10 Contoh Hukum Kebiasaan Yang Ada Di Indonesia

Selain hukum yang tertulis, terdapat pula kaidah hukum yang tidak tertulis, yang disebut dengan hukum kebiasaan. Menurut pendapat A. Ridwan Halim kebiasaan adalah tata cara hidup yang dianut oleh suatu masyarakat atau suatu bangsa dalam waktu yang lama, dan memberikan pedoman bagi masyarakat yang bersangkutan untuk berpikir dan bersikap dalam menghadapi berbagai hal yang terjadi dalam kehidupannya. Apabila kebiasan telah diterima oleh masyarakat umum dan dilakukan secara berulang-ulang serta dianggap baik atau bermanfaat, maka segala tindakan yang bertentangan dengan kebiasaan tersebut akan dirasakan sebagai perbuatan pelanggaran hukum.

Dengan demikian, kebiasan dalam pergaulan hidup di masyarakat dipandang sebagai hukum. Hukum kebiasaan dibentuk oleh lingkungan setempat. Salah satu contoh hukum kebiasaan yaitu kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat, salah satunya kebiasaan masyarakat Dayak yang mengharuskan perkawinan dilaksanakan dengan sistem endogami, yaitu perkawinan antarkeluarga yang masih terdapat dalam satu rumpun suku bangsa bersangkutan sebagaimana contoh hukim undang undang.

Utrecht mengemuka kan bahwa hukum kebiasaan adalah himpunan kaidah-kaidah yang meskipun tidak dibentuk oleh badan perundang-undangan, tetapi masyarakat tetap mematuhinya. Hukum kebiasaan sangat erat kaitannya dengan kegiatan sehari hari yang dilakukan oleh masyarakat sebagai salah satu contoh hukum objektif . Hukum kebiasaan juga terikat oleh ada dan istiadat serta norma yang berlaku dimasyarakat. Sehingga kemudian hukum kebiasaan tidak menjadi sesuatu hal yang memberatkan atau juga membebani. Untuk lebih jeladnya maka berikut 10 Contoh Hukum Kebiasaan yang ada di Indonesia.

1. Memberi ucapan selamat dan hadiah bagi yang berprestasi

Sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi orang indonesia untuk memberikan ucapa selamat kepada seseorang atas keberhasilannya. Tidak hanya itu, bahkan beberapa orang juga memiliki kebiasaan memberikan hadiah atau bingkisan terhadap mereka yang telah berprestasi. Maka tidak heran jika kemudian seorang atlit yang juara akan kebanjiran ucapan selamat dari selutuh masyarakat Indonesia. Selain bentu dukungan dan apresiasi hal ini juga merupakan rasa syukur atas prestasi yang dicapai atlet tersebut. Sehingga hal ini akan memompa semangatnya untuk terus berprestasi kembaki pada pertandingan pertandingan yang akan datang.

2. Berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi

Salah satu kebiasaan masa kecil yabg selalu ditanamkan oleh orang Indonesia kepada anaknya adalah agar selalu berpamitan saat hendak kemanapun ia pergi. Hal ini telah melekat dan menjadi sebuah kebiasaan yang mendarah daging.   Bahkan juga saat dewasa kebiasaan ini akan terus dilakukam hingga diturunkan kepada anak dan cucu. Tentu saja kebiasaan ini merupakan bentik kebiasaan yang melekat pada masyarakat indonesia secara turun temurun dan akan terus dilakukan dalam macam macam hukum positif .

3. Melakukan upacara adat

Sebagaimana kita tahu bahwa bangsa indonesia atau bangsa kita ini merupakan bangsa yang majemuk yang terdiri dari ratusan suku bangsa. Setiap suku memiliki adat istiadat yang mereka junjung dengan kuat sebagai bagian dari sebuah identitas. Maka tentu tidak heran jika hingga kini upacara upacara adat masih banyak dilakukan dan terus dilakukan. Sebab hal ini merupakan bagian dari bentuk penghargaan terhadap kaum pendahulu. Sekaligus juga menjadi bagian dari upaya melestarikan dan mempertaha kan adat agar tidak hilang ditelan modernisasi jaman. [AdSense-B]

4. Mengucapkan terima kasih

Mengucapkan terima kasih merupakan salah satu bentuk hukum kebiasaan yang masih berlaku hingga saat ini. Bahkan kebiasaan ini telah ditanamkan dan diajarkan oleh para orang tua sejak anak mereka kecil. Bagi orang indonesia ucapan terima kasih merupakan bentuk penghargaan bagi mereka yang telah berkenan memberikan sesuatu atau juga melakukan sesuatu yang membantu. Penghargaan ini dilakukam sebagai upaya untuk menghargai bentuk bantuan yang diperoleh. Mengucapkan tetima kasih juga merupakan bagian dari akar budaya dan juga sikap masyarakat indonesia yang dikenal dengan kesantunannya.

