Sponsors Link

9 Contoh Kasus Pengingkaran Warga Negara dan Solusinya

Sponsors Link

Penetapan hak warga negara adalah hal mutlak yang harus mendapat perhatian khusus dari negara  sebagai jaminan di junjung tingginya sila ke-5 yaitu “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.  Pengakuan Hak  sebagai warga negara indonesia dalam konsepnya mendorong terciptanya  suatu masyarakat yang tertata baik. Namun dalam praktik atau kenyataannya hak warga negara justru hanya dijadikan slogan pemerintah untuk menarik simpati warga negara dan diajak untuk “bermimpi” bisa mendapatkan pengakuan  akan hak – hak tersebut secara utuh. Misalnya saja hak warga negara untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Tentunya jika melihat kondisi rakyat di negara Indonesia ini, hal itu hanya menjadi impian semata. Pengakuan hak hanya untuk warga negara yang mampu membeli hak – hak tersebut dengan uang, jabatan dan kekuasaan.

ads

Sedangkan untuk rakyat yang kurang beruntung kehidupannya hanya bisa menunggu kapan mereka dioerhatikan kesejahteraannya atau menunggu berubahnya kebijakan pemerintah yang lebih memihak kepada mereka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setiap warga Negara dijamin haknya oleh pemerintah sesuai dengan yang tercantum dalam UUD 1945. Namun seperti yang kita ketahui dan kita rasakan. Hingga saat ini masih banyak perilaku yang dianggap merupakan pelanggaran terhadap hak warga Negara, baik oleh Negara ataupun warga Negara lainnya sebagimana dalam contoh hukuman denda.

Memang didalam pelaksanaannya ada kecenderungan lebih mengutamakan hak  – hak daripada kewajiban – kewajiban asasi warga negara. Ada kecenderungan menuntut hak – hak yang berlebihan sehingga merugikan orang lain.penuntutan hak – hak yang berlebih – lebihan atau tanpa batas akan merugikan orang lain  yang memiliki hak yang sama seperti pada pelanggaran perusaahn terhadap karyawan . Oleh sebab itu, pelaksanaan hak – hak warga negara perlu dibatasi, akan tetapi tidak dihilangkan atau dihapuskan. Beberapa contoh kasus berikut ini merupakan gambaran bagimana masih terdapat berbagai pelanggaran yang terjadi seperti 9 Contoh Kasus Pengingkaran Warga Negara dan Solusinya berikut ini.

  1. Tidak Membayar Pajak

Salah satu pendapatan utama negara berasal dari sektor pajak yang disetorkan oleh setiap warga negaranya. Para wajib pajak harus paham betrul bahwa p[enyokong utama pendapatan negara kita berasal dari seko=tor ini. Keenganan mamatuhi aturan dan membayar pajak secara rutin tentu akan berimbas pada jumlah penerimaan kas negara. Karenannya perbuatan tidak melanggar dan mengabaikan membayar pajak  merupakan bentuk pengingkaran warga negara sebagiaman juga pelanggaran karyawan terhadap perusahaan .

  1. Pelanggaran HAM

Pelanggaran terhadap hak asasi manusia sebetulnya karena terjadinya pengabaian terhadap kawajiban asasi. Sebab antara hak dan kawajiban merupakan dua hal yang tak  terpisahkan. Bila ada hak pasti ada kewajiban, yang satu mencerminkan yang lain. Bila seseorang atau aparat negara melakukan pelanggaran HAM, sebenarnya dia telah melalaikan kewajibanya yang asasi. Sebaliknya bila seseorang/kelompok orang atau aparat negara melaksanakan kewajibanya maka berarti dia telah memberikan jaminan terhadap hak asasi manusia. Sebagai contoh di negara kita sudah punya UU No.9 tahun 1998 berkenaan dengan hak untuk menyampaikan aspirasi secara lisan dan tertulis seperti dalam kasus pelanggaran hak warga negara .

Sponsors Link

Disatu sisi undang-undang tersebut merupakan hak dari seseorang warga negara, namun dalam penggunaan hak tersebut terselip kewajiban yang perlu diperhatikan. Artinya seseorang atau kelompok yang ingin berunjuk rasa dalam undang-undang tersebut harus memberi tahu kepada pihak keamanan (Polisi) paling kurang 3 hari sebelum hak itu digunakan. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati hak orang lain seperti tidak mengganggu kepentingan orang banyak, mentaati etika dan moral sesuai dengan budaya bangsa kita.

  1. Pelanggaran Mengenai Perihal Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar merupakan salah satu amanat UUD 1945, bahkan pemerintah telah memberikan keringanan berupa pembebasan biaya pendidikan dasar selama 9 Tahun. Tentu hal ini merupakan upaya pemerintah dalam mengenjot sektor pendidikan agar para genarasi penerus bangsa kita memiliki pendidikan dasar yang mumpuni. Pelanggaran terhadap pendidikan dasar menjadi salah satu bentuk penginggaran warga negara.

