4 Ciri Khas Demokrasi Pancasila yang Berlaku di Indonesia

ciri khas demokrasi pancasila masih menjadi topik yang menarik untuk dikaji. Sebagaimna kita tahu bahwa negara kita ini mengnaut sisiem demokrasi pancasila. Bagi anda yang masih belum paham mengenai hal tersebut, maka mari sedikit kita kita simak mengenai apa itu demokrasi pancasila. ecara umum, pengertian demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang berlandaskan pada nilai-nilai yang terkandung di dalam ideologi Pancasila. Ada juga yang menyebutkan bahwa demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang sumbernya berasal dari falsafah hidup bangsa Indonesia yang digali berdasarkan kepribadian rakyat Indonesia itu sendiri.

Falsafah hidup bangsa Indonesia tersebut kemudian melahirkan dasar falsafah negara Indonesia, yaitu Pancasila yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945. secara ringkas penjelasan poin-poin penting mengenai sistem demokrasi ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Demokrasi dilaksanakan berdasarkan kekeluargaan dan musyawarah untuk mufakat untuk kesejahteraan rakyat.
  2. Sistem organisasi negara dilaksanakan sesuai dengan persetujuan rakyat.
  3. Kebebasan individu dijamin namun tidak bersifat mutlak dan harus disesuaikan dengan tanggung jawab sosial.
  4. Dalam pelaksanaan demokrasi ini tidak ada dominasi mayoritas atau minoritas, namun harus dijiwai oleh semangat kekeluargaan untuk mewujudkan cita-cita hidup bangsa Indonesia.

Demokrasi yang berlaku di Indonesia adalah demokrasi yang berlandaskan nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah/ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Oleh karena itu, demokrasi yang dianut di Indonesia disebut demokrasi Pancasila. Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi yang dihayati oleh bangsa dan negara Indonesia yang dijiwai dan diintegrasikan oleh nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

pada hakikatnya demokrasi Pancasila merupakan sarana atau alat bagi bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan negara. Tujuan negara tersebut sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Inti dari demokrasi Pancasila adalah paham kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang dijiwai dan diintegrasikan dengan sila-sila lainnya.

Dalam sistem demokrasi pancasila terdapat dua asas yakni :

  • Asas kerakyatan yaitu asas atas kesadaran kecintaan terhadap rakyat, manunggal dengan nasib dan cita-cita rakyat, serta memiliki jiwa kerakyatan atau dalam arti menghayati kesadaran senasib dan secita-cita bersama rakyat.
  • Asas musyawarah untuk mufakat, yaitu asas yang memperhatikan dan menghargai aspirasi seluruh rakyat yang jumlahnya banyak  dan melalui forum permusyawaratan dalam rangka pembahasan untuk menyatukan berbagai pendapat yang keluar serta mencapai mufakat yang dijalani dengan rasa kasih sayang dan pengorbanan agar mendapat kebahgiaan bersama-sama

Demokrasi Pancasila yang diterapkan di Indonesia tentu memiliki karakteristik khusus yang . Demokrasi Pancasila merupakan ide atau gagasan yang ingin diterapkan oleh para pendiri negara sejak awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demokrasi Pancasila yang berintikan musyawarah untuk mencapai mufakat dengan berpaham kekeluargaan dan kegotongroyongan mempunyai ciri khas yang membedakan demokrasi yang lainnya.

Berikut karakteristik atau ciri-ciri demokrasi Pancasila:

Ciri khas Demokrasi pancasila

  1. Demokrasi pancasila bersifat kekeluargaan dan gotong royong yang bernafas Ketuhanan Yang Maha Esa

Denokrasi pancasila memiliki cirri utma yakni dilaksanakan atas asas kekluargaan, dimana sendi utamanya ditunjukkan dengan gotong royong serta juga menjunjung tinggi nilai religious yang berlandaskan kepada Ketuhanan yang maha esa. Artinya bahw pancasila sendiri memiliki nilai yang universal karena tidak mengikat kepada satu jenis agama tertentu saja, tetapi bahkan merangkul seluruh masysarakat Indonesia yang memang hidup dalam perbedaan.

[AdSense-B]

2. Demokrasi pancasila harus menghargai hak hak asasi manusia serta menjamin hak hak minoritas

HAM menjadi salah satu spek yang paling dijamin dalam pelaksnaan demokrasi Pncasila. Sebab dalam demokrasi jaminan HAM serta hak minorits terhadp kelompok tertentu menjadi hal utama yang mendsari lahirnya pancasila. Dengan demikian maka tidak akan memunculkan diskriminasi antara kelom[pok tertentu dengan yang lannya. Sebab HAM antara masing maisng individu sama sama dilindungi oleh Negara,

3. Pengambilan keputusan dalam demokrasi pancasila sedapat mungkin didasarkan atas musyawarah untuk mufakat

Musyawarah mufakt merupakan sendi dari pelaksanaan demokrasi pancasila. Saat ini musyawarah selalu dikait-kaitkan dengan dunia politik, demokrasi. Bahkan hal tersebut tidak dapat dipisahkan , pada prinsipnya musyawarah adalah bagian dari demokrasi, dalam demokrasi pancasila penentuan hasil dilakukan dengan cara musyawarah mufakat dan jika terjadi kebuntuan yang berkepanjangan barulah dilakukan pemungutan suara, jadi demokrasi tidaklah sama dengan votting.

Cara votting cenderung dipilih oleh sebagian besar negara demokrasi karena lebih praktis, menghemat waktu dan lebih simpel daripada musyawarah yang berbelit-belit itulah sebabnya votting cenderung identik dengan demokrasi padahal votting sebenarnya adalah salah satu cara dalam mekanisme penentuan

4. Demokrasi pancasila harus bersendi atas hukum

Demokrasi Pancasila harus bersendiatas hukum sebagaimana dijelaskan di dalam Penjelasan UUD 1945, yaitu negara hukum yang demokratis. Sementara itu dalam pelaksanaannya,demokrasi Pancasila berlandaskan: …Pancas la sila keempat, yaitukerakyatan yang dipimpin oleh hikmatdalam kebijaksanaan permusyawaratan/perwakilan.

Itulah tadi penjelasan mengenai 4 ciri khas demokrasi pancasila yang berlaku di indonesia. Semoga dapat bermanfaat.