10 Cara Mengatasi Kriminalitas yang Paling Efektif

Kriminalitas merupakan sebuah tindakan yang berkaitan dengan pelanggaran terhadap hukum. Maraknya tindakan kriminalitas yang terjadi disekitar kita menunjukkan bahwa situasi keamanan saat ini sedang tidak begitu kondusif. Sebab, peningkatan angka kriminalitas menunjukkan fakta bahwa saat ini tidak banyak orang yang takut akan dihukum atau sekedar masuk penjara. Tentunya ini menjadi sebuah sinyal bahwa terjadi perubahan budaya dan pola fikir masyarakat. Sebab, jika kita berbalik ke 10 tahun yang lalu atau 5 tahun yang lalu, maka angka kriminalitas jauh dibawah persentase saat ini.

Penyebab kriminalitas dapat disebabkan  oleh berbagai faktor sebagaimana juga akibat kriminalitas . Salah satunya adalah perbedaan karakteristik setiap individu yang memang unik dan kompleks. Perbedaan inilah kemudian yang dapat memicu konflik sehingga terjadi tindakan kriminalitas seperti contoh pelanggaran hak cipta . Selain itu juga, faktor yang paling umum penyebab tindakan kriminalitas adalah faktor ekonomi. Apalagi mereka yang merasa tersisihkan atau terhina karena merasa dilecehkan perekonomiannya tidak jarang menjadi gelap mata dan kemudoan memicu tindakan kriminalitas.

Kriminalitas dan kemasyarakatan merupakan dua sisi yang tak bisa dipisahkan. Sebab tindakan kriminal selalu terjadi di masyarakat. Tindakak inintidak hanya dpat merugikan pihak lain namun juga bahkan dapat membuat korban kehilangan nyawanya sebagai akibat spionase dalam integrasi nasional . Tentunya dibutuhkan sebuah formula untuk mengatasi kriminalitas. Oleh sebab itu, berikut akan diuraikan mengenai 10 Cara Mengatasi Kriminalitas yang paling efektif. Simak selengkapnya.

1. Tindakan Tegas Dari Aparat Hukum 

Salah satu upaya untuk menekan tidakan kriminalitas adalah demgan cara membuat pelaku menjadi jera. Formula yang tepat adalah dengan cara memberikan hukum yang tegas, bagi pelaku seperti dalam akibat agresi militer dalam integrasi nasional . Oleh sebab itu, diperlukan ketegasan hukum dari aparat hukum. Tentunya Indonesia adalah negara hukum sehingga segala sesuatunya sudah berlandaskan dan didasarkan pada hukum. Namun, dalam beberapa kasus masih terlihat adanya ketidaktegasan dari aparat.

Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan mengapa angka kriminalitas cenderung mengalami peningkatan. Dalam hal ini, diperlukan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat oleh para aparat penegak hukum. Selain itu, negara harus mampu memberi jaminan penegakan hukum yang berkeadilan. Sehingga para pelaku tindakan kriminalotas ditindak dan dihukun sesuai dengan kejahatan yang dilakukannya.

2. Tidak Ada Tebang Pilih

Tebang pilih yang dimaksud adalah kondiai dimana hukum tidak berlaku sama rata kepada setiap orang sebagai contoh kejahatan kerah putih . Mereka yang memiliki jabatan serta uang cenderung kebal hukum. Inilah yang kemudoan memunculkam stigma hukum indonesia seperti runcing kebawah dan tumpul keatas. Bahkam juga banyak yang menilai bahwa hukum Indonesia dapat dibeli. Meskipun tidak bisa mengabaikan fakta ini, tentunya ini merupakan tugas dari pemerintah dan aparat penegak hukum. Bagaimana menjadikan hukum sama rata bagi semua orang dan semua kalangan tanpa memandang jabatan ataupun strata sosial. [AdSense-B]

3. Menciptakan Lapangan Kerja Sebanyak-Banyaknya

Cukup miris memang saat kita mendengar seorang mencuri makanan karena tidak memiliki kemampuan untuk membeli makan. Padahal makan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Hal ini menunjukkan bauwa faktor ekonomi sangat memberikan pengaruh seseorang untuk dapat melakukan tindakan kriminal sebagaimana dalam pasal perjudian online . Oleh sebab itu, salah satu cara untuk dapat mencegah tindaka  kriminal adalah dengan memberikan lapangan pekerjaan. Dengan adanya pekerjaan maka setiap orang akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka yang memiliki penghasilan tetap pasti tidak akam memiliki pemikiran untuk melakukan tindak kejahatan demi uang.

