Cara Melaporkan Penipuan SMS dengan Mudah dan Bijak

Dengan kehidupan yang serba mudah ini, kita semakin dimanjakan dengan berkembangnya teknologi. Pada jaman dahulu, masyarakat masih menggunakan media lain untuk bisa berkomunikasi antara satu sama lain. Ada juga yang menggunakan media yang sangat natural, media burung merpati. Beberapa saat kemudian ada teknologi komunikasi yang lebih maju lagi, menggunakan surat. Ingatkah anda pada saat anda berkomunikasi dengan kekasih dengan menggunakan surat? Kemudian teknologi semakin berkembang dengan adanya telepon.

Meskipun kita hanya dapat berkomunikasi lewat wartel ataupun booth telepon biru yang diletakkan oleh Telkom di beberapa tempat. Berkembangnya teknologi ini tidak hanya membawa dampak positif, ada beberapa orang yang menggunakannya untuk mencari uang dengan cara yang tidak halal, yaitu melalui metode penipuan. Dan ada beberapa aturan hukum yang akhirnya muncul untuk menanggapi kasus tersebut, selain dari pasal perjudian togel, pasal perjudian online, dan juga pengertian Hukum Empiris  yang sebelumnya diciptakan.

Sekumpulan penjatah tersebut menggunakan telepon untuk bisa menghasut korbannya untuk mengirimkan sejumlah uang untuk menebus sesuatu, contohnya kabar ada keluarga yang masuk rumah sakit. Bagi orang yang mudah percaya akan kabar tersebut, tentunya ia akan segera mengirimkan uang dengan tergesa-gesa tanpa berpikir apakah itu benar atau tidak. Pada ahirnya, korban tadi akan menguntungkan sang penipu dengan cara yang amat mudah. Begitu juga dengan SMS, hal yang seringkali dijadikan media penipuan oleh sebagian orang.

Tentu kita seringkali mendapatkan SMS dengan bentuk SCAM, pesan singkat yang dikirimkan sebagai bentuk penipuan yang biasanya berkedok undian berhadiah. Tentunya hal tersebut tidak benar, dan oleh orang Indonesia sendiri sudah mulai ditanggapi dengan bijak. Bahkan sebagian dari masyarakat menjawab pesan tersebut dengan pesan lain yang tak kalah konyol. Bagi anda yang sudah merasa muak dengan adanya penipuan ini, ada satu langkah yang bisa anda lakukan untuk bisa menghentikan gerakan penipuan ini. Paling tidak, ada salah satu penjahat yang bisa anda kalahkan. Hukuman untuk penipu juga tidak bisa dianggap remeh, seperti pada hukuman koruptor di China, hukuman bagi penuduh zina, dan hukuman seumur hidup menurut Pasal 10 KUHP

Lalu bagaimanakah cara melaporkan penipuan SMS? Simak informasi selengkapnya berikut ini :

Bentuk Penipuan Digital

Banyak sekali orang yang ingin mendapatkan keuntungan. Sayangnya, mereka dengan begitu saja mengabaikan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasilakelebihan Demokrasi Pancasila dan contoh Demokrasi Pancasila sehingga menggunakan segala cara untuk bisa mendapatkan uang lebih. Dan dengan berkembangnya teknologi di era seperti ini, sangat mudah bagi seseorang untuk melakukan penipuan. Apalagi, semua orang diberi kebebasan untuk bisa mengakses suatu informasi tertentu mengenai data pribadi orang lain.

Kita pasti sudah sering melihat adanya pesan SPAM di email kita. Mayoritas dari mereka memang sangat mengganggu sekali, mengingat pesan yang ada cukup banyak, dan tentunya kita tidak akan melihat pesan yang ada, apalagi jika jumlahnya mencapai ratusan. Untuk orang yang masih gaptek, atau gagap teknologi, hal ini perlu diberi perhatian khusus, karena penipu dapat menggunakan media apapun untuk bisa mencuri uang anda.

Bentuk penipuan yang mungkin paling sering dirasakan masyarakat adalah SMS. Selain SMS ada bentuk-bentuk yang lain, seperti email dan juga yang paling parah adalah data stealing, yang dibentuk oleh para penipu profesional yang menciptakan sebuah virus, atau program yang berbahaya dengan tujuan untuk mencuri data kita. Lalu kita akan diharuskan untuk membayar beberapa currency seperti Bitcoin, untuk bisa mengembalikan data-data kita. Dan biaya 1 Bitcoin saja sudah puluhan juta.

