Sponsors Link

10 Ciri-ciri Negara Demokrasi yang Ada Disekitar Kita

Sponsors Link

Setelah kita membahas mengenai berbagai persoalan tentang demokrasi di negara Indonesia, tentuya kit akan membahas lebih lengkap lagi, selain dari berbagai contoh Demokrasi Pancasila ataupun prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila yang diaplikasikan di Indonesia. Sebuah negara tentunya memiliki jeispemerintannya sendiri, tergantung dari kepala negara dan juga budaya negara yang berlangsung sejak lama. Oleh karena itu, demokrasi ini tidak bisa diaplikaskan begitu saja, apalagi bila terdapat perbedaayn budaya oleh rakyatnya sendiri yang membuat demokrasi sepertinya tidak bisa berjalan dengan efektif. Namun sejatinya, demokrasi merupakan kebijakan netral yang bermanfaat untuk rakyat pada negara tersebut sendiri. Seperti halnya pada negara-negara komunis, yang tennya tidak akan mengaplikasikan demokrasi pada pemerintahan, karenabisa memc adanya gejolak pemberontakan dari rakyat. Apalagi pelaksaan demokrasi di Indonesia saat ini yang tentunya tidak bisa ditemukan pada negara-negara tersebut.

ads

Salah satu faktor yang paling umum dari tidak adanya demokrasi adalah adanya para diktator paling kejam di dunia yang berada pada posisi paling atas di pemerintahan. Hal tersebut sangatm engkhawatirkan, karena tidak semua orang memiliki itikad baik untuk rakytanya sendiri. Jusrtu dengan adanya aham-paham lainnya seperti otoriter, kita justru bisa melihat langsung adanya aksi penyelewengan kekuasaan oleh pemerintah guna untuk mendapat hasil yang memuaskan untuk diri sendiri. Dengan kekuasaan tersebut, maka rakyat tentunya tidak bisa ikut serta merasakan dampak positif dan negatif demokrasi, meskipun hak-hak rakyat dalam demokrasi sudah jelas terjamin. Oleh karena itu, untuk bisa lebih memahami mengenai bagaimana ciri-ciri egara yang bisa disebut negara demokrasi, anda bisa mehat informasi selengkapnya pada paragraf-paragraf di bawah yang berisi 10 ciri-ciri negara demokrasi itu sendiri.

1. Dijaminnya Kebebasan Individu

Salah satu ciri yang amat mudah untuk dilihat adalah adanya jaminan hidup dan jaminan kebebasan individu untuk seluruh rakyat pada negara tersebut. Dengan begitu, masyarakat akan bisa merasakan dampak dari berkurangnya dampak negatif konflik, terutama konflik kepada negara. Dengan semua orang mendapatkan hak yang sama rata, maka tidak ada lagi orang yang akan menuntut kebebasan individu nya dalam kehidupan bernegara di Indonesia.

Dan lagi, dengan adanya kebebasam individu, masyarakat isa lebih luwes untuk menjalani hidup dengan gaya mereka sendiri tanpa adanya beban atau tekanan dari pemerintah yang selalu membatasi apapun.

2. Adanya Jaminan HAM

Ciri-ciri negara demokrasi selanjutnya adalah adanya jaminan HAM. Terjaminnya HAM juga merupakan salah satu ciri negara demokrasi. Apabila ada suatu negara yang mengklaim bahwaia pakan sebuah negara demokrasi, namun masih tidak ada aturan yang jelas mengenai HAM, maka negara tersebut patut diragukan pemerintahannya. Adanya jaminan Hak Asasi ini bisa sangat mengurangi adanya penyebab pelanggaran HAM vertikal. Dan juga, dengan perkembangan yang baik, makarlahan penyebab konflik horizontal juga bisa berkurang dengan signifikan.

3. Adanya Kebabasan Pers

Seperti yang kita bahas sebelumnya, negara demokrasi mempunyai ciri yang utama, yakni terjaminnya kebebasan rakyatnya,tak terkecuali kebebasan untuk mendapatkan informasi secara aktual melalui dampak positif kebebasan Pers. Dengan adanya kebebasan tersebut, maka masyarakat sendiri lah yang akan bisa merasakan pengaruh media massa yang dapat digunakan untuk menambah wawasan mereka sekaligus untuk media hiburan.

Sponsors Link

4. Pemilihan Umum Mulai Berlaku

Bentuk dari demokrasi lainnya adalah pemilu. Tentunya, negara yang menganut paham demokrsi sangat menjunjung tinggi pendapat rakyat yang dituangkan dalam bentuk pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah. Hal ini berfungsi untuk bisa mengurangi golput dan juga dampak negatif dari golput itu sendiri. Dan kini, pengembanan untuk menghimbau masyarakat uti menghiraukan dampak positif golput selalu digencarkan, agar masyarakat dapat semakin berperan dalam kemajuan Indonesia.

