Sponsors Link

Cara Mengatasi Korupsi Menurut Para Ahli di Indonesia

Sponsors Link

Dalam dunia ini,tentunya setiap negara memiliki sistem pemerintah yang mereka anut sesuai dengan keyakinan mereka sendiri. Contohya, pada negara-negara di dunia ini dapat ditemukan fakta bahwa ada banyak sekali jenis sistem pemerintahan yang diterapkan, seperti ciri ciri demokrasi liberal, ciri ciri Demokrasi Terpimpin, dan juga negara Indonesia yang memiliki Pancasila seagi pedoman hidup yang selalu dijunjung tinggi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Setiap masyarakat Indonesia tentunya diharuskan untuk menerapkan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehari-hari. Salah satu contohnya adalah bersikpa jujur dan adil pada orang lain.

ads

Sikap jujur ini merupakan salah satu sifat di dalam kehidupan yang harus selalu dipegang teguh dan dijadikan komitmen. Mengapa? Karena pada saat ini kita menjumpai bahwa beberapa kegiatan kecurangan sedang marang terjadi di negara ini. Perbincangan mengenai tindakan korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara seperti tidak akan ada habisnya. Dan sayangnya, tidak hanya orang dalam negeri yang tahu bahwa Indonesia memiliki histori buruk mengenai korupsi, masyarakat dunia pun perlahan juga mengetahui fakta tersebut.

Untuk bisa mengatasi atau mengantisipasi adanya perilaku korupsi selanjutnya, dibentuklah suatu organisasi yang memiliki fokus utama untuk memberantas korupsi. Organisasi tersebut bernama KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi. Di dalamnya, terdapat jenis-jenis hukuman yang bisa saja dijatuhkan kepada tindak pidana korups seperti hukuman koruptor di China atau bahkan sebuah hukuman yang lebih berat, yaitu hukuman seumur hidup menurut Pasal 10 KUHP.

Namun, perjuangan KPK tidak akan bisa sukses tanpa mendapat dukungan dari masyarakat luas. Kita juga harus bersama-sama untuk bisa mengatasi atau bahkan memberantas korupsi d negara kita ini. Langkah pertama yang dapat dimulai adalah dengan mengaplikasikan beberapa cara mencegah korupsi sejak dini yang bisa kita terapkan mulai dari diri kita sendiri, keluarga, lalu lingkungan di mana kita tinggal.

Apabila korupsi telah meluas, maka ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk bisa mengatasinya. Untuk itu, kami membuat artikel ini sebagai langkah pemberian informasi kepada anda mengenai bagaimana cara mengatasi korupsi menurut para ahli. Namu sebelum itu, mari kita teliti terlebih dahulu mengenai apa saja yang sebenarnya menjadi penyebab dari adanya tindak pidana korupsi ini.

Penyebab Korupsi

Berikut adalah beberapa penyebab korupsi menurut para ahli

  1. Adanya kesalahan sistem pemerintahan negara

Penyebab yang pertama, dan yang paling fatal adalah adanya suatu kesalah sistem dalam penyelenggaraan negara. Apakah maksud dari pernyataan tersebut? Semenjak era orde lama sampai reformasi pun, kita seolah terfokuskan oleh pengembangan ekonomi yang ada pada negara Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan pendidikan? Karena adanya program pemerintah yang terfokuskan kepada ekonomi, edukasi seolah tidak mendapat perhatian yang seimbang. Akibatnya, pendidikan anti korupsi sulit untuk diterapkan karena tidak adanya pembelajaran sebelumnya.

  1. Rasa haus harta pejabat

Manusia tentunya tidak akan pernah puas akan sesuatu. Tapi alangkah baiknya sifat tersebut bisa diminimalisir, apalagi jika seseorang menjadi seorang pejabat yang seharusnya bisa dijadikan contoh bagi masyarakat di negaranya. Sayangnya, rasa haus untuk memperoleh kekayaan dengan cara yang mudah dan singkat semakin dikembangkan. Apalagi dengan lifestyle seseorang yang konsumtif, cara curang tersebut terlihat menggoda sekali.

Sponsors Link

  1. Hukuman yang terkesan ringan untuk pelaku korupsi

Negara Indonesia memang negara hukum, yang akan memberikan sanksi dan hukuman bagi terdakwa dengan adil. Namun pada kenyataannya apakah kita dapat melihat prinsip keadilan tersebut pada peradilan yang menghakimi para pelaku korupsi? Padahal, bisa saja koruptor yang telah banyak sekali mengambil harta masyarakat dapat diadili dengan sistem hukum Indonesia saat ini sampai dengan tujuan hukuman mati. Selain itu, kurangnya nilai pinalti yang diberikan untuk mereka para pelaku korupsi menyebabkan hukuman tersebut terlihat tidak serius untuk bisa memberantas korupsi di negara ini.