[AdSense-B]

Penipuan SMS

Dengan berkembangnya teknologi, hal tersebut tidak digunakan untuk dampak teknologi persenjataan namun juga untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah penipuan, yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Meskipun tidak sampai menyebabkan konflik seperti contoh konflik antar golongan dan dampak konflik Ambon 1999, penipuan dirasa cukup meresahkan masyarakat.

Dengan berbagai bentuk penipuan, mungkin yang saat ini yang paling mudah untuk dilakukan adalah penipuan sms. Meskipun masyarakat sudah menemukan berbagai cara untuk cara melaporkan penipuan SMS, namun karena mudahnya penggunaan aplikasi SMS pada mobile phone, penipu di Indonesia rata-rata suka untuk bisa melakukan penipuan lewat SMS.

Media ini digunakan untuk bisa mengundang beberapa korban yang potensial, terutama orang lanjut usia yang masih kurang sadar akan adanya penipuan dalam bentuk SMS. Seringkali, banyak dari mereka yang menyangkan bahwa mereka benar-benar memenangkan sebuah hadiah, atau undian berhadiah besar, yang mana akhirnya mengharuskan mereka untuk membayarkan sejumlah uang dengan alasan untuk membayar pajak hadiah. Karena tergiur oleh hadiah tersebut, sebagian dari mereka tidak berpikir dua kali untuk segera mengirimkan uang. Dan uang yang masuk, langsung terkirim ke rekening si penipu.

Mengapa SMS?

Kembali lagi kepada pertanyaan ini, kenapa banyak sekali penipu sekarang ini menggunakan teknologi SMS untuk menipu seseorang? Karena penipuan ini bisa digolongkan ke dalam jenis penipuan yang sebenarnya paling mudah. Mengapa bisa dibilang mudah, karena mereka hanya perlu mendapatkan data-data nomor pelanggan kartu tertentu, untuk kemudian selanjutnya dihubungi dengan cara mengirimkan sms-sms yang berisi informasi palsu kepada calon korbannya.

Apakah cara ini bisa dibilang efektif?  Untuk jaman sekarang ini sepertinya kita bisa bersama-sama berkata bahwa penipuan SMS ini sudah tidak jamannya lagi, karena pada era sekarang ini banyak orang lebih sadar akan adanya informasi palsu yang dikirimkan lewat SMS, apalagi informasi mengenai hadiah atau undian yang mereka bahkan tidak pernah mengkutinya.

Selain itu, kita juga melihat bahwa penipuan SMS kini dapat lebih bijak direspon oleh masyarakat. Banyak dari mereka yang bahkan juga ikut serta melacak keberadaan pelaku penipuan lewat infomasi yang mereka dapatkan dengan web atau aplikasi pengecek lokasi lewat nomor si penipu, untuk kemudian segera dilaporkan kepada polres setempat. Dengan adanya aksi yang pro aktif ini, polisi sangat merasa terbantu sekali dengan segala bentuk aksi positif yang dilakukan oleh masyarakat, untuk bisa memburu bersama-sama para pelaku penipuan SMS ini.

Bagaimana Cara Melaporkan Penipuan SMS

Penipuan ini sangat merugikan jenis-jenis Hak Asasi Manusia dan juga contoh kasus pelanggaran HAM berat. Sebagai, pengendalian konflik sosial, perlu kita lakukan aksi yang dapat membantu pihak kepolisian untuk melacak mereka. Kita bisa dapat dengan mudah melaporkan nomor-nomor tersebut. Ada beberapa ciri khusus dari gerakan para penipu ini,

Apabila mereka menancantumkan suatu link atau alamat yang disematkan dalam pesan singkat mereka, anda bisa melihat domain mereka. Apabila mereka jelas-jelas menggunakan wordpress.com, blogspot.com, sudah pasti itu merupakan penipuan, karena itu domain web gratis yang dapat dengan mudah dibuat. Web resmi seringkali menggunakan .com saja, seperti indosat.com dan telkomsel.com

[AdSense-C]

Kami akan memberikan tiga cara untuk anda, untuk bisa melaporkan para penipu tersebut. Pertama, untuk para pengguna Telkomsel, anda bisa mengetik penipuan#nomor penipu##isi sms lalu kirimkan ke 1166. Kedua untuk pengguna provider XL, caranya adalah ketik lapor#nomor penipu#isi sms lalu kirim ke 588. Terakhir untuk Indosat, caranya adalah ketik SMS(spasi)nomor penipu(spasi)isi SMS kemudian kirim ke 726.

Selain cara tersebut ada cara yang lain, yaitu dengan men screen shot isi sms penipu beserta nomor penipu, dan kemudian mengirimkan gambarnya ke email Konsumen@ojk.co.id