Sponsors Link

Akibat Perang Teluk 2 Bagi Negara-negara Terkait

Sponsors Link

Setelah terjadinya Perang Teluk pertama, yang mana melibatkan beberapa kekuatan besar dan juga peran serta PBB beserta dukungan dari Amerika Serikat, ternyata peristiwa tersebut berlanjut sampai menjadi Perang Teluk ke dua. Pada peristiwa ini, terkandung beberapa latar belakang yang juga merupakn persamaan dari latar belakang Perang Teluk dan juga latar belakang Perang Teluk 1. Penyebab dari perang teluk dua ini, yang dapat anda lihat pada penyebab Perang Teluk 2 adalah tentunya pengaruh dari Irak yang makin tinggi, sehingga kekuasaan tersebut  dipergunakan untuk menguasai negara-negara terdekatnya, seperti Kuwait. Negara Kuwait yang tidak memiliki harta dan juga kekuatan yang sebanding dengan Irak dan terpaksa harus menerima kekalahannya, tanpa adanya perlawanan yang berarti. Penguasaan Irak atas Kuwait ini sangat dikecam oleh banyak negara, dan mengundang perhatian organisasi dunia, yang termasuk di dalamnya adalah Amerika Serikat. Dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan untuk mencegah berkembangnya pengaruh Irak sampai ke negara-negara lainnya, ternyata Irak masih menolak ajakan untuk berdamai tersebut.

ads

Terlepas dari adanya berbagai peperangan di Timur Tengah seperti yang bisa anda temukan dalam latar belakang Perang Afghanistan, latar belakang Perang Arab Israel, dan juga penyebab konflik Qatar dan Arab Saudi, pada peperangan teluk dua ini Irak sedang berada dalam puncaknya. Alhasil, PBB mengeluarkan sebuah peringatan, yang mana bila Irak tidak segera menarik pasukannya untuk mundur ke negaranya, maka pihak Irak akan menerima serangan dari gerakan koalisi Amerika Serikat. Seperti yang kita tahu, strategi yang dikeluarkan Amerika Serikat kala itu merupakan strategi perang gurun, atau desert storm, yang mana mengundang perhatian masyarakat dunia. Namun, apakah dengan adanya strategi tersebut akan ada akibat-akibat lain yang menimpa Irak dan negara lainnya? Simak informasi selengkapnya tentang akibat perang teluk 2 di bawah ini :

1. Dominannya Perang Amerika di area Timur Tengah

Dengan peluncuran operasi Desert Storm yang mengguncang dunia, Amerika sekali lagi mendapatkan popularitasnya. Hal tersebut juga akhirnya dimanfaatkan oleh berbagai industri di Amerika, terutama industri hiburan untuk menciptakan sesuatu dengan tema Desert Storm, seperti film atau video game. Tidak hanya bagi dunia luas asaja, namun Amerika juga memberingan pengaruhnya kepada area Timur Tengah. Pasukan Amerika yang memiliki anggota dari Militer Terkuat di Amerika Selatan, dan militer terkuat di Amerika Latin berupaya untuk menciptakan peraturan baru agar hal-hal serupa tidak aka nterjadi di masa yang akan datang, yang mana juga mereka belajar dari tindakan invasi Amerika Serikat ke Afghanistan dahulu. Namun hal tersebut telah terlebih dahulu diperbincangkan dalam rapat PBB yang mana turut serta mengambil aspirasi dari banyak kepala negara di dunia.

2. Dikuasainya base militer di Dahran

Operasi yang dikeluarkan oleh Amerika tadi berhasil mengeliminasi berbagai tantangan yang ada, sehingga para pasukannya dapt bergerak dengan sangat efektif. Akhirnya salah satu base militer terbesar di Dahran Arab, yang mana juga Arab sendiri memiliki sejarah dalam berbagai peperangan di wilayah Timur Tengah, seperti pada Penyebab Perang Yaman dan penyebab konflik Qatar.

Dengan dikuasainya base tersebut, maka kekuatan dari Irak perlahan-lahan menurun, dan juga mengakibatkan berkurangnya pengaruh dari pemimpin Irak pada saat itu. Selain itu, dieliminasinya bas di Arab ini juga memberikan keuntungan entah itu personal atau ekonomis yang mana ditujukan  kepada salah satu negara sahabat Amerika Serikat, yakni Israel.

3. Semakin harmonisnya hubungan antara Amerika Serikat dengan Israel

Akibat perang teluk 2 yang lain adalah hubungan keduanya yang semakin baik. Dengan semakin diuntungkannya pihak Israel, maka Amerika Serikat kembali mendapatkan rasa terima kasih dari negara tersebut, dan akhirnya berujung kepada hubungan yang harmonis antar keduanya pada berbagai sektor. Amerika pada akhirnya memberikan bantuan kepada Isreal untuk bisa mengatasi konflik-konflik yang ada di negaranya, dan begitu pula dengan Israel yang mana juga mendominasi kekuatan politik di Amerika Serikat dan organisasi-organisasi dunia.