4. Tidak Ada Perbedaan Perlakuan Berdasarkan Tingkatan Ekonomi

Cara mengatasi kriminalitas selanjutnya adalah dengan mengjapus perbedaan perlakuan terhadap seseorang berdasarkan ekonominya. Budaya di indonesia, secara umum memberikan perlakuan yang berbeda kepada orang berdasarkan tingkat ekonomi dan jabatannya seperti contoh kejahatan korporasi . Tentunya hal ini adalah fakta, sebab anda sering menyaksikan bagaimana seseorang berlaku kepada orang yang dianggap kaya dan dianggap tidak memiliki perekonomian yang baik. Selain itu, terkadang mereka yang merasa mampu dan kaya cenderung menyepelekan kelompok yang lemah. Inilah yang kemudian dapat memicu timbulnya tindakan kriminalitas.

5. Menggerakkan Roda Perekmonomian Terutama Ekonomi Kerakyatan 

Salah satu fungsi pemerintahan dalam upaya mencegah kriminalitas adalah dengan menggerakkan roda perekonomian kerakyatan. Dengan demikian, semua orang akan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berusaha. Mendapatkan penghasilan dan memperbaiki komdisi ekonomi. Tentu saja hal ini harus bersinergi dengan kemauan dari individunya sendiri. Jika mereka ingin memperbaiki keadaan dan menjauhkan diri dari potensi tindakan kriminal maka tentu mereka wajib bersungguh-sungguh sebagimana dalam pasal perjudian togel  .

6. Menjunjung Tinggi Norma dan Agama Di Masyarakat

Salah satu cara mencegah tindakan kriminal adalah dengan menjunjung  tinggi norma di masyarakat. Tindakan kriminal merupakan tindakan yang melanggar norma di masyarakat. Tentunya dengan adanya upaya menjunjung kembali norma dan nilai dimasyarakat. Maka tentu upaya tindakan kirimialitas dapat dicegah. Selain itu, masyarakat indonesia juga harus menyadari bahwa nilai agama dan norma yang berlaku dimasyarakat merupakan bagian dari tradisi dan budaya. Tentunya hal ini merupakan alarm bagi kita untuk bisa membedakan antara perbuatan baik dan tidak.

7. Jangan Mudah Terpancing Emosi

Banyak tindakan kriminalitas yang dipicu karena emosi yang berlebihan. Oleh sebab itu, salah satu cara mencegah kriminalitas adalah dengan cara jangan mudah terpancing emosi atau kemarahan. Sebab emosi dan marah dapat membuat orang menjadi kalap dan gelap mata. Dalam keadaan diaman emosi tidak terkendali maka seseorang dapat melakukam tindak kriminalitas secara spontan. Oleh sebab itu, jangan mudah marah dan terpancing emosi, sebab keadaan akan meburuk ketika anda hanya mengedepankan kemarahan dan emosi. [AdSense-C]

8. Meningkatkan Peran Serta Orang Tua 

Dalam hal ini, upaya mecegah tindakam kriminal juga dapat dimulai dengan meningkatkan peran serta orang tua terutama kepada anak-anak. Sebab peran orang tua amatlah sentral dalam memberikan pendidikan dan pengarahan bagi anda. Apalagi jika dipresentasikan, anak memiliki lebih banyak waktu di rumah ketimbang di luar rumah. Karenanya sangat tepat untuk kemudian menjadikan orang tua sebagai peran dominan untuk bisa memberikan pendidikan sekaligus pencegahan dalam tindakan kriminalitas.

9. Selektif Terhadap Budaya Asing yang Masuk

Di era globalisasi dan era digital, kita akan begitu mudah mengakses segala informasi yanh bisa berasal dari seluruh dunia seperti hukuman koruptor di china . Tentunya hal ini dapat msmbuat budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai di Indonesia mudah masuk. Dari situlah kemudoan pengaruh negatif dan buruk dapat mendoromg seseorang untuk melakukan tindakan kriminalitas. Karenanya, dibutuhkan proteksi dari diri sendiri untuk mencegah budaya negatif masuk .

10. Menumbuhkan Kejasama yang Solid antara Aparat dan Masyarakat dalam Menjaga Keamanan

Masalah kriminalitas buka sekedar problem yang sederhana sebagai pelanggaran jenis-jenis hak asasi manusia . Namun hal ini merupakan problem kompleks. Dimana untuk mencegahnya dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Tentunya dalam hal ini, masyarakat dan aparat perlu membentuk kerjasama yang solid dalam upaya pencegahan preventif. Dengan demikian maka angka peningkatan kriminalitas akan dapat ditekan.

10 Cara Mengatasi Kriminalitas yang paling efektif. Tentu menjadi upaya yang paling tepat dalam menekan angka kriminalotas yang masih saja tinggi angkanya. Selain itu, sikap hati-hati dan waspada menjadi kunci agar kita tidak menjadi korban tindak kriminal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.