Sponsors Link

Inilah 10 Contoh Konflik Internasional Antar Negara yang Sempat Menghebohkan

Sponsors Link

” Konflik” ? apa yang ada didalam fikiran para pembaca saat mendengar kata diatas? konfik sangat identik dengan perpecahan atau pertempuran. Konflik menyebabkan suatu hal yang baik berubah menjadi hal yang tidak baik, kerukunan menjadi perbecahan, kebahagiaan menjadi kesediahan, dan ketentraman menjadi ancaman. Ada banyak alasan kenapa konflik itu terjadi, salah satunya adalah konflik yang timbul akibat adanya  Ancaman Politik dari Dalam Negeri, adanya Konflik internasional yang muncul antar negara.

ads

Konflik juga bisa disebabkan oleh kesalahan manusia yang memang disenagaja untuk mengganggu orang sekitar, kamu bisa mengetahuinya lewat  contoh pelanggaran norma sosial ,  contoh kasus kekerasan terhadap perempuan, contoh pelanggaran HAM di lingkungan bangsa dan negara. Tentu hal ini menyebabkan konflik yang berkepanjangan dan sulit untuk diatasi jika tidak berusaha untuk mencari solusinya.

Namun, banyak orang yang tak tahu sebenarnya apa itu konflik dan seperti apa bentuk konflik yang terjadi diluar sana atau lebih tepatnya dinegara-negara luar? untuk itu, dibawah ini kami akan menjelaskan tentang apa itu konflik dan beberapa contoh konflik yang telah terjadi dan menggemparkan dunia. Penasaran? yuk disimak pembahasan dibawah ini:

1. Konflik Korea Utara 

Siapa sih yang tidak tahu konflik yang sedang terjadi antara korea selatan dan korea utara ini? bahkan seluruh bagian belahan dunia pun juga menegtahui hal ini, bahwa perang ini termasuk dalam perang yang tidak menemukan adanya titik terang atau kejelasan dalam mengahadapinya. Bahkan pihak PBB pun mengalami kebuntuan ketika berhadapan dengan hal ini, hal ini dikarenakan kedua belah pihak yang memang merasa paling benar, paling kuat, dan paling berkuasa sehingga tidak ada yang berani memulai untuk berdamai.

Perang yang sudah berlangsung sangat lama ini menyebabkan semua masyarakat yang terlibat menjadi terbiasa dan tidak terlalu memgambil pusing, hal penting menurut mereka adalah mereka tetap merasa aman karena terlindungi oleh tentara masing-masing kubu, perang yang terjadi pada tanggal 25 juni ini menyita banyak perhatian pasang mata dunia karena negara yang sama-sama menyandang nama “korea” saja bisa terlibat konflik yang sulit diselesaikan.

2. Konflik Suriah

Konflik suriah merupakan salah satu konflik yang juga menarik berbagai pasang mata dunia, bahkan konflik ini mendapat perhatian dari pemimpin beberapa negara tetangga. Konflik ini didasari oleh kepentingan politik dan ekonomi yang dialami oleh masyarakatnya, akibat dari konflik ini tak banyak warga suriah yang mengalami kelaparan, kehilangan tempat tinggal, bahkan berujung kematian.

Konflik yang mulai terjadi ditahun 2011 ini tak menemukan titik terang dan solusinya, sehingga smpai saat ini masyarakat suriah harus hidup dalam tekanan dan ketidak sejahteraan. Meskipun banyak hal yang menyebabkan konflik ini, namun beberapa pihak percaya bahwa penyebab utama nya adalah karena alasan politik, dan dari konflik politik tersebut mulai menyebarlah penyebab-penyebab lainya seperti ekonomi, budaya, paham pikir, ideologi bahkan media massa.

3. Konflik Palestina-Israel

Konflik yang juga tidak menemui titik terang ini juga menyita perhatian seluruh masyarakat yang berada di seluruh penjuru dunia, konflik yang berawal dari perebutan wilayah dan kepemilikan wilayah ini sudah sangat terkenal dan memakan banyak korban lebih dari juta ribu. Perang yang hampir setiap hari terjadi menjadikan masyarakat yang berada disana tidak lagi merasa nyaman dan aman, bahkan mereka harus hidup dalam rasa kekhawatiran.

Tidak adanya kesepakatan, perdamaian, dan titik temu menjadikan perang ini tak kunjung berakhir, sehingga masa depan masyarakat palestina atau israel akan terancam. Jumlah penduduk yang menjadi korban juga akan selalu bertambah jika kedua belah pihak tidak berdamai.