  1. Tidak Mau Mengikuti Kewajiban Bela Negara

Kewajiban bela negara menjadi salah satu hal utama yang melekat sebagai tanggung jawab menjadi warga negara. Sebab dalam sebuah negara tentu tidak dapat hanya menggantungkan nasib bangsa kepada anggota TNI dan polri saja. Msayarakat selaku warga negara juga memiliki kewajiban dalam mengemban tugas membela negara dan tanah air sebagimana jenis pelanggaran pemilu  .

  1. Tidak Ikut Serta Dalam Upaya Pencapaian Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional menjadi bagian penting dalam amanat undang-undang. Tentu hal ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah. Melainkan juga kewajiban warga negara untuk mensukseskan pembangunan nasional. Sehingga perkembangan dan kemajuan negara dapat tercapai dengan baik sebagiaman tujuan hukum ketenagakerjaan dan tujuan hukum bisnis .

  1. Melanggar Aturan Lalu Lintas

Pelanggaran lalu lintas merupakan bentuk pelanggaran yang kerap dilakukan oleh sebagian masyarakat. Rendahnya tingkat kesadaran serta ras menyepelekan menjadi salah satu faktor mengapa kesadaran masyarakat untuk memahuti aturan lalu lintas rendah. maka jangan heran jika angka kecelakaan yang berakibat pada kematian terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

  1. Merusak Fasilitas Publik

Kerap kali kita temui tangan tangan nakal yang tidak bertanggung jawab merusak berbagai fasilitas umum yang ada. Misalnya mencoret coret jembatan penyebrangan, merusak fasilitas telepon umum, halte dan masih banyak lagi. Hal ini memnunjukkan bahwa mental masyarakat indonesia masih belum dewasa. Serta masih bersikap kurang peduli dan cinta tergadap sara publik yang dimiliki.

  1. Korupsi

Korupsi merupakan salah satu perilaku yang mencerminkan ketidakjujuran. Perilaku ini, dapat merugikan rakyat dan negara hingga trilyunan rupiah. Itu artinya seseorang mengingkari banyak kewajibannya sebagai warga negara senagimana jenis tindak pidana korupsi . Kewajiban tersebut antara lain kewajiban menghormati orang lain, membela negara, dan ikut serta dalam mencapai tujuan pembangunan nasional. Dengan demikian, sungguh banyak kesalahan dan dosa orang yang melakukan korupsi.

Sponsors Link

  1. Tidak Berpartisipasi Dalam Kegiatan Kemasyarakatan

Contoh kegiatan lingkungan, misalnya ikut serta pelaksanaan siskamling, membayar iuran warga, dan ikut serta membantu korban bencana alam. Tidak ikut siskamling, berarti pengingkaran terhadap kewajiban membela dan mempertahankan negara, dalam hal ini menjaga lingkungan,. Membayar iuran warga, sama dengan tidak membayar pajak, yang akan digunakan untuk kesejahteraan wwraga sendiri. Dan tidak ikut serta membantu korban bencana alam juga merupakan perwujudan tidak melaksanakan kewajiban membela negara sebagi tujuan hukum pidana .

Solusi Untuk Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara 

Upaya untuk mencegah timbulnya kasus-kasus pengingkaran warga Negara serta untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya melaksanakan kewajiban warga Negara dapat dilakukan dengan:

  • Melalui kegiatan di sekolah
    Peraturan sekolah adalah tata tertib pada suatu sekolah yang wajib ditaati oleh setiap warga sekolah tersebut, jika melanggarnya akan terkena sanksi dari pihak sekolah. Para guru dapat mengajarkan para siswanya untuk menjadi warga Negara yang baik.
  • Melalui kegiatan di masyarakat
  • Adanya sanksi yang tegas bagi warga negara yang mengingkari kewajiban sebagai warga Negara.
    Sebagian warga negara Indonesia malas untuk melakukan pajak. Mereka beranggapan bahwa pajak itu tidak ada manfaatnya. Padahal dari pajak itu sudah disesuaikan dengan peraturan yang berlaku dan pajak itu akan dikembalikan ke masyarakat lagi dengan berbagai bentuk seperti pembangunan jalan, jembatan dan lain sebagainya. Pemerintah akan memberi sanksi atau denda bagi orang yang telat membayar pajak.
  • Badan-badan penegak hukum tidak boleh deskriminatif.
  • Adanya kontrol dari masyarakat

Itulah tadi 9 Contoh Kasus Pengingkaran Warga Negara dan Solusinya. Semoga dapat bermanfaat.

, , ,
Post Date: Friday 07th, September 2018 / 11:46 Oleh :
Kategori : HAM