Sponsors Link

3 Dampak Positif Perang Vietnam Terhadap Amerika

Sponsors Link

Hingga saat ini, Perang Vietnam masih dan akan selalu dikategorikan sebagai perang kontroversial. Perang Vietnam memiliki banyak dampak sosial, baik pada saat perang tersebut terjadi hingga saat ini. Setelah Perang Vietnam, masyarakat kehilangan kepercayaan dirinya terhadap Amerika Serikat, yang mereka kira selalu “tidak pernah kalah”.

ads

Perang Vietnam terjadi secara resmi pada tanggal 1 November 1955 hingga 30 April 1975. Dengan demikian, dapat kita simpulkan perang ini terjadi selama 19 tahun lamanya. Dalam 19 tahun tersebut terjadi konflik besar di antara pihak-pihak yang bersekutu dan pihak yang berada di sisi yang benar masih menjadi argumen yang tidak pernah berujunga. Meskipun demikian, perang ini masih memberikan dampak khususnya pada Amerika serikan dan dunia secara keseluruhan baik secara negatif dan positif

Dampak Positif Perang Vietnam

Dengan banyak pertimbangan, satu-satunya kelompok yang mendapatkan dampak positif dari perang Vietnam adalah ras warga Vietnam-Amerika dan komunitas Vietnam lain di bagian dunia lain. Setelah jatuhnya Saigon pada bulan April 1975. Amerika Serikat menerima ribuan imigran Vietnam sebagai warga negaranya. Beberapa dampak positif perang Vietnam lain adalah sebagai berikut :

  • Meningkatnya jumlah imigran

Sebelum tahun 1975, hanya ada beberapa ribu warga Vietnam yang tinggal di Amerika. Kebanyakan dari warga tersebut adalah pasangan legal dari warga negara Amerika sendiri, personel militer yang bertugas di Vietnam Selatan dan pelajar atau anggota dari lembaga diplomatik Vietnam.

Setelah 30 April 1975, jumlah imigran Vietnam di Amerika meningkat secara signifikan hingga 150% pada sekitar tahun 80 dan 90an. Berdasarkan dari jumlah perhitungan statistik lokal milik negara Amerika, warga Vietnam yang berada di Amerika berjumlah 1,5 juta orang, masih di bawah Cina yaitu 2,4 juta orang, Filipina sebanyak 1,8 juta orang, dan India 1,6 juta orang. Namun berada di atas Korea, yaitu 1 juta orang.

Hal ini secara tidak langsung membuat warga Vietnam Amerika menjadi grup minoritas terbesar no 4 yang ada di Amerika Serikat. Kebanyakan dari warga tersebut menduduki wilayah California, Texas, Louisiana dan Maryland.

  •  Keberanian untuk mendapatkan kebebasan

Warga Vietnam Amerika awalnya pergi dari tanah kelahiran mereka setelah pihak komunis Vietnam utama menyerang Vietnam Selatan di tahun 1975. Artinya, eksodus besar-besaran terjadi dengan cara mengarungi lautan di kapal-kapal kecil atau berjalan melewati tempat peperangan di Cambodia dan Laos pada tahun 1978 sampai 1995. Mereka juga berdatangan di Amerika melalui program pemerintah Amerika sebagai solusi dari banyaknya warga Vietnam yang mati di lautan atau hutan-hutan Kambodia, Laos atau Thailand. Banyak warga vietnam yang bertekad untuk mencari kebebasan dari semua agenda politik.

Banyaknya data mengenai perjuangan dan pengorbanan warga Vietnam untuk terus melanjutkan hidup dengan kebebasan dari agenda politik menjadi salah satu karakter mereka. Bagaimana tidak, mereka harus keluar dari kampung halaman mereka sendiri untuk menyelamatkan diri. Sebanyak 150.000 warga Vietnam diterbangkan menuju Amerika dengan ijin dari Kedutaan Amerika. Selain itu, 150.000 warga Vietnam lain melarikan diri menggunakan kapal diantara tahun 1975 hingga 1978.