4. Konflik Masyarakat Rohingnya

Konflik rohingnya beberapa waktu lalu menjadi sangat heboh diseluruh penjuru dunia, konflik yang terjadi di Myanmar ini terjadi sejak tahun 2015 lalu sempat menghebohkan karena pemberitaan nya yang sangat sering ditayangkan di berbagai stasiun televisi. Konflik ini diduga terjadi akibat adanya pelanggaran HAM yang dilakukan masyarakat muslim terhadap rakyat myanmar, bukan hanya itu sja ternyata ada banyak penyebab mengapa konflik ini sempat heboh dan tak kunjung usai.

Akibat dari konflik ini banyak masyarakat Rohingnya atau myanmar yang menjadi korban dengan cara yang sadis dan bisa dibilang tidk manusiawi.

5. Konflik Arab-Iran

Konflik yang satu ini terjadi antara masyarakat Arab saudi dan Iran, konflik yang disebabkan oleh adanya persaingan antar kedua negara ini khusunya dalam hal perekonomian. Iran diduga telah memanfatkan sejumlah pelaku ekonomi regional yang ada sehingga memperkuat kekayaan ekonomi negara tersebut, sehingga hal ini mendapat protes keras dari masyarakat arab saudi.

Masyarakat arab saudi juga berusaha untuk melakukan bebrapa strategi-strategi yang diharapkan berhasil untuk mengembalikan perekonomian negara mereka dari persaingan dengan iran.

6. Konflik Afganistan

Tak banyak yang tahu bahwa negara Afganistan juga sedang mengahadapi konflik lebih tepatnya perang, perang afganisatan sudah terjadi ditahun 2001 sampai saat ini, lamanya perang ini tak kunjung usai terjadi karena tidak adanya titik temu antar pelaku konflik. Perang yang sudah menewaskan lebih dari 30,000 tentara sipil ini membuat keresahan di masyarakat dan rasa takut serta tidak aman.

7. Konflik Venezuela

Konflik yang terjadi di Venezuela ini atau lebih tepatnya krisis yang terjadi di Venezuela ini memang tidak banyak pihak yang mengetahuinya, karena memang konflik ini tidak sebesar konflik antar korut-korsel, israel-palestina dan konflik-konflik lainya. Namun tetap saja konflik ini menyebabkan turunya tingkat kesejahteraan yang dialami oleh masyarakatnya. Konflik ini diduga kareana perekonomian negara tersebut yang menurun dan adanya beberapa pihak politik yang mencoba memanfaatkan situasi ini untuk hal yang tidak baik, salah satunya adalah kekuasaan.

8. Konflik Yaman

Konflik Yaman kali ini dipicu karena krisis ekonomi yang terjadi, sehingga banyak msyarakat yaman yang meninggal akibat kelaparan. Data menunjukan lebih dari 3 juta masyarakat Yaman meninggal akibat kelaparan, Bukan hanya itu saja, kasus kesehatan masyarakat yang menurun juga menajdi penyebab konflik yaman. Diduga 1 juta masyarakat yaman menderita penyakit mata yaitu kolera, sehingga banyak masyarakat Yaman yang mengalami gangguan penglihatan bahkan berujung kebutaan.

Peran pemerintah dan negara-negara lain sebagai penyumbang bantuan sangat dibutuhkan dalam hal ini, akrena jika hal ini dibiarkan akan leboh banyak masyarakat Yaman yang akan menjadi korban nya.

9. Konflik sahel

Konflik sahel atau lebih sering disebut dengan krisis mali ini terjadi ditahun 2012. Konflik in i terjdi antara masyarakat mali yang protes dengan pemerintahan yang terjadi dan berusaha untuk menggulingkan pemerintahan yang ada, hal ini disebabkan karena masyarakat tersebut merasa tingkat kesejahteraan yang menurun, pendapatan mereka yang tidak meningkat serta perekonomian yang kian melemah.

10. Konflik Republik Kongo

Konflik kongo disebabkan oleh gejolak politik yang terjadi, konflik ini bertujuan untuk meraih kekuasaan dan menguasai semua hal termasuk sumber daya yang ada di negara tersebut. Tak jarang ada tindak kekerasan dalam hal ini, lebih dari 1 juta masyarakat yang telah emnajdi korban bik dari anak-anak maupun dewasa, kekerasan yang terjadi tidaklah memandang usia lagi, siapa yang mengganggu maka pelaku-pelaku konflik ini tidak segan-segan untuk membunuhnya.

nah, itulah tadi bebrapa konflik yang terjaadi sampai saat ini yang menggemparkan dunia internasional, semoga kita bisa menghindari konflik yang ada di negara kita ini.

Semoga ulasan ini bermanfaat dan terima kasih.

, , ,
Post Date: Wednesday 25th, September 2019 / 09:49 Oleh :
Kategori : Internasional