5. Kebasan Untuk Membentuk Organisasi atau Kelompok

Organisasi dibentuk dengan berbagai tujuan, tergantung apa yang ingin dicapai oleh anggotanya. Kita patut bersyukur bahwa di negara demokrasi seperti Indonesia ini, kita diijinkan untuk bisa membentuk sebuah perkumpulan, meskipun itu perkumpulan teman sejawat atau mungkin organisasi kemahasiswaan lainnya. Dengan kebebasan berorganisasi, masyarakat bisa semakin berkembang lewat komunikasi yang dilakukan dengaan anggota, kemudian berbagi informasi dan pengalaman untuk kemajuan bersama. Hal itu tentunya bukanlah penentu dari penyebab konflik antar agama maupun penyebab konflik Sara. Organisasi radikal yang memiliki tujuan tersebut sepatutnya kita hindari.

6. Kekuasaan Berada Di Tangan Rakyat

Demokrasi berarti dari, oleh, dan untuk rakyat. Sebab itulah, rakyat yang memegang posisi teratas untuk berkuasa di sebuah negara demorkasi. Intinya adalah, rakyat juga diikutsertakan dalam pembangunan bangsa dan negara. Jadi, antara pemerintahan dan rakyat bisa membentuk sebuah energi dan sebuah pengendalian konflik sosial yang baik untuk mengembangkan negara.Selain itu, hubungan baik antara pemerintah dan juga rakyat tentunya adalah hal yang diidamkan oleh negara manapun di dunia. Oleh karena itu, demorkasi merupakan opsi yang bisa dikatan sebagai pilihan yang terbaik untuk memajukan kehidupan masyarakat.

7. Adanya Kebebasan Untuk Mengenyam Pendidikan

Tentunay sebuah negara merupakan negara yang lemah bila tidak memiliki sumber daya yang memadai, termasuk sumber daya manusia. Di sini, peran demorkasi sangatlah penting Selain memberi  jaminan atas hak asasi dan hak sipil, rakyat juga diberi kesempatan untuk menambah pengetahuannya lewat lembaga pendidikan, atau pun belajar otodidak dan belajar dengan teknik mereka sendiri. Gunanya adalah untuk bisa membangun sumber daya manusia yang cerdas, tegas, dan juga kompeten untuk bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.

Sponsors Link

8. Perlakuan Adil Untuk Semua Masyarakat Indonesia

Tidak memandang apakah ia berasal dari suku yang terpencil, hidup dengan ekonomi dengan level manapun, dan hidup dari budaya manapun, seseorang akan mendapat perlakuan yang adil di mata negara.

9. Dihargainya Hak Minoritas

Salah satu dampak demokrasi yang cukup berguna untuk menjamin kehidupan masyarakat minoritas adalah didengarkannya aspirasi mereka. Juga, berdasarkan ciri pada nomor 8 tadi, semua orang akan mendapat perlakuan yang sama, mendapatkan layanan masyarakat, dan juga pelayanan yang sama dengan masyarakat mayoritas. Jadi, mereka harus taat kepada hukum yang berlaku, sebab, tidak ada siapapun yang bisa meringankan atau melarikan diri dari kejaran hukum. Semua akan mendapatkan hukuman yang sesuai, tidak memandang ras, suku, atau agama sekalipun.

10. Negara Memiliki Partai Politik Setidaknya Dua

Negara demokrasi juga dicirkan melalui parta politiknya. Untuk bisa mendapat predikat negara demokrasi, maka setidaknya terdapat dua partai politik atau lebih yang bisa digunakan sebagai opsi bagi masyarakat Indonesia untuk memilih siapa yang terbaik dari partai-partai tersebut. Namun begitu, pemerintahan demokrasi ini jusr dimanfaatkan oleh berbagai partai untuk muncul kembali. Sekarang anda bisa lihat berapa keseluruhan jumlah partai yang ada di Indonesia ini. Tentunya jauh lebih banyak bukan bila dibandingkan dengan era pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

Itulah tadi kesepuluh ciri-ciri negara demokrasi. Dengan penerapan demokrasi terseb, rakyat bisa mendapatkan hak-hak sipil dan hak asasi manusia yang diidamk oleh semua orang di dunia. Rakyat akhirnya bisa dengan bebas menyampaikan aspirasi nya tanpa takut akan kekejaman pemerintahan. Baik buruknya pemerintahan juga dapat diliput secara langsung karena adanya kebebasan pers.

Namun beitu, pengaplikasian demokrasi bukanlah serta merta merupakan faktor keberhasilan untuk mensejahterakanakyat. Pemerintah Indonesia juga harus mengawasi dan terjun ke lapangan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang ada pada masyarakat untuk kemudian diidenntifikasi dan ditemukan solusi untuk pemecahan masalah tersebut. Dengan begitu, kehidupan rakyat akan terjamin dan akan semakin nyaman untuk tinggal di sebuah negara demokrasi seperti Indonesia ini.

, ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 04:30 Oleh :
Kategori : Hukum