Dan itulah keadaan dimana peperangan yang terjadi antara Israel  dengan Palestina ynag mendapatkan backing dari Amerika Serikat, sehingga Isreal nampak tidak pernah kesusahan dalam melawan pemberontak dan selalu mendapatkan supply barang yang cukup untuk bisa memenangkan perang. Dengan semakin harmonisnya hubungan antara keduanya, maka tidak heran banyak sekali orang yang memegang kursi pemerintahan memiliki agama Yahudi, yang mana merupakan agama nasional dari Israel.

Sponsors Link

4. Menyadarkan Dunia Mengenai Penyelesaian Pertikaian

Adanya peperangan yang berlarut-larut ini sehingga melahirkan periode kedua dari peperangan ini semakin menyadarkan dan menggerakkan hari masyarat dunia mengenai pentingnya perhatian dan penyelesaian terhadap konflik-konflik yang ada, terutama konflik dunia. Penting sekali untuk bisa melaukan tahap-tahap penyelesaian konflik, seperti pada penyelesaian konflik Yugoslavia dan akhir Perang Dingin, karena dengan begitu,efek buruk yang timbul dari perang tersebut tidak akan bertambah besar dan semakin rumit.

Oleh karena itu, pada era saat ini sangat mudah sekali langkah kita untuk turut serta membantu masyarat yang sedang kesusahan karena terdapat perang-perang yang mengerikan di negaranya. Bila kesempatan itu datang, maka kita sebagai masyarakat dunia seharusnya tidak egan untuk segera membantu teman kita yang sedang tertimpa masalah. Karena dengan begitu kita bisa mendapatkan suatu kepuasaan tersendiri untuk membantu, dan dalam waktu yang sama, konflik tad tidak akan menimbulkan korban yang jauh lebih banyak.

5. Irak terpaksa meninggalkan Kuwait

Irak yang sempat berperan penting dalam penyebab Perang Karbala harus terpaksa menaati perintah untuk meninggalkan daerah kekuasannya Kuwait, untuk menanggapi kekalah yang dialaminya setelah mendapatkan perlawanan dari Amerika Serikat. Imbas lain yang didapat ikeh Irak pasca perang teluk kedua ini adalah terombang-ambingnya sektor ekonomi dan juga negara Irak yang perlahan runtuh akibat ketidak seimbangan antara penghasilan dan pengeluaran negara yang dihamburkan untuk sektor militer saja.

Sponsors Link

6. Dihukumnya Saddam Husein

Salah satu orang yang memiliki peran penting dalam perang ini adalah Saddam Husein, yang bertindak sebagai pemimpin sekaligus diktator paling kejam di dunia pada era tersebut. Ambisinya untuk menguasai Arab terpaksa harus diurungkan karena ia mendatkan hukuman yang setimpal atas perbuatannya kepada negara Kuwait yang dikuasai begitu saja tanpa adanya belas kasihan, yaitu hukuman eksekusi dengan hukuman gantung. Beberapa waktu setelah perang tersebut berakhir, Saddam akhirnya diadili di pengadilan Arab yang mana mengikutsertakan beberapa negara di sekitar Arab dan juga Irak sendiri, termasuk sang pelaku ini. Pada akhirnya, hakim mengeluarkan keputusannya untuk menghukum mati Saddam Husein dengan cara digantung. Banyak sekali video yang menampilkan bagaimana prosesi peradilan Saddam sendiri, sampai dengan detik-detik dieksekusinya sang diktator. Namun banyak orang yang berspekulasi bahwa Irak saat ini dilanda kehancuran yang lebih besar, dan justru pada zaman Saddam , tidak pernah terjadi kehancuran separah ini. Mungkin pendapat itu benar, namun organisasi PBB memikirkan bagaimana efek kedepannya bagi negara-negara di sekitar Irak. Ditakutkan bahwa nantinya Irak akan menjadi penguasa dengan rezim Iron-fist nya, yang mana sangat merugikan masyarakat di negara sekitar Irak.

Keenam akibat perang teluk 2 ini menutup perjumpaan kita pada saat ini. Meskipun para pemimpin yang otoriter dan merupkana diktator tersebut sudah berhasil dilumpuhkan, namun banyak dari pasukan orang-orang tersebut yang masih hidup dan dikhawatirkan akan membentuk organisasi yang baru di masa yang akan datang.

Dengan sadarnya masyarakat dunia mengenai pentingnya mempercepat penyelesaian konflik, karena dengan begitu efek buruk yang akan ditimbulkan dari konflik tersebut tidak akan semakin memburuk dan merembet ke negara-negara lainnya.

, ,
Post Date: Tuesday 20th, March 2018 / 08:34 Oleh :
Kategori : Internasional