[ADSense-B]

Pada tahun 1978 hingga 1982, diperkirakan ada 700.000 warga vietnam yang melarikan diri melalui laut, tidak dapat bertahan hidup di tahun-tahun tersebut. Banyaknya kendala yang mereka hadapi di lautan untuk mendarat di negara tetangga dengan selamat membuat hambatan tersendiri yang membutuhkan semangat untuk mendapatkan kebebasan. Selain itu, nyawa pun dipertaruhkan untuk mendapatkan kebebasan ini. Banyak warga Vietnam yang gugur dikarenakan adanya badai angin di laut, hiu-hiu dan juga perkosaan dan pembunuhan yang dilakukan oleh bajak laut. Slogan mereka adalah “Freedom or Die”, yang berarti “Kebebasan atau Mati”. Kira-kira ada 500.000 warga Vietnam yang berhasil sampai di daratan negara lain dan menunggu dengan cemas untuk perijinan mereka tinggal di negara tersebut.

  • Kontribusi

Kontribusi warga Vietnam-Amerika pada negara Amerika tidak hanya ada satu atau dua orang. Sama seperti imigran lain, warga Vietnam Amerika telah melalui masa-masa penderitaan dan memulai melanjutkan hidup dengan budaya dan etika kerja untuk beradaptasi dan mencapai “American Dream”. Hingga saat ini, cerita mengenai bagaimana warga negara Vietnam bertahan di Amerika dengan hambatan perbedaan bahasa dan budaya sudah tidak dapat dihitung banyaknya.

Meskipun sampai saat ini, warga Vietnam-Amerika masih terus berjuang untuk berintegrasi dengan masyarakat lokal Amerika, cerita mengenai warga Vietnam yang berkontribusi untuk Amerika sudah bisa tercium harum namanya. Berikut adalah beberapa contoh warga Vietnam yang berkontribusi besar di Amerika :

  • Nguyet Anh Duong – Seorang inventor bunker buster bomb yang membantu Amerika menang di perperangan melawan Afghanistan
  • Nguyen Dat – Seorang Linebacker yang bermain untuk NFL Dallas Cowboys
  • Nguyen Hung Viet – Seorang kontributor dalam penelitian power roket ruang angkasa NASA Colombia
  • Dinh Viet – Seorang Ketua Deputi US Justice Departemen di dalam tim pertama Presiden Bush
  • Mina Nguyen – Seorang Direktur Public Relation Labor Departemen
  • Truong Hong Son – Seorang Ilmuwan yang sangat dihormati di NASA

[ADSense-C]

 Kesuksesan warga Vietnam di Amerika ini tidak hanya menguntungkan Amerika, tapi juga menguntungkan Vietnam dari sisi finansial. Warga Vietnam – Amerika di tahun 2011 telah memberikan 5 – 9 Milyar Dolar Amerika kepada ekonomi Vietnam.

Kesimpulan

Perang Vietnam membawa banyak dampak dari berbagai sisi. Beberapa dampak tersebut dapat dilihat dari sisi sosial, sisi ekonomi, sisi politik, dan sisi militer. Secara khusus, Amerika lah yang terkena dampak jangka panjang baik secara negatif maupun positif dari terjadinya Perang Vietnam ini. Perang ini membuat Amerika lebih bijak dalam pembuatan kebijakannya dan mengenai bagaimana prosedur penyelesaian masalahnya. Perang Vietnam ini membuat warga Vietnam memiliki karakter yang sangat kuat dalam mencapai cita-cita dan membuat Amerika menjadi lebih baik dari sistem dan kebijakannya dari waktu ke waktu.

Jenis-jenis perang yang terjadi di seluruh dunia disebabkan oleh banyak faktor. Akan lebih baik jika kita mencari  solusi agar perang tidak terjadi, daripada harus mencari solusi bagaimana menangani dampak dari perang tersebut. Dampak-dampak perang seperti perang vietnam atau akibat perang dunia 2, atau perang-perang lain yang telah terjadi dapat menjadi pelajaran agar tidak terulang di masa depan.

, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, January 2018 / 08:09 Oleh :
Kategori : Militer