Sponsors Link

5 Cara Mengatasi ancaman Militer Paling Efektif

Sponsors Link

Cara Mengatasi ancaman Militer, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu definisi dari ancaman militer. Ancaman militer terdiri dari dua buah kata yakni ancama dan militer yang masing masing kata tersebut memiliki dedifinisi masing masing yakni, ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

ads

Sedangkan Militer adalah angkatan bersenjata dari suatu negara dan segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata. Padanan kata lainnya adalah tentara atau angkatan bersenjata. Jika kemudian kedua definisi diatas diisukan akan diperoleh pengertian ancaman militer yang kurang lebih sebagi berikut ini adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Adapun bentuk bentuk ancaman militer yang kerap ditemui antara lain seperti Agresi oleh negara lain, Pelanggaran wilayah, Spionase, Sabotase, Aksi teror bersenjata, Pemberontakan bersenjata dan Perang saudara. Ancaman militer tentu saja sangat berbahaya dan dapat mengancam keutuhan sebuah Negara, oleh sebab itu harus ada cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut, adapun 5 Cara Mengatasi ancaman Militer paling efektif dapat ditempuh melalui :

Memperketat perbatasan perbatasan dengan negara lain

Perbatasan wilayah merupakan salah satu wilayah yang paling sering mendapat ancaman secara militer, oleh sebab itu penjagaan di wilayah perbatasan amat sangat harus diperhatikan. Tidak hanya itu daerah perbatasan sebagai wilayah terluar juga harus dilengkapi dengan fasilitas yang baik sehingga masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut memiliki rasa cinta yang sama terhadap tanah air dan tidak merasa dibedakan sedikitpun.

Sudah banyak sekali kasus pelanggaran di wilayah perbatasan yang kerap terjadi menunjukkan bahwa memang ancaman militer di wilayah perbatasan merupakan sesuatu yang harus diwaspasai. Perlu diketahui bahwa setiap pelanggaran wilayah sudah termasuk dalam pelanggaran kedaulatan dan merupakan upaya untuk tidak menghormati wilayah satu sama lain, jika tidak diselesaikan dengan damai maka akan dapat memicu kemarahan dan juga tidak menutup kemungkinan memicu perang antar Negara.

Menanggulangi dan mengatasi ancaman militer dalam Negara

Ancaman militer tidak hanya selalu datang dari luar negeri namun dapat juga berasal ari dalam negeri sendiri. Seperti upaya terorisme, pemberontakan hingga gerakan dan aksi teror bersenjata. Oleh sebab itu maka diperlukan upaya dari aparat penegak hukum untuk dapat menanggulangi dan mengatasi ancaman yang berasal dari dalam negeri sehingga masyarakat akan merasakan keamanan dan kedamaian yang selama ini didambakan.

Pada dasarnya ini bukan hanya tugas pemerintah namun masyarakat juga memiliki tugas yang sama. Jika terdapat hal hal mencurigakan dan merupakan tindakan yang termasuk dalam ancaman militer maka harus berani bertindak paling tidak dengan cara melaporkannya ke aparat penegak hukum. Sebab banyak sekali kasus terorisme yang tak terendus dan bahkan orang orang terdekat tidak mengetahui bahwa tetangga mereka andalah seorang teroris.   

Melatih tentara lebih disiplin lagi dalam menjaga daerah perbatasan

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi ancaman militer adalah dengan cara melakukan upgrade atau peningkatan kepada para aparat penegak hukum terutama TNI dan Polri yang memiliki tugas dalam mengamankan dan menjaga kedaulatan Negara. Oleh sebab itu perlu kelbali dikaji untuk dilakukan latihan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan aparat aparat kita ini seperti juga  contoh kejahatan kemanusiaancontoh kejahatan korporasi, maupun contoh kejahatan kerah putih.

Sponsors Link

Meningkatkan Alutista

selain peningkatan terhadap kualitas tentara maka sangat penting juga untuk meningkatkan dan melengkapi persenjataan yang dimiliki oleh pihak militer. Sebab hal ini akan mendukung kemampuan dan menjadi sebuah senjata dalam menghadapi berbagai ancaman militer yang akan hadir sebagaimana  penyebab konflik antar agama dan akibat konflik antar agama dalam masyarakat majemuk, ataupun penyebab konflik sosial.

Sebuah Negara yang memiliki persenjataan atau alutista lengkap pasti akan diperhitungkan dan cenderung ditakuti. Hal tersebut juga merupakan contoh nyata bagaimana Amerika berhasil menjadi Negara adidaya yang di segani selain karena kualitas tentaranya juga dikarenakan sistem persenjataan militer yang mereka miliki sangat canggih dan mumpuni.

Masyarakat Berperan Aktif

Terakhir dalam upaya mengatasi ancaman militer maka masyarakat haruslah berperan aktif. Masyarakat diharapkan dapat berperang aktif dalam upaya menjaga dan merawat kedaulatan paling tidak dengan tidak menimbulkan ancaman yang dapat mengancam keamanan dari dalam. Sehingga dengan demikian maka tentara hanya akan fokus pada ancaman luar sebab ancaman dari dalam sudah dikategorikan nihil.

Itulah tadi,  5 Cara Mengatasi ancaman Militer paling efektif, semoga dapat bermanfaat.

, ,
Post Date: Friday 10th, May 2019 / 15:10 Oleh :
Kategori : Militer