Sponsors Link

3 Akibat Perang Dunia 1 Dalam Berbagai Bidang

Sponsors Link

Perang dunia 1 atau sering disebut sebagai The Great of War menjadi salah satu perang yang memberikan dampak bagi perkembangan negara di seluruh dunia. Perang yang berlangsung selama kurun waktu 4 tahun ini membawa berbagai dampak yang sangat di rasakan terutama di wilayah eropa. Parang yang terjadi antara pihak sekutu (Allied Power) dan pihak sentral (Allied Central) seperti juga negara yang terlibat perang dunia 2 . Membuat beberapa sektor-sektor penting bobrok hingga termasuk kerugian yang harus di tanggung oleh mereka yang terlibat.

ads

Secara umum, baik yang terlibat atau tidak secara tidak langsung akan merasakan dampak dari perang dunia 1. Perang yang berlangsung selama bertahun tahun, tentu berdampak langsung pada berbagai sektor. Mulai dari politik, ekonomi hingga sosial budaya. Berikut akan dijelaskan singkat mengenai dampak atau akibat perang dunia 1 seperti juga sebab khusus perang dunia 2 . Agar lebih memahaminya secara detail maka simak 3 dampak perang dunia 1 dalam berbagai bidang. Selengkapnya.

1. Dalam Bidang Politik

Bidang politik menjadi sektor yang paling terpengaruh akibat perang dunia 1 yang juga merupakan bentuk pelaksanaan perang dingin . Gejolak politik yang terjadi di berbagai belahan dunia antara lain sebagai berikut :

  • Lahirnya Liga Bangsa Bangsa

Liga Bangsa Bangsa (LBB) atau yang saat ini lebih dikenal sebagai PBB (Persatuan Bangsa Bangsa). Merupakan sebuah organisasi yang diprakarsai oleh presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson. LBB beridiri setelah konferensi Perdamaian di paris pada tahun 1919. Tepatnya pada tahun 1920 pada 10 Januari. Adapun fungsi organisasi perdamaian ini antara lain sebagai berikut :

  1. Mewujudkan perdamaian dunia.
  2. Melakukan pelucutan senjata.
  3. Mencegah terjadinya perang melalui kemanan kolektif.
  4. Menyelesaikan konflik antar negara yang bersitegamg melalui jalan negosisasi dan diplomasi.
  5. Serta memperbaiki kesejahteraan global.

Dalam menjalankan perang dan fungsinya LBB tidak memiliki tentara. Namun, jika dalam kondisi tententu memaksa harus menggunakan kekuatan tentara. Maka beberapa negara anggota akan mengirimkan kekuatan militer mereka. Namun, hal ini hanya berlaku dalam mewujudkan apa yang menjadi perang dan fungsi serta tugas LBB sendiri. Seluruh kegiatan LBB dikonsentrasikan untuk dapat menjaga perdamaian di dunia dan juga menegah kembali terjadinya perang.

Meskipun diprakarsai oleh presiden AS, namun pada kenyataannya Amerika sendiri tidak pernah tergabung sebagai anggota. Pada awal berdirinya LBB memiliki anggota sebanyak 42 negara. Namun hanya menyisakan 21 negara sampai dengan dibubarkan pada tahun 1945. Ditengah peran dan fungsinya tersebut pada faktanya LBB tidak dapat mencegah terjadinya perang dunia 2 pada era tahun 1930-an. Sehingga kemudian pada tahun 1945 LBB dibubarkan dan menjadi Perserikatan bangsa-bangsa yang masih memiliki fungsi dan peran yang sama. Simak juga dampak positif perang dunia 2 .

  • Keruntuhan 4 Kekaisaran Besar Di eropa

Eropa menjadi basis kekuasaan monarki terbesar di dunia. Sebelum perang dunia 2 terjadi beberapa kerajaan besar berpusat di eropa dan memiliki pengaruh yang besar baik di eropa ataupun di luar eropa. Beberapa kerajaan besar tersebut antara lain kekaisaran Ottoman, kekaisaran Jerman, Kekaisaran Rusia dan Kekaisaran Turki. Dalam perang dunia 1 yang terjadi juga melibatkan 4 kekuatan besar kekaisaran tersebut. Namun, akibat perang yang akhirnya dimenangkan oleh pihak sekutu kemudian membuat keempat kekaisaran besar tersebut runtuhm sehingga juga membuat kekuasaan monarki hancur. Untuk dapat bertahan maka kerajaan tersebut mengubah bentuk kekuasan mereka menjadi siatem Republik. Otomatis hal ini membuat sistem monarki benar-benar dihapuskan.

  • Lahirnya Negara-negara Baru

Gejolak politik yang memanas membuat beberapa negara memisahkan diri atau memutuakan untuk memerdekakan diri. Sebagaimana beberapa negara berikut ini seperti Polandia, Hongaria, Finlandia, Cekoslavia, Yugoslavia dan Rumania. Gejolak akibat perang dunia 1 membuat negara-negara tadi dapat terbebas dari jajahan dan memerdekakan dirinya. Tentu hal ini menjadi salah satu akibat perang dunia 1 yang cukup positif.

Sponsors Link

2. Dalam Bidang Ekonomi

Bidang perekonomian tentu tidak luput dari akibat yang di timbulkan perang dunia 1 sebagaimana latar belakang perang bosnia di hezergovina . Sebagaimana kita tahu bahwa, setiap anggota yang terlibat perang mengerahkan seluruh kekuatannya. Beberapa akibat perang dunia 1 di bidang ekonomi antara lain.

  • Hancurnya Sarana Fisik dan Non Fisik

Kehancuran sarana baik fisik ataupun non fisik sudah dapat di prediksi. Upaya saling serang untuk saling melumpuhkan tentu dapat berakibat pada hancur dan rusaknya bangunan operasional sebagaiman juga invasi amerika serikat ke afghanistan . Terlebih lagi penggunaan senjata yang cenderung dapat menimbilkan kerusakan dalam skala besar. Rusaknya fasilitas baik fisik maupun non-fisik tentu membutuhkan sejumlah biaya untuk perbaikan atau pembangunan ulang kembali. Tentunya hal tersebut akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  • Hancurnya Pusat-Pusat Industri Di Eropa

Benua Eropa merupakan salah satu pusat industri terbesar di dunia. Mulai dari industtri otomotif, industri farmasi, senjata, makanan, pakaian, dan banyak lagi yang lainnya. Akibat perang dunia 1 tentu juga berpengaruh pada kelangsungan induatri tersebut. Kondisi perang yang terjadi menyebabkan industri yersebut tidak dapat beroperasi sehingga tentu akibatnya beberapa industri terpaksa gulung tikar dan mengalami kehancuran. Tentunya membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun lamanya untuk mengembalikan geliat industri sebelum masa perang dunia 1.

  • Rusaknya Daerah Pusat Pertanian

Selain industri, kawasan pertanian dan peternakan juga tidak luput dari akibat yang ditimbulkan oleh perang dunia 1. Perang telah menghancurkam sebagian bahkan seluruh pusat pertanian di negara-negara yang terlibat. Kondisi ini tentu membutuhkan waktu yang relatif lama untuk dapat mengembalikan fungsi lahan pertanian dan peternakan seperti semua. Selain waktu, biaya untuk perbaikan juga relatif tidak sedikit jumlahnya.

  • Terjadinya Krisis Malaise pada 1928

Krisis malaise merupakan sebuah pergolakan ekonomi yang dramaris dimana hampir semua negara mengalami kondisi krisis ekonomi.  Tepatnya pada tahun 1929 pasca perang dunia 1, terjadi penurunan tingkat ekonomi secra drastis diseluruh dunia. Depresi dimulai dengan jatuhnya saham di New York pada 24 Oktober sampai dengan yang terparah pada 29 Oktober 1929. Volume perdagangan internasional menurun, hingga pengaruh terhadap pendapatan perseorangan dan pajak, harga serta keuntungan. Kondisi ini membuat kehancuran ekonomi baik di negara industri ataupun negara berkembang.

Sponsors Link

3. Dalam Bidang Sosial Budaya

Dalam bidang sosial budaya terdapat akibat perang dunia 1 seperti juga dampak perang vietnam bagi vietman antara lain sebagai berikut :

  • Menelan Banyak Korban Jiwa

Korban jiwa sudah pasti berjatuhan akibat timbulnya perang. Korban tewas, luka-luka, cacat tidak dapat di prediksi jumlahnya. Sebagai sebuah tragedi kemanusiaan perang dunia 1 sendiri hampir merenggut 9 juta nyawa manusia. Belum termasuk korban yang hilang dan belum di ketemukan. Bagi mereka yang selamatpun akan mengalami trauma yang berkepanjangan.

  • Kehilangan Banyak Pemuda yang Dialami oleh Negara-negara Eropa

Sebagai pusat terjadinya konflik, negara eropa mengerahkan seluruh pasukannta termasuk juga melibatkan rakyat sipil. Mereka yang berjenis kelamin laki-laki dan telah dewasa di wajibkan untuk ikut dalan perang. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan eropa kehilangan banyak kaum pemuda di medan perang. Sehingga pasca perang berakhir, tidak akan banyak pemuda yang bisa kita temukan. Simak juga dampak negatif perang dingin .

  • Meningkatnya Peranan Perempuan 

Tidak lagi bisa ditemukan banyak pemuda diwilayah eropa. Membuat peran perempuan mengalami peningkatan. Pada akhirnya banyak tugas pria yang kemudian di ambil alih oleh kaum wanita. Tidak heran memang, karena setelah perang dunia 1 berakhir banyak pemuda yang tewas karena ikut dalam perang. Sehingga bisa dikatakan eropa mengalami krisis keberadaan pemuda.

Itulah, tadi 3 akibat perang dunia 1 dalam berbagai bidang. Tentunya akan semakin menambah pengetahuan anda mengenai dampak sesungguhnya dari perang yang terjadi. Baik pihak yang kalah ataupun menang sama-sama tidak akan di untungkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Monday 26th, February 2018 / 04:33 Oleh :
Kategori : Internasional