Sponsors Link

3 Contoh Konflik Antar Kelas Sosial Di Masyarakat Yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Konflik merupakan suatu pertentangan yang timbul antara dua pihak, dimana masing-masing pihak berusaha untuk mempertahankan hidup, prinsip serta eksistensinya. Selain itu, terdapat beberapa pendapat ahli yang dapat menambah pemahaman mengenai pengertian konflik.

ads

Supaya lebih memahami pengertian konflik, memang perlu membaca referensi dari para pakarnya, dan berikut akan dijelaskan tentang pengertian konflik dari beberapa ahli, antara lain yaitu :

  • Taquiri dan Davis. Menurut keduanya, pengertian konflik ialah warisan kehidupan social yang terjadi dari berbagai keadaaan yang disebabkan adanya kebangkitan keadaan ketidak sepakatan, pententangan serta kontroversi diantara dua pihak atau bahkan lebih, dan terjadi secara berkelanjutan atau terus-menerus.
  • Lewi A. Coser. Menurutnya, konflik merupakan perjuangan tuntutan atau nilai atas status. Konflik tak bisa dipisahkan dari masyarakat dan akan selalu ada, alhasil bila ada masyarakat maka akan muncul yang namanya konflik.
  • Soerjono Soekanto. Konflik adalah suatu keadaan pertentangan diantara dua pihak yang saling berusaha memenuhi tujuan dengan cara menentang pihak lainnya atau pihak lawan.

Contoh Konflik Antar Kelas Sosial

Berbeda dengan penyebab konflik antar golongan, Contoh konflik antar kelas sosial memang beraneka ragam, seperti penjelasan sebelumnya konflik antar kelas sosial ini dipicu adanya perbedaan kepentingan diantara dua kelas berbeda.  Berikut merupakan contoh konflik antar kelas sosial di masyarakat, anatara lain :

  1. Konflik yang terjadi antara kelas proletar (buruh) dengan kelas borjuis.

Contoh konflik antar kelas sosial menurut Karl Marx adalah konflik yang terjadi antara kelas proletar (buruh) dengan kelas borjuis. Untuk penjelasan lebih jelasnya yaitu, konflik ini terjadi antara karyawan dengan perusahaan untuk menuntut adanya kenaikan gaji atau upah.

  1. Konflik Aceh

Konflik Aceh sendiri memiliki akar sejarah yang panjang, akar permasalah konflik sangat berkaitan dengan hubungan kekuasaan diantara pemerintah pusat dengan rakyat serta elit sosial yang berada di Aceh. Konflik ini terjadi antara Pemerintah Negara Keatuan Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Aceh, konflik ini merupakan bentuk adanya ketidak sesuaian antara kenyataan yang diharapkan di berbagai sektor, khususnya di bidang pembangunan yang berdampak kepaka kemiskinan, pemerataan pendidikan, serta tingkat keselamatan masyarakat yang dianggap rendah.

Gerakan Aceh Merdeka (GAM) didirikan oleh seorang tokoh bernama Haan Datuk di Tiro pada tahun 1976, dengan membawa propaganda anti Jawa. Berdirinya GAM adalah sebuah puncak dari rangkaian faktor pendorong adanya konflik antara pemerintah pusat dengan konflik yang ada di Aceh.

  1. Konflik Papua

Akar permasalahan konflik Papua tak jauh berbeda dengan konlflik Aceh,  bila aceh memiliki GAM, Papua ada Organisasi Papua Merdeka atau disingkat dengan OPM. OPM berdiri sejak tahun 1964, permulaan maneuver OPM terjadi pada tahun 1965 di Ransiski, Manokwari pada saat Indonesia tengah dilandan krisis politik 1965 hingga 1966.

Secara umum, kegiatan OPM ialah melakukan maneuver-manuver sporadis menyerang pos-pos keamaanan, baik itu pos tentara ataupun pos polisi. Bukan itu saja, OPM juga melakukan sabotase sarana vital dan strategis, contohnya yaitu menyerang tambang Freeport, menyerang transmigran serta melakukan penghasutan massa.

Menurut Esther Heidbuchel, konflik Papua terjadi dikarenakan adanya beberapa faktor seperti :

  • Kurang mulunya pelakanaan Pepera yang sempat diadakan Pemerintah Indonesia pada waktu mengambil alih kembali Papua oleh Belanda.
  • Pelanggaran Hak Asasi Manusia.
  • Pengabaian kebutuhan serta aspirasi masyarakat Asli Papua.

Konflik sendiri memiliki macam-macam, yaitu contoh konflik antar kelas sosial, konflik individu, konflik rasial, konflik agama, konflik politik, konflik social dan serta internasional. Agar menjadi lebih jelas, berikut merupakan penjelasnya :

  1. Konflik antar Kelas Sosial

Konflik antar kelas sosial memiliki makna dimana konflik yang biasanya terjadi dikarenakan adanya perbedaan kepentingan dari masing-masing kelas sosial yang sedang berselisih paham. Sebagai contoh konflik antar kelas sosial menurut Karl Marx adalah konflik yang terjadi antara kelas proletar (buruh) dengan kelas borjuis.

  1. Konflik Individu

Konflik individu merupakan jenis konflik yang terjadi diantara individu dengan individu lain atau bisa juga dengan kelompok masyarakat. Konflik individu kerap terjadi di dalam keluarga, dunia kerja, pertemanan dan masih banyak lainnya.

  1. Konflik Rasial

Konflik rasial terjadi antara dua ras bahkan lebih  yang saling berbeda. Pengertian konflik antar ras ini timbul pada saat suatu ras merasa lebih unggul serta lebih memetingkan kepentingan kelompoknya sendiri dari pada kepentingan bersama.

  1. Konflik Politik

Konflik politik terjadi mana kala timbul perbedaan pandangan di dalam kehidupan politik. Umumnya, konflik ini muncul dikarenakan masing-masing kelompok ingin menduduki atau menguaai suatu sitem pemerintahan.

  1. Konflik Agama

Konflik agama terjadi antara  kelompok-kelompok yang memiliki keyakinan dan agama berbeda. Sebagian besar, masyarakat beranggapan jika agama sebagai turunan serta pedoman hidup yang wajib diikuti secara mutlak. Alhasil, apa saja dianggap berbeda atau bahkan tidak sesuai dengan agama yang dianut akan dianggap sebagai masalah dan selanjutnya menyulut terjadinya konflik.

  1. Konflik Sosial

Konflik sosial merupakan jenis konflik yang timbul di kehidupan sosial masyarakat. Penyebab konlikf sosial paling umum contoh yaitu masalah ekonomi, komunikasi, pergaulan serta masalah-masalah yang berada di kehidupan sosial masyarakat lainnya.

  1. Konflik Internasional

Konflik internasional ialah suatu konflik yang timbul diantara negara-negara di dunia, baik Negara berkembang ataupun negara maju sekalipun. Konflik ini dapat timbul dikarenakan suatu negara merasa dirugikan oleh negara lain. Bisa juga, diantara masing-masing negara yang berkonflik ingin memperebutkan eksisteninya di mata dunia. Contohnya yaitu penyebab perang Pakistan dan India.

Demikianlah contoh konflik antar kelas sosial yang terjadi di masyarakat. Untuk meredam konflik memang diperlukan pengendalian konflik sosial paling efektif. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Monday 29th, July 2019 / 07:37 Oleh :
Kategori : Pro Kontra