sedangakan pengiriman pasokan berlangsung dalam waktuyang relatif lama. Hal inilah yang kemudian membuat para tentara Amerika memutar otak. Pada akhirnya para tentara hatus menggunakan lem super yang diapaki sebagai petban untuk menutup luka. Meskipun terkesan aneh, namun cara ini berhasil menyelamatkan nyawa para tentara yang luka. Ini merupakan sebuah bukti nyata bahwa erang Vietnam menjadi perang yang paling buruk bagi Amerika Serikat. Simak juga invasi amerika serikat ke afghanistan .

Itulah, 6 fakta perang Vietnam yang tak diketahui publik. Apapun itu, pada faktanya perang telah membawa banyak kehancuran dan jatuhnya korbam jiwa. Dengan mengetahui hal ini, maka akan dapat menjadi perenungan bersama bagi kita semua. Bahwa perdamaian yang telah ada saat ini harus selalu dipertahankan, agar kelak kehidupan anak cucu kita menjadi lebih terjamin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Monday 12th, March 2018 / 09:30 Oleh :
Kategori : Internasional