Sponsors Link

3 Akibat Terorisme Bagi Integrasi Nasional

Sponsors Link

Akibat terorisme bagi integrasi nasional, Terorisme di dunia bukanlah merupakan hal baru, namun menjadi actual terutama sejak terjadinya peristiwaWorld Trade Centre (WTC) di New York , Amerika Serikat  pada tanggal 11 September 2001 yang memakan korban hingga 3000 orang. Didalam negeri juga pernah terjadi hal yang demikian, misalnya saja pada Tragedi Bali I, tanggal 12Oktober 2002 yang merupakan tindakan teror, menimbulkan korban sipil terbesar di dunia, yaitumenewaskan 184 orang dan melukai lebih dari 300 orang. Dampak lain dari terorisme adalah dapat mengganggu keamanan dan ketentraman masyarakat yang berdampak pada pertahanan dan keamanan Negara.

ads

Terorisme berasal dari bahasa latin terrere, yaitu “menggetarkan”. Pengertian terorisme digunakan untuk menggambarkan sebuah serangan yang disengaja terhadap ketertiban dan keamanan umum. Terorisme dapat juga diartikan menakut-nakuti atau menyebabkan ketakutan, sedangkan teroris berarti orang atau pihak yang selalu menimbulkan ketakutan pada pihak lain sebagaimana  apa itu politik terbuka. Menurut Black’s Law Dictionary terorisme adalah kegiatan yang melibatkan unsur kekerasan atau yang menimbulkan efek bahaya bagi kehidupan manusia yang melanggar hukum pidana.

Terorisme adalah bentuk kejahatan kemanusiaan, sehingga sangat dikutuk dan menuai banyak pro dan kontra sebagaimana  cara memberi hukuman kepada anak. Disamping hal tersebut tentunya tindakan terorisme juga dapat membawa akibat  terutama bagi integrasi nasional. Berikut merupakan 3 akibat terorisme bagi integrasi nasional .

  1. Mengancam Stabilitas Keamanan

Akibat yang pertama adalah hilangnya stabilitas keamanan. Sebab terorisme merupakan sebuah ancaman yang dapat mengancam keamanan kita. Dimana akibat terror yang ditimbulkan adalah hilangnya rasa amana yang ada di masyarakat. Tentunya hal ini akan menjadi berbahaya apalagi jika para aparat penegak hukum tidak segera menyelesaikan dengan tindakan yang tegas.

Terlebih lagi dari banyak kejadian terror yang terjadi korban yang jatuh berasal dari masyarakat sipil yang notabene adalah mereka yang tidak bersalah. Sehingga bisa dibilang bahwa tindakan terorisme mencedari sistem keamanan dan kenyamanan terutama yang selama ini telah dengan begitu keras dijalankan.

  1. Menimbulkan Konflik Horizontal

Tindakan terorisme acapkali mengatasnamakan satu agama tertentu, padahal jika ditelaah lagi, tidak ada satupun agama yang membenarkan tindakan kekerasan. Terlebih lagi tindakan terorisme kerap memakan korban yang tidak bersalah dan korbannya juga tidak dalam jumlah yang sedikit. Isu agama selalu menjadi salah stu isu yang sangat sensituf dna kerap kali menjadi penyebab dari timbulnya konflik horizontal.

Jka sudah demikian maka, akibat yang tak dapat terhindarkan adalah rasa saling membenci antara umat beragama. Padahal agama yang ada di dunia ini terdiri dari bermacam macam agama. Seharusnya keberagaman ini menjadi nilai dari pada harus dijadikan sebagai nilai yang dapat menyatukan. Tindakan terorisme dapat menjadi bukti bahwa ada sekelompok orang yang mengatasnamakan agama demi kepentingan dan tujuan yang tidak manusiawi.

  1. Menimbulkan Perpecahan

Perpecahan menjadi satu diksi kata yang sangat menakutkan, sebab pecah berarti tidak bersatu tentu saja hal ini merupakan akibat yang paling ditakutkan dari tindakan terorime. Perpecahan yang diawali dari munculnya konflik horizontal berakibat pada hilangnya rasa percaya diri antara sesama manusia. Pemicu perpecahan dapat berasal dari rasa saling menyalahkan dan ketakutan di masyarakat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang terorisme menimbulkan rasa ketakutan dimasyarakat. Mereka merasa tidaka aman dan juga kehilangan kepercayaan. Sehingga terkadang menyalahkan pihak tertentu. Jika kemudian telah muncul bibit bibit ini maka tentu tujuan dari tindakan terorisme sudah berhasil, karena sebagian masyarakat trelah merasa takut, terancam dan juga kehilangan kepercayaan antara satu sama lain.

Padahal sejatinya tidaklah demikian, justru cara yang paling bijak untuk mengesampingkan aklibat tindakan teririsme adalah dengan berkata bahwa kita tidak takut. Sebaliknya aksi dan tindaka terorisme menjadi pemicu dari kembali diperolehnya rasa persatuan dna kesatuan serta juga meningkatnya rasa kemanusiaan antar sesame. Dengan semikian maka kita sebagai masyarakat sudah mampu bersikap dewasa dan bijak dan tidak terprofokasi dengan isu yang ada.

Terlebih lagi berkenaan dengan aksi terorisme yang merajalela menunjukkan bahwa mereka hanya ingin memberikan ancaman saja, jika kita terprovokasi dan terpancing untuk saling membenci hanya gara gara oknum yang mengatasnakanan agama namun pada faktanya hal tersebut bukan merupakan hal yang di ajurkan dan bahkan sngat dilarang.

Itulah tadi, 3 Akibat terorisme bagi integrasi nasional, semoga dapat bermanfaat.

, ,
Post Date: Friday 12th, April 2019 / 14:23 Oleh :
Kategori : Pro Kontra