Sponsors Link

Kronologi Kejadian yang Menandai Akhir Perang Vietnam

Sponsors Link

Kembali lagi membahas mengenai perang Vietnam yang terjadi pada tahun 1955 sampai dengan berahirnya perang tersebut padtahun 1975. Dalam kurun waktu tersebut, banyak sekali peristiwa yang bisa dijadikan contoh sebagai gambaran bagaimana peperangan keji itu berlangsung. Banyak sekali warga sipil yang juga ikut menjadi korban dari adanya perang tersebut. Perang yang sebenarnya hanya berlangsung antar saudara saja, mendadak berkembang menjadi lebih parah karena danya bala bantuan dari negara-negra adikuasa. Hal tersebut justru makin memperparah keadaan, karena mengingat negara-negara tersebut datang dengan membawa ideologinya amsing-masing yang saling kontras.

ads

Akhirnya, perang tersebut bukannya bisa cepat selasai, malah berlanjut lagi hingga berpuluh tahun lamanya, yang anda bisa lihat pada kronologi Perang Vietnam. Banyak juga kekejaman Perang Vietnam  yang dilakukan tidak hanya oleh paskan Viet Cong saja, namun juga sebagian dari pasukan Amerika Serikat. Kedua kubu saling mengeluarkan kekanibalannya masing-masing. Dan itu merupakan sejumput kecil dari berbagai fakta Perang Vietnam yang tak diketahui publik.

Seperti yang bisa dilhat, bahwa peperangan yang berlangsung sagat lama i membawa dampak yang amat buruk bagi kedua pihak. Disamping rasa traumatik yang mendalam, mereka juga menderita fisikal dan cacat seumur hidup. Total korban yang terlahir dari koflk tersebut mencapai jutaan oranh, belum lagi jumlah warga sipil yang jauh lebih banyak dari mlah tersebut.

Meskipun membawa dampak Perang Vietnam bagi Vietnam, ada juga dampak positif Perang Vietnam yang juga timbl pada saat perang ini berakhir, yang mana merupakan satu-satunya hal yang patut disyukuri dari adanya penyebab perang Vietnam dan Amerika ini. Namun bagaimanakah krobologi kejadian dariberakhirnya Perang Vietnam ini? Sebelum membahas akhirnya, lebih baik kita membahasbagaimana awal mula perang ini berlangsung terlebih dahulu sebelum memproses menuju akhir perang vietnam.

1. Berawal dari Perang Saudara

Pada awalnya pihak-pihak yang berselisih hanyalah kubu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan saja. Hal serupa juga bisa kita temukan dalam konflik seperti Konflik Korea Utara dan Korea Selatan dan juga bisa dijadikan alasan mengapa penyebab negara Korea terpecah menjadi dua negara . Namun bila melihat pada sejarah-sejarah sebelumnya, semua bermula ketika Perancis, yang mana berperan sebagai penjajah negara Vietnam membagi Vietnam atas dua wilayah, yang mana sebelah utara nya dihuni oleh masyarakat komunis. Hal itu merupakan langkah hasil dari persetujuan perjanjian sebelumnya untuk mencegah perluasan komunisme.

Berselang beberapa waktu kemudian, akhirnya timbul rasa saling curgia dan tidak aman dari Vietnam selatan akah kehadiran komunisme di Vietnam Utara. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan mengingat masyarakat pejuang Vietnam Utara perlahan-lahan masuk ke dalam teritori Vietnam Selatan. Keadaan yang mengkhawatirkan tersebut akhirnya membuat Amerika Serikat datang menuju negara tersebut.

2. Datangnya Bantuan Amerika Serikat dan Rusia

Dengan dibekali oleh angkatan bersenjata terbaik di dunia dan juga personel militer terbaik di dunia yang dimilikinya, Amerika Serkita mengerahkan 500.000 pasukannya untuk tiba di sana. Karena peperangan ini memiliki sebuah topik utama yang juga merupakan musuh utama Amerika Serikta sejak dahulu, yakno komunisme, maka tidak butuh waktu lama untuk Amerika Serikat mengerahkan pasukannya ke sana.

Kedatangan Amerika Serikat ke negara tersebut justru mengundang kecurigaan dari Vietnam Utara. Bukannya malah berdamai, namun kedatangan AS justru dianggap mempersulit kehidupan masyarakat Vietnam Utara. Dengan dibekali persamaan ideologi, maka Vietnam Utara meminta Uni Soviet untuk memberi bantuan kepada mereka. Dengan “ditemukannya” AS dan US dalam satu arena ini, maka kita bisa menyimpulkan bahwa ini merupakan bagian dari perang dingin antara dua kubu tersebut.

