Sponsors Link

4 Alasan Mengapa HAM Perlu Dilindungi Oleh Peraturan Hukum di Indonesia

Sponsors Link

Mengapa HAM perlu dilindungi oleh peraturan hukum ? sebelum mengulas pertanyaan yang tidak sedikit menjadi bahan pembicaraan tersebut, ada baiknya mengulas tentang HAM terlebih dahulu. Pada dasarnya setiap manusia memiliki hak-hak mendasar yang melekat didalam dirinya mulai dari lahir dan tidak bisa direnggut serta dicabut keberadaanya.

ads

Hak Asasi Manusia atau akrab didengar dengan sebutan HAM menurut UU Nomer 39 Tahun 1999 merupakan hak dasar yang secara kodrati melekat pada diri manusia berasal dari anugerah Tuhan Yang Maha Esa, bersifat universal dan langgeng.

Sesuai dengan amanah UU tersebut, HAM wajib hukumnya untuk dijunjung tinggi, dihormati,  dilindungi, dipertahankan dan tidak boleh diabaikan, dikurangi, atau dirampas oleh siapapun, maka sebab itu perlu peraturan hukum agar setiap pelanggar serta contoh pelanggaran HAM dimasyarakat dapat di hukum secara adil dan benar sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku.

HAM memang penting untuk ditegaskan, mengingat hal tersebut menyangkut hak-hak dasar setiap manusia. Pelanggaran terhadap HAM berarti sama dengan mencederai kemanusiaan. Tak heran, bila negara-negara di dunia berkomitmen dalam menjaga HAM supaya pelanggaran terhadapnya dapat dihindari. Untuk itu peraturan perundang-undangan pun sudah banyak disusun supaya HAM menjadi terjamin penegakannya, serta apa yang dimaksud pelanggaran HAM dan siapapun yang melanggar akan dihukum berat sesuai ketentuan.

Selain itu, terdapat segudang alasan perlunya HAM dilindungi oleh peraturan hukum. Kepentingan tersebut ditelurkan dari perjalanan panjang tentang nilai-nilai kemanusiaan universal yang sangat didambakan kehadirnya. Impian tersebut pun pada akhirnya berhasil terwujud dalam konsep Hak Asasi Manusia, konsep itu merupakan gagasan pokok tentang penghormatan terhadapa manusia secara individu.

Mengapa Ham Perlu Dilindungi Oleh Peraturan Hukum

Penegakan HAM memiliki makna penghukuman kepada para pelaku pelanggaran HAM sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Di Indonesia sendiri peraturan tentang HAM sudah jelas, dengan adanya UU Nomer 39 Tahun 1999. Indonesia juga turut berkomitmen untuk ambil bagian menjadi garda terdepan dalam menjamin terlaksananya penegakan HAM.

Komitmen tersebut ditunjukkan dengan adanya lembaga Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau yang akrab disebut KOMNAS HAM. Tentang peraturan hukum HAM, Indonesia berpegang teguh kepada hukum tertinggi, kesamaan martabat, dan adanya jaminan terhadap hak asasi manusia melalui cara-cara demokratis dan konstitusional.

Adanya perlindungan HAM oleh peraturan hukum akan mempermudah penegakan HAM dalam suatu Negara. Dan berikut merupakan 4 alasan mengapa HAM perilu dilindungi oleh peraturan hukum di Indonesia :

  1. Amanah UUD 1945

Mengapa HAM perlu dilindungi oleh peraturan hukum, salah satu alasanya yaitu sebagai jaminan serta pengakuan terhadak Hak Asasi Manusia sesuai pembukaan UUD 1945 pada alenia 1 sampai 4, yang bunyinya :

  • Alenia pertama : “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa..” kalimat tersebut mengambarkan bahwa setiap bangsa pada dasarnya memiliki kesamaan hak atas kebebasan untuk hidup.
  • Alenia kedua : “…mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adail dan makmur”. Sesuai buyi alenia kedua tersebut maka terdapat jaminan dalam hak di bidang ekonomi, keadilan, dan politik.
  • Alenia ketiga : ”Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa…supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas…”. Penyataan diatas memilik makna pengakuan terhadap hak untuk memiliki hidup merdeka merupakan pemberiaan Yang Maha Kuasa. Maka sebab itu, tak ada siapapun yang mengingkarinya.
  • Alenia keempat : “melindungi segenap bangsa Indonesia dan selutuh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan khidupan bangsa, dan Negara serta melaksanakan kesejahteraan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial…”. Penyataan tersebut mempunyai arti jika setiap warga Negara berhak atas jaminan hidup sejahtera, aman, pendidikan, kemerdekaan, kehidupan damai serta perlakuan adil.
    Sponsors Link

  1. Sejalan dengan Pancasila

Pancasila merupakan dasar bernegara Indonesia dan meyakini bahwa manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki dua aspek, yang pertama adalah aspek individu alias pribadi dan kedua ialah aspek sosial atau bermasyarakat. Maka, setiap manusia di Indonesia memiliki kewajiban dalam menghormati serta mengakui HAM orang lain.

  1. Indonesia merupakan Negara Hukum

Indonesia merupakan Negara hukum, maka itu dituntut untuk konsisten dalam menjalankan hukum perundang-undangan yang sudah diputuskan. Tak terkecuali, penegakan hukum HAM yang diatur UU No. 39 Tahun 1999. Keseriusan Indonesia dalam menanggani pelanggaran HAM terwujud dengan adanya pengadilan yang berdasarkan ketentuan dalam UU No. 26 tahun 2000. Pembentukan pengadilan HAM ini bukan semata-mata untuk kebutuhan nasional saja, dan mengatur hukuman bagi pelanggar HAM ringan, akan tetapi juga untuk memenuhi masyarakat internasional.

  1. Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Indonesia dikenal sebagai Negara dengan perbedaan daerah, suku, agama dan kepentingan yang beragam, maka tak heran bila mana rawan timbulnya konflik. Maka itu, mengapa HAM perlu dilindungi oleh hukum agar tegaknya HAM untuk memberikan jaminan masyarakar Indonesia yang beraneka ragam.

, , , ,
Post Date: Saturday 13th, July 2019 / 05:06 Oleh :
Kategori : HAM