10 Akibat Kriminalitas yang Marak Terjadi Di Masyarakat

Kriminalitas merupakan bentuk tindakan yang menyimpang dari norma-norma umum, hingga kemudian memunculkan tindakan untuk berbuat semau sendiri demi kepentingan pribadi sehingga merugikan pihak lain sebagaimana contoh pelanggaran hak cipta. Kriminalitas juga merupakan tindakan yang masuk dalam kategori tindakan melanggar hukum. Kondisi ini dipengaruhi oleh masalah sosial yang terjadi dimasyarakat. Masalah seperti urbanisasi, perkembangan teknologi serta arus pemikiran masyarakat yang modern juga dapat menjadi pemicunya.

Selain itu, budaya dari luar juga memberikan pengaruh terhadap perubahan prilaku seseorang. Terdapat sebuah kondisi dimana seseorang dapat berbuat kejahatan entah yang menyakiti, membunuh atau bahkan merugikan pihak lain seperti dalam akibat spionase dala integrasi nasional . Pelakunya tidak terbatas kepada orang dewasa saja, bahkan akhir-akhir ini banyak kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak. Tidak lain disebabkan oleh adanya pengaruh dari tontonan yang menunjukkan aksi kekerasan.

Tindakan kriminalitas, dapat dilakukan oleh semua orang yang memiliki potensi untuk melakukan hal tersebut seperti juga akibat agresi militer dalam integrasi nasional . Bisa berupa tindakan yang terencana ataupun spontan. Tentunya sebagai negara hukum terdapat konsekuensi atas tindakan ini. Namun, selain itu tentu saja maraknya tindak kriminalitas memberikan dampak negatif yang dirasakan secara nyata oleh masyarakat. Untuk membahasnya lebih dalam, berikut akan dijelaskan mengenai 10 akibat kriminalitas yang marak terjadi dimasyarakat. Simak selengkapnya.

1. Ketidakstabilan Dalam Masyarakat

Masyarakat merupakan tempat berkumpulnya berbagai individu dengan berbagai karakter yang menjalin sosialisasi antara satu sama lain. Tindak kriminalitas yang terjadi dapat menimbulkan kondisi ketidakstabilan di masyarakat sebagai contoh kejahatan kerah putih . Terutama dalam aspek keamanan dan kenyamanan. Pastinya setiap individu akan merasa waspada dan berhati-hati apalagi jika ia berada di zona wilayah kriminalitas tersebut terjadi. Belum lagi dampak psikologi yang bisa disebabkan oleh rasa tidak nyaman dan aman ini. Tentunya akan membuat setiap orang memproteksi diri secara berlebihan dan bahkan mengurangi sosialisasi di masyarakat.

2. Menimbulkan Sikap Was-Was

Selain hal diatas, akibat lain yang hisa di timbulkan adalah adanya sikap was-was yang berlebihan. Sikap inilah yang bisa membuat masyarakat menjadi menutup diri. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi di masyarakat. Selain itu, dampaknya akan membuat wilayah atau daerah tersebut menjadi sulit maju dan berkembang. Sebab, akan banyak orang yang merasa was-was bahkan hanya itu sekedar berinvestasi. Alhasil pada akhirnya daerah tersebut akan bisa menjadi wilayah yang tertinggal. [AdSense-B]

3. Keamanan Terganggu

Akibat kriminalitas yang paling bisa dirasakan adalah keamanan yang terganggu. Setiap orang akan merasa tidak aman berada diwilayah tersebut. Sehingga banyak yang memutuskan untuk pindah atau meninggalkam wilayah tersebut. Selain itu, kriminalotas dapat terjadi dalam wilayah yang lebih luas. Atau bisa disebut sebagai penyakit menular sehingga tentunya akibatnya sangat berpengaruh pada keamanan sebuah wilayah.

4. Banyak Terjadi Bentrokan

Kriminalitas yang terjadi juga bisa didadalngi oleh dua pihak yang bertikai. Selain gesekan tentunya dapat bermuara kepada tindakan yang lebih ekstrim seperti akasi bentrok. Sebab, kedua kelompok yang memiliki basis sebagai kriminal tidak lagi memperhitungkan perkara hukum. Mereka lebih sukan menyelesaikan masalah melalui jalur kekerasan . Dalam kondisi yang demikian, tidak hanya mengancam keselamatan orang lain, namun juga bisa menimbulkam korban yang tak bersalah dalam pasal perjudian online .