  1. Sedikit pemimpin yang bisa dijadikan teladan

Pejabat seringkali tidak bisa dijadikan contoh untuk rakyatnya karena berbagai aksi negatif yang dilakukannya, seperti korupsi. Dengan gambaran pejabat yang rakus tersebut, masyarakat Indonesia tidak bisa mengambil contoh sama sekali dari perilaku para pelaku tersebut. Karena minimnya sosok pemimpin yang bisa dijadikan contoh tersebut, maka sangat sulit untuk membentuk diri yang baik. Bahkan, Indonesia sempat terkenal bukan dalam hal positif, tapi dalam hal negatif karena pernah memiliki seorang pemimpin yang termasuk dalam koruptor terbesar di dunia.

Cara mengatasi korupsi menurut para ahli

  1. Menanamkan rasa tanggung jawab kepada masyarakat

Cara mengatasi korupsi menurut para ahli yang pertama adalah menanamkan rasa tanggung jawab. Tidak hanya pada keluarga saja, namun juga untuk lingkungan sekitar kita. Dengan mengilhami nilai-nilai positif dari kelebihan Demokrasi Pancasila dan juga contoh Demokrasi Pancasila, masyarakat bisa menanamkan rasa tanggung jawab dalam diri mereka untuk bisa berkata tidak pada korupsi. Tanggung jawab disini tidak hanya dalam mengoposisi tindakan korupsi, tapi yang paling penting adalah mereka dapat bertanggung jawab tentang kejujuran mereka dalam bertindak dan juga berucap.

Sponsors Link

  1. Membentuk aturan hukum yang kuat

Dengan beberapa fungsi hukum seperti fungsi hukum dalam masyarakat dan fungsi hukum perusahaan, hukum di Indonesia sebenarnya bisa diperbaiki agar bisa mengadili para pelaku dengan sangat adil. Harus ada suatu aturan baku yang digunakan, sebuah aturan yang kokoh dan tidak bisa dijatuhkan. Selain membentuk aturan hukum yang kuat, penegak hukum harus bisa belajar untuk mengadili seseorang dengan seadil mungkin, tidak tebang pilih. Sudah seharusnya mereka tidak bias dalam melakukan tindakan kepada seseorang. Mereka harus independen dan jujur dalam melaksanakan tugas atas nama negara.

  1. Memberikan pendidikan anti korupsi sejak dini

Selain dari langkah-langkah pencegahan yang nyata lainnya, ada satu yang paling penting, yaitu penanaman pendidikan anti korupsi yang bisa dilakukan sedini mungkin. Para orang tua harus mengedukasi diri mereka terlebih dahulu dengan segala informasi mengenai pendidikan korupsi. Setelah itu, barulah mereka memahami dan akhirnya mengajarkan kepada anak-anak mereka. Keluarga tersebut akhirnya dapat saling mengerti arti dari perilaku anti korupsi dan kelak mereka akan terjauh dari tindakan curang tersebut.

  1. Penyampaian pendidikan moral

Selain dari pendidikan yang formal, seseorang juga harus mendapatkan pendidikan moral. Pendidikan moral sejak dini ini perlu dilakukan untuk menanamkan sebuah nilai empati. Tindakan kita seharusnya tidak memberikan kerugian bagi orang lain. Itulah sebenarnya yang menjadi kunci mengapa para koruptor meraja lela, karena mereka tidak peduli akan efek yang mereka berikan kepada rakyat. Mereka kaya harta namun miskin moral sehingga terbentuklah watak seorang penjahat. Untuk itulah, penanaman nilai moral dalam diri setiap orang merupakan hal yang sangat penting. Salah satu contoh untuk mengaplikasikannya adalah dengan memberikan contoh hukuman yang mendidik bagi siswa SMA kepada anak.

  1. Pendekatan diri dari segi religius

Cara mengatasi korupsi menurut para ahli selanjutnya adalah pendekatan religius. Nilai kebaikan yang diberikan oleh seluruh agama di dunia ini merupakan hal yang sangat penting bagi diri setiap orang. Seseorang tidak akan berani untuk menyakiti orang lain apabila ia memiliki iman yang cukup. Dengan pendekatan religius yang baik, seseorang tidak akan berani melakukan segala bentuk kejahatan karena takut mendapat balasan. Ia akan berusaha di jalan yang baik, untuk mendapatkan hasil yang baik pula.

Pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi korupsi menurut para ahli kita akhiri sampai disini. Semoga dari artikel yang anda baca dari Hukamnas.com ada beberapa informasi dan nilai yang dapat anda petik untuk dijadikan pelajaran.

Korupsi memang sebuah hal yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang tidak memiliki semangat berjuang untuk hidup. Untuk itu mari kita bantuk KPK untuk bisa memberantas dan mengakhiri budaya kotor ini di negeri kita tercinta.

, ,
Post Date: Wednesday 01st, August 2018 / 23:49 Oleh :
Kategori : Hukum