5. Berperilaku sopan santun 

Sopan santub merupakan sebuah prilaku yang melekat dalam kehidupan masyarakat indonesia. Bagi sebagian besar masyarakat indonesia sikap ini mencerminkan mengenai perilaku yang amat dijunjung tinggi. Sekagus upaya dan kebiasaan untuk memanusiakan dan menghormati orang lain sebagainana macam macam bentuk hukum perusahaan . Sikap sopan santu menjadi kebiasan yang lahir dan di tanamkan sejak kecil. Namun bisa kemudian menjadi terkikis akibat adanya perubahan dan pengaruh dari luar.

6. Menggunakan tangan kanan saat mengambil atau memberikan sesuatu

Bagi ornag indonesia menggunakan tangan kanan selain merupakan sebuah kebiasaan juga merupakan bentuk penerapan tata krama dan sopan santun. Tangan kanan dianggap lebih sopan ketimbang tangan kiri dalam sifat sifat hukum . Terlebih lagi negra kita memang mayoritas di huni oleh kaum muslimin yang tentunya ajaran ajarannya juga berdampak langsung pada hukum kebiasaan yang ada di masyarakat. Mengambil atau memberikan sesuatu menggunakan tangan kanan dianggap lebih sopan ketimbang menggunakan tangan kiri yang dirasa tidak sopan dan dapat menyingung perasaan orang lain.

7. Menghormati orang yang lebih tua

Bagi orang Indonesia menghormati orang yang lebih tua merupakan kebiasaan yang sudah turun temurun. Hal ini juga telah menjadi sebuah  budaya yang mengakar. Maka ketika kita bertemu orang yang lebih tua kita menggunakan panggilan khusus bagi mereka selain itu, gesture dan cara berbicara serta bahasa yang dipakai juga akan berbeda dengan apa yang biasa dipakai dalam bahasa bersama rekan sebaya sebagaimana contoh hukum privat . Hukum kebiasaan menghormati orang tua merupakam sebuah kebiasan yang sudah ditanamkan secara turin temurun. Jika anda perhatikan tidak ada anak di indonesia yang memanggil nama ayahnya sebab hal tersebut sangat dianggap tidak sopan.

8. Menaati setiap peraturan yang dibuat

Hukum kebiasaan yang juga berlaku di indonesia adalah menaato segala peraturan yang dibuat. Baik ketika berada di lingkungan sekolah, kerja atau bahkan di rumah. Sebab bagi orang indonesia menerapkan aturan merupakan bagian penting dalam upaya menegakkan peraturan dan tata tertib. Di masyarakat juga kita dituntut untuk mematuhi segala aturan yang berlaku agar tidak melanggar hukum tentunya. [AdSense-C]

9. Berperilaku sopan santun 

Perilaku sopan santu merupakan sebuah bentuk dari perberdayaan etika yang sudah ditanamkan sejak dini. Sejak masa kanak kanak kita telah belajar mengenai arti dari cara dan prilaku sopan santun. Sehingga hal inah yang kemudoan berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang seperti macam macam hukuman mati . Kebiasaan berprilaku sopan santu merupakan cikal bakal melahirkan generasi yang beretika dan bermoral.

10. Bersikap Ramah

Bersikap ramah tamah juga merupakan kebiasaan yang melekat kedalam kepribadian masyarakat indonesia. Bahkan hal ini telah banyak diakui oleh masyarakat dunia. Dimana orang indonesia dikenal sebagai salah satu penduduk paling ramah di dunia. Tentu saja hal ini memberikan citra yang positif dan sangat bermanfaat bagi pemgembangan sektor pariwisata.

Itulah tadi 10 Contoh Hukum Kebiasaan yang ada di indonesia. Semoga dapat menjadi referensi dan tambahan pengetahuan bagi anda. Serta semoga artikel ini dapat bermanfaat.