Sponsors Link

3. Pasukan Vitenam Selatan yang Digempur Habis-habisan

Setelah peperangan resmi diumumkan, maka degan waktu sekejap, jumlah pasukan Vietnam Selatan yang beranggotakan 1,5 juta jiwa tadi segera melakukan penyerbuan ke wilayah Vietnam Utara. Jumlah tersebut juga merupakan gabungan dari militer terkuat di Amerika Latin dan juga Militer Terkuat di Amerika Selatan. Dengan jumlah yang banyak, tentunya mereka sangat berharap bahwa peperangan ini bisa dimenangkan dengan mudah. Namun sayang, jumlah ternyata bukan faktor yang utama di sini.

Pasukan Vietnam Utara yang notabene hanya mempunyai sekitar 500 ribu orang saja berhasil memanfaatkan medan tempur seperti hutan dan daerah pegunungan yang sama sekali tidak tertebak dan belum dikuasai oleh tentara AS sendiri. Akhirnya, mereka berhasil dikepung dan akhirnya dihabisi dalam medan-medan tersebut. 80% dari pasukan Amerika Serikat tadi meninggal dunia, dan hanya segelintir saja dari pihak Vietnam Utara. Dan itu merupakan tanda awal dari akhir perang vietnam.

4. Kekalahan Selama 5 Tahun Berturut-turut Vietnam Selatan

Peperangan antara Amerika Serikat dan Vietnam Utara tadi berlangsung tidak hanya sebentar saja. Namun perang tadi terus berkelanjutan hingga lima tahun lamanya. Oleh karena itu, dengan gabungan dari jangka waktu peperangan ini, maka bisa dinyatakan bahwa Perang Vietnam atau Indochine kedua ini adalah perang terlama yang ada di Asia Tenggara. Total ada 20 tahun lamanya peperangan ini berlangsung.

Pada waktu lima tahun tadi, Amerika terus dan terus digempur dengan kekuatan yang diluar ekspektasi mereka, apalagi musuh mereka mendapat dukungan dari Uni Soviet yang mana juga merupakan sebuah negara adidaya yang memiliki persejenjataan yang sangat memadai dan ekonomi yang juga stabil. Akhirnya, mereka mulai menyadari sesuatu setelah mengalami kekalahan sepanjang waktu. Dalam jangka waktu tersebut akhirnya Amerika Serikat menyadari bahwa kekuatan dan kemampuan mereka tidak sebanding dengan Vietnam Utara. Dan dengan perundingan yang cukup lama, akhirnya Amerika Serikat memutuskan untuk pergi dari wilayah Vietnam.

5. Ditandatanganinya Perjanjian Damai pada 1973

Akhirnya, untuk secara legal menyatakan bahwa perang usai, Amerika Serikat dan Vietnam Utara menandatangani perjanjian damai yang mensyaratkan bahwa Amerika bisa pergi dari wilayah Viettnam. Tak lama kemudian Amerika memenuhi janji tersebut, dan hasilnya Vietnam Utara bisa dengan bebas dan tanpa tekanan menyebarkan komunisme di wilayah tersebut, hingga semakin meluas ke wilayah Vietnam Selatan.

Sponsors Link

6. Bentrokan Kecil Terjadi Sampai Dengan Tahun 1975

Terlepas dari peristiwa tersebut adalah salah satu latar belakang Perang Asia Pasifik, kejadian tadi membuat masyarakat Asia Tenggara tergerak untuk membuat organiasi perdamaian sendiri yang bertujuan untuk kemakmuran negara-negara di Asia Tenggara. Meskipun begitu, konflik dalam masyarakat sendiri mengenai komunisme masih belum benar-benar berakhir. Konflik-konflik kecil tersebut terus berlanjut sampai dengan dua tahun lamanya. Dan pada sekitar tahun 1975, konflik mengenai Vietnam Utara dan Vietnam Selatan bisa benar-benar berhenti.

Itulah tadi bagaiamana urutan kejadian sampai dengan berakhirnya Pang Vietnam atau Perang Indocina kedua ini yang terkandung dalam akhir perang vietnam ini. Banyak hal yanbisa kita mbil dari peperangan ini. Selain rasa menghargai dan toleransi yang harus selalu kita junjung tinggi, kita bisa melihat bahwa penggunaan dampak teknologi persenjataan dapat digunakan dengan baik, namun apabila dengan tujuan yang baik.

Pengguaan teknologi tadi kepada warga sipil yang notabene merupakan pihak yang neutral merupakan salah satu hal keji yang hanya bisa dilakukan oleh manusia. Dan juga, aktivitas-aktivitas seperti itu juga bukan merupakan pengendalian konflik sosial yang efektif. Buktinya, perang justru semakin larut dan akhirnya berkembang hingga beberapa tahun lamanya.

, ,
Post Date: Tuesday 13th, March 2018 / 02:21 Oleh :
Kategori : Internasional