Sponsors Link

6 Ciri ciri Seorang Tentara Sebagai Prajurit Pembela Tanah Air

Sponsors Link

Ciri ciri seorang tentara, menjadi topik menarik yang akan dibahas. Tentara Nasional Indonesia atau biasa disingkat TNI adalah nama sebuah angkatan perang dari negara Indonesia. Pada awal dibentuk bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) dan kemudian diubah lagi namanya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga saat ini. Tentara Nasional Indonesia (TNI) terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. TNI dipimpin oleh seorang Panglima TNI, sedangkan masing-masing angkatan dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan.

ads

Sejarah TNI Pada masa Demokrasi Terpimpin hingga masa Orde Baru, TNI pernah digabungkan dengan POLRI. Penggabungan ini disebut dengan ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia). Sesuai Ketetapan MPR nomor VI/MPR/2000 tentang pemisahan TNI dan POLRI serta Ketetapan MPR nomor VII/MPR/2000 tentang Peran TNI dan peran POLRI maka pada tanggal 30 September 2004 telah disahkan Rancangan Undang-Undang TNI oleh Dewan Perwakilan Rakyat yang selanjutnya ditandatangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 19 Oktober 2004.

menjadi seorang prajurit nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Terdapat serangkaian tahap seleksi yang harus dilalui mulai dari tingkat daerah (Panda) hingga tingkat pusat (Panpus) yang harus dilalui, dan nanti jika dinyatakan lulus seleksi kamu juga harus melalui proses pendidikan mulai pendidikan pertama (Dikma), Pendidikan Kecabangan hingga pendidikan lanjutan yang begitu memakan waktu. Seorang tentara baik dalam melaksanakan tugas dan juga dalam kehidupan kesehariannya, dapat dilihat dari ciri ciri seorang tentara berikut ini :

1. Daya Juang Tinggi

Daya juang, merupakan salah satu karakter yang terbentuk dari beberapa sifat prajurit. Berikut ini adalah sifat-sifat yang menunjukkan bahwa kamu pantas menjadi seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia.

2. Pantang Menyerah

Dalam kehidupan sehari-hari pasti setiap orang selalu menghadapi berbagai masalah di hidupnya. Namun, dengan semangat pantang menyerah menghadapi setiap permasalahan demi permasalahan yang ada dengan kepala dingin, nyatanya merupakan ciri seorang prajurit sejati.

Karena, dalam setiap operasi militer maupun dalam berbagai penugasan nantinya, sifat pantang menyerah sangat dibutuhkan apalagi ketika seorang prajurit dihadapkan pada sesuatu kondisi yang sulit. Dengan memiliki semangat pantang menyerah, maka dengan kepala dingin maka prajurit tersebut tidak akan kehilangan semangat untuk keluar dari permasalahan yang ada dan justru akan menaklukan permasalahan tersebut.

3. Loyal

Istilah loyal atau setia merupakan sifat yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit. Siap melakukan hal apapun atas perintah pimpinan bahkan jika harus mengorbankan nyawa sekalipun. Karena di dunia militer, dengan menganut sistem pemerintahan garis lurus atau sistem komando, mengharuskan setiap prajurit patuh dan taat serta rela melakukan apapun atas perintah pimpinan tanpa ada pikiran untuk menolak atau bahkan protes sekalipun. Hal inilah yang membedakan seorang prajurit dengan masyarakat sipil.

4. Rela Berkorban

Ketika menghadapi kesulitan, adalah hal yang manusiawi jika kita mendahuluan diri kita dan mengabaikan orang lain. Namun sifat tersebut ternyata tidak boleh ada dalam diri prajurit Tentara Nasional Indonesia. Sebagai seorang prajurit, berkorban demi orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun merupakan sifat yang wajib dimiliki. Karena bagi seorang prajurit, berkorban nyawa demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah hal mutlak yang siap dikorbankan.

Sponsors Link

5. Tabah

Siap ditugaskan ke seluruh pelosok negeri contohnya, merupakan hal yang wajib diterima oleh setiap prajurit. Karena wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan saja hanya Jakarta, Surabaya atau Bali namun tersebar luas keseluruh penjuru provinsi.

Sifat tabah atau sabar ketika menghadapi sesuatu meskipun hati berkata tidak namun karena tugas yang mengharuskan, membuat kita tetap menjalankan perintah tersebut panggilan tugas.

6. Inisiatif

Melakukan sesuatu hal karena panggilan hati karena ingin mengabdi tanpa diperintah merupakan salah satu sifat yang dimiliki setiap prajurit Tentara Nasional Indonesia.Karena bagi seorang prajurit, kebanggaan bagi dirinya akan timbul bukan karena adanya pengakuan dari masyarakat luas, namun ketika berhasil ikut serta membantu meringankan masalahan yang dihadapi oleh rakyat Indonesia.

contohnya adalah ketika terjadi sebuah bencana alam, Tentara Nasional Indonesia tidak akan menunggu perintah dari Presiden, namun akan secara inisiatif langsung turun ke lapangan membantu masyarakat yang sedang kesulitan, meskipun dirinya sendiri tengah menghadapi permasalah yang sama.

Itulah tadi, 6 ciri seorang tentara dalam bertugas. Semoga dapat bermanfaat.

, , ,
Post Date: Thursday 21st, February 2019 / 03:50 Oleh :
Kategori : Militer