Sponsors Link

6 Bahaya Perang Nuklir bagi Kelangsungan Hidup Manusia

Sponsors Link

Setiap negara berlomba-lomba ingin menunjukkan dirinya sebagai negara yang kuat lewat kekuatan militer dan persenjataan yang dimiliki negara tersebut. Apalagi bagi negara maju, hal tersebut sangat penting untuk melindungi negaranya dari ancaman negara lain yang dianggap memiliki kekuatan yang setara. Belakangan ini beberapa negara maju berusaha mengembangkan senjata nuklir, karena senjata nuklir merupakan senjata terkuat dan terbesar yang pernah ada. Amerika Serikat, Iran, Rusia, Korea Utara dan India termasuk negara yang memiliki senjata nuklir yang kekuatannya sangat dahsyat. Jika di antara negara tersebut sampai mengalami pertikaian hingga menyebabkan peperangan, bukan tidak mungkin perang nuklir akan terjadi.

ads

Perang nuklir sangat ditakuti setiap orang, karena dapat menimbulkan bahaya yang efeknya berkepanjangan. tidak hanya berpengaruh terhadap kehidupan manusia namun juga dapat merusak sebagian besar permukaan bumi. Biasanya perang nuklir terjadi karena adanya perselisihan yang tidak ditemukan penyelesaiannya di antara pihak yang terlibat, seperti contoh konflik antar agama, penyebab konflik sara dan penyebab konflik sosial paling umum. Tentunya bahaya perang nuklir menjadi momok menakutkan bagi banyak negara terdekat yang kemungkinan akan terkena imbasnya jika sampai perang tersebut terjadi.

Bahaya Perang Nuklir

Ada banyak sekali bahaya yang ditimbulkan dari terjadinya perang nuklir, beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Karbon Hitam Menyebar di Atmosfer

Adanya perang nuklir akan menimbulkan megaton karbon hitam yang menyebar dan menutupi lapisan atmosfer bumi, dan hal ini akan memberikan dampak buruk terhadap udara lingkungan yang dihirup manusia. Terlebih lagi lapisan karbon hitam di udara akan menghalangi sinar matahari untuk masuk ke bumi sehingga bumi akan menjadi lebih gelap. Lapisan karbon yang tebal juga akan menyerap sinar matahari dan menahannya sehingga suhu bumi menjadi sangat panas dan mencegah hujan turun ke permukaan bumi.

2. Kekeringan dan Gagal Panen

Dampak perang nuklir bagi kehidupan manusia lainnya yaitu terjadinya kekeringan yang hebat dan berkepanjangan, dimana seluruh tamah menjadi tandus dan gersang. Masyarakat pun tidak dapat panen dan bercocok tanam lagi, sehingga bencana kelaparan akan menghantui manusia di bumi. Apalagi hujan yang hampir tidak turun dan hanya sekitar 9% saja debitnya per tahun sehingga bencana kekeringan ini akan menyebabkan banyaknya korban nyawa yang berjatuhan. Bencana ini tidak hanya terjadi di tempat perang nuklir berlangsung namun juga berpengaruh terhadap wilayah di sekitarnya.

3. Rusaknya Lapisan Ozon

Lapisan ozon merupakan pelindung bagi kehidupan di bumi dari ancaman sinar ultraviolet yang berbahaya, namun dengan adanya perang nuklir lapisan ozon akan terancam rusak. Perang nuklir akan mengakibatkan laipsan ozon menipis hingga bolong dan kerusakan yang ditimbulkan sebesar 25 persen hingga lima tahun mendatang. Hal ini sangat berbahaya mengingat bumi akan langsung terpapar sinar ultarviolet yang mampu membakar kulit dan menyebabkan sejumlah penyakit yang mematikan bagi manusia.

4. Radiasi nuklir

Senjata nuklir yang diledakkan tidak hanya merusak permukaan bumi namun radiasi yang ditimbulkan juga tidak kalah dahsyat merugikan manusia dan makhluk hidup lainnya. Manusia yang terkena radiasi nuklir akan mengalami mutasi DNA sehingga rentan mengalami mutasi genetik dan menderita kanker. Radiasi tersebut juga akan mengubah struktur genetik sehingga pada tubuh yang terpapar akan terlihat mengalami kerusakan atau perubahan permanen. Hal ini paling ditakuti setiap orang, mengingat radiasi tidak kasat mata dan begitu terkena kita akan langsung mengalami kelainan bahkan meninggal mendadak.

5. Reaksi Kimia

Perang nuklir juga menyebabkan terjadinya reaksi kimia yang sangat besar, seperti terjadinya hujan asam, kerusakan sarana dan perasarana yang parah dan berbagai reaksi kimia lainnya. Bahkan kandungan udara yang beracun akibat senjata nuklir yang tidak sengaja terhirup dapat membuat manusia meninggal dunia secara mendadak. Hal ini tentu menjadi momok mengerikan yang ditakuti dan merupakan dampak perang nuklir bagi Indonesia yang paling dihindari.

Sponsors Link

6. Ketidakstabilan Perekonomian

Akibat adanya perang nuklir yang terjadi tentu kerusuhan dan kerusakan terjadi dimana-mana sehingga mempengaruhi ketidakstabilan perekonomian baik di dalam negeri maupun negara lain di seuruh dunia. Hal ini memberikan dampak yang sangat buruk, karena ekonomi yang tidak stabil dapat mengundang berbagai tindak kejahatan muncul dimana-mana. Kemiskinan akan melanda banyak negara, ketersediaan pangan terancam dan jutaan orang akan mengalami kelaparan. Kondisi ini dapat berjadi bertahun-tahun hingga peradaban manusia ikut terancam keberadaannya.

Meski dampak positif perang nuklir tetap ada, namun dampak negatifnya jauh lebih besar dan tidak dapat ditoleransi. Pihak-pihak yang memiliki senjata nuklir diharapkan berhati-hati dalam menggunakannya bahkan sebisa mungkin tidak menggunakan senjata nuklir untuk berperang. Pengendalian konflik sosial diperlukan untuk menekan bahaya perang nuklir dan mencegah kerusakan sebagai dampak buruk senjata nuklir tersebut, mengingat bahaya yang ditimbulkan akan berdampak hingga bertahun-tahun mendatang.

, , , ,
Post Date: Monday 08th, January 2018 / 01:40 Oleh :
Kategori : Pro Kontra