Sponsors Link

Ciri Ciri Pembangunan Politik

Sponsors Link

Ciri Ciri Pembangunan Politik, menjadi topik yang kali ini akan kit bahas. Sebagaimana kita tahu bahwa pembangunan politik sendiri terdiri dari dua diksi kosa kata yakni pembangunan dan politik. Dimana keduanya memiliki definisi yang berbeda yakni, pembangunan merupakan  proses perubahan yang terus menerus untuk menuju keadaan yang lebih baik berdasarkan norma-norma tertentu. Sedangkan politik sendiri merupakan proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

ads

Mengacu pada definisi politik di atas, maka kita dapat mengetahui apa tujuan politik. Berikut ini adalah beberapa tujuan politik pada umumnya:

  • Untuk mengupayakan agar kekuasaan di masyarakat dan pemerintahan dapat diperoleh, dikelola, dan diterapkan sesuai dengan norma hukum yang berlaku.
  • Untuk mengupayakan agar kekuasaan yang ada di masyarakat dan pemerintah dapat memperoleh, mengelola, dan menerapkan demokrasi secara keseluruhan.
  • Untuk mengupayakan penerapan dan pengelolaan politik di masyarakat dan pemerintahan sesuai dengan kerangka mempertahankan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan, tujuan politik di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Untuk melindungi hak-hak semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali, dan menjaga pelaksanaan kewajiban-kewajiban dengan melaksanakan pemerintahan untuk mengatur keamanan.
  • Untuk mensejahterakan kehidupan seluruh masayarakat Indonesia.
  • Untuk memastikan terlaksananya sistem pendidikan demi memajukan bangsa dan negara.
  • Untuk menjaga keamanan dan perdamaian, serta kehidupan sosial yang seimbang, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Namun, jika kita telaah kembali, kondisi perpolitikan yang terjadi dan ada saat ini malah justru tak sesuaiu dengan kaidah. Justru yang ada adalah politik dijadikan sebagai ladang untuk mendapatkan kekuasaan dengan berbagai cara sebagaimana  contoh pelanggaran kewajiban warga negara… Untuk mengetahui lebih dalam maka berikut akan di uraikn mengenai ciri ciri pembangunan politik :

  1. Dapat bersifat Geografis

Pembangunan politik dalam konotasi geografis berarti terjadi proses perubahan politik pada negara-negara sedang berkembang dengan menggunakan konsep-konsep dan metoda yang pernah
digunakan oleh negara-negara maju, seperti konsep mengenai sosialisasi politik, komunikasi politik dan sebagainya. Itulah sebabnya pembangunan politik cenderung ditujukan.

Sponsors Link

untuk negara-negara sedang berkembang atas dasar pandangan bahwa di negara-negara sedang berkembang belum terjadi rasionalisasi seperti contoh pelanggaran norma sosial.., integrasi dan demokratisasi.Fenomena ini mengakibatkan timbulnya instabilitas politik yang mempengaruhi kapasitas sistem politik. Karena itu dilaksanakan pembangunan politik untuk mengatasi permasalahannya.

2. Bersifat Derivatif

Pembangunan politik dalam arti derivatif dimaksudkan bahwa
pembangunan politik merupakan aspek dan konsekuensi politik dari proses perubahan yang menyeluruh, yakni modernisasi yang membawa konsekuensi pada pertumbuhan ekonomi, urbanisasi, peningkatan pendidikan, media massa, perubahan status sosial dan aspek-aspek lainnya. Karena itu pembangunan politik berkaitan erat dengan bidang-bidang pembangunan lain seperti ekonomi, sosial, budaya dan keamanan seperti juga  contoh kasus pelanggaran hak warga negara.

Misalnya, keberhasilan pembangunan ekonomi akan mendorong terjadinya peningkatan proses pembangunan politik, demikian pula sebaliknya. Kegagalan pembangunan dalam bidang politik juga akan menghambat proses pembangunan ekonomi. Begitu pula terjadinya stagnasi pembangunan sosial akan menimbulkan
keterbelakangan ekonomi dan politik, sebab dalam kondisi yang demikian masyarakat tidak memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembangunan ekonomi ataupun pembangunan politik. Karena itu, pada dasarnya diperlukan keseimbangan tertentu pada semua bidang pembangunan baik politik, ekonomi, sosial, budaya maupun keamanan.

3. Telelogis

Pembangunan politik dalam arti teleologis dimaksudkan sebagai proses perubahan menuju pada suatu atau beberapa tujuan dari sistem politik. Tujuan-tujuan itu misalnya mengenai stabilitas politik, integrasi politik, demokrasi, partisipasi, mobilisasi dan sebagainya. Juga tujuan pembangunan suatu bangsa meliputi pertumbuhan ekonomi yang tinggi, pemerataan, demokrasi, stabilitas dan otonomi nasional sebagaimana macam macam hukum di Indonesia..

Dari lima tujuan pembangunan yang disebutkan Hungtinton
di atas, di Indonesia dijabarkan dalam Program Pembangunan Nasional (Propenas), yaitu mewujudkan kehidupan demokratis, berkeadilan sosial, melindungi hak-hak asasi manusia, menegakkan supremasi hukum dalam tatanan masyarakat dan bangsa yang beradab, berakhlak mulia, mandiri, bebas, maju, dan sejahtera.

Sponsors Link

4. Bermakna Fungsional

Sedangkan pembangunan politik dalam makna fungsional diartikan
sebagai suatu gerakan perubahan menuju kepada suatu sistem politik ideal yang ingin dikembangkan oleh suatu negara misalnya Indonesia ingin mengembangkan sistem politik demokrasi konstutisional. Dalam rangka ini maka MPR dalam era reformasi melakukan amandemen UUD 1945, yang cenderung lebih memperkuat kedaulatan rakyat atau lebih demokratis.

Hal ini dapat dilihat pada pasal 6A, bahwa Presiden dan Wakil Presiden dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat. Selain itu pemerintah era reformasi melakukan pada penataan struktur politik maupun infra struktur politik baik supra struktur politik maupun infra struktur politik sebagaimana  dampak positif dan negatif demokrasi..

Pembangunan politik dapat mencakup satu aspek saja, misalnya aspek budaya politik, tetapi dapat pula mencakup banyak aspek, tergantung kondisi sosial politik negara tersebut. Sebenarnya tidak ada konsep atau definisi tunggal mengenai pembangunan politik. Para sarjana justru menghindari hal tersebut, karena keadaan tiap negara di dunia berbeda-beda.

Itulah tadi, Ciri Ciri Pembangunan Politik. Semoga dapat bermanfaat.

, , ,
Post Date: Saturday 12th, January 2019 / 05:10 Oleh :
Kategori : Politik