5. Ketidaktakutan Terhadap Hukum

Tingkat kriminalitas yang semakin tinggi menunjukkan bahwa adanya ketidak takutan lagi terhadap hukum yang berlaku sebagai contoh kejahatan korporasi . Akibatnya mereka akan merasa terbiasa saat melakukan pelanggaran hukum. Apalagi jika aparat hukum tidak berlaku tegas. Maka para kriminal akan bisa seenakanya saja melakuka  tindak kriminalitas. Alhasil maka akan banyak yang ikut-ikutan sengan aksi ini. Dampaknya tentu bisa sangat berbahaya dan bisa mengancam keutuhan dalam bernegara.

6. Menimbulkan Perpecahan

Akibat kriminalitas ekstrim juga dapat menimbulkan perpecahan. Sebab akan terjadi rasa saling tidak percaya, ketakutan,kecurigaan dan hal lainnya. Dalam kondisi ini, tentu akan bisa menimbulkan perpecahan di masyarakat. Hal ini akan berdampak pada persatuan dan kesatuan. Selain ini kondiai ini juga dapat menciptakan masalah yang lebih kompleks dan luas. [AdSense-C]

7. Hilangnya Rasa Saling Percaya

Sebagaimana dijelaskan pada poin sebelumnya, kriminalitas dapat menyebabkan rasa saling todak percaya. Hal ini didasari oleh rasa takut, bercampur was-was, siaga serta juga upaya proteksi. Sebab, jika tidak demikian maka bisa saja diri kitalah yang akan menjadi korban tindakan  kriminalitas tersebut. Rasa saling tidak percaya ini akan menimbulkan konflik yang lebih luas di masyarakat jika tidak segera di tanggulangi seperti dalam pasal perjudian togel .

8. Merugikan Negara 

Tindak kriminalitas seperti Korupsi, kolusi dan nepotisme tentu akan berakibat pada kerugian negara. Tindakan kejahatan ini merupakan salah satu tindak kriminal yang marak terjadi di negeri ini. Apalagi hukuman yang menjerat para koruptor masih dirasa kurang tegas dan berat jika dibandingkan dengan apa yang mereka perbuat seperti hukuman koruptor di cina . Alhasil tindakan kriminal yang satu ini semakin merebak seperti jamur yang tumbuh usai di musim penghujan.

9. Merugikan Masyarakat

Tindakan kriminal pastinya akan selalu memberikan dampak kerugian terutama bagi masyarakat. Mereka yang menjadi korban akan dirugikan baik secara materian maupun non material. Terlebih lagi ketugian lain yang bisa terjadi sampai pada hilangnya nyawa seseorang sebagai pelanggaran jenis-jenis hak asasi manusia . Tentunya hal inilah yang kemudian menjadikan tindakan kriminalitas harus diperangi dengan kejelasan hukum dan juga hukuman yang akan membuat pelakunya menjadi jera.

10. Kerugian Dialami Pihak Lain Baik Secara Materiil maupun Non Materiil

Tindakan kriminal seperti penipuan akan berakit pada kerugian yang dialami oleh pihak lain. Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang sifatnya memberikan kerugian baik secara material ataupun non material. Terlebih lagi saat ini marak aksi penipuan dengan berbagai modus baik melalui telepon, sms, dan melalui media sosial. Para korbannya bahkan terkadang tidak menyadari bahwa mereka sedang ditipu inilah mengapa diperlukan cara melaporkan penipuan lewat sms . Penipuan merupakan kejahatan yang paling dikutuk sebab, hal ini  menimbulkan kerugian yang tidak sedikit yang akan dialamioleh korbannya.

Sekali lagi, bahkan akibat tindakan kriminalitas akan bisa berlanjut pada fase yang lebih luas dan tinggi. Jika tidak diimbangi dengan penegakan hukum yang tegas dan berkeadilan maka kriminalitas akan bisa berkembang menjadi sebuah budaya. Oleh sebab itu sangat penting menanamkam kesadarn bahwa penanggulangan dan penyelesaian  tindakan ini membutuhkan kerjasama berbagai pihak.

10 akibat kriminalitas yang marak terjadi dimasyarakat. Tentunya menjadi sebuah alarm dan dampak negatif dari tindakan kriminal di masyarakat. Semoga dengan artikel ini kita dapat lebih hati-hati dan peduli terhadap berbagai kondisi yang ada di